logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi versi online memang mudah, dan tersedia beberapa vendor yang siap digunakan, tetap aspek kredibilitas, validitas, realibilitas hasil tes merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi psikotes online.

Kehadiran tes psikologi online saat merupakan sebuah keharusan, dimana perkembangan zaman sudah berubah, dari psikotes dengan paper base menjadi Tes Psikologi secara online. Pada dasarnya, tidak ada perubahan tujuan pemberian tes, hanya berubah bentuknya dari offline (paper base) ke versi online tes.

Saat ini sudah beragam provider yang menawarkan aplikasi tes psikologi online. Mulai dari yang aplikasi “coba-coba, setengah serius, hingga yang betul-betul serius”. Berikut panduan memilih Aplikasi Tes Psikologi Online yang terpercaya.

SYARAT APLIKASI TES PSIKOLOGI ONLINE YANG TERPERCAYA

Berikut syarat-syarat tes psikologi online agar dapat dipercaya, dapat dapat digunakan sebagai sebuah aplikasi psikotes online:

Konstruksi Tes Disesuaikan dengan Versi Paper base (Offline)

Konstruks tes online seyogyanya disesuaikan dengan versi paper base (offline). Perubahan konstruksi sudah dipertimbangkan secara matang, tidak mempengaruhi hasil tes. Konstruksi tes khususnya akan berpengaruh pada tes-tes yang bersifat ability test (performance test). Untuk tes-tes yang bersifat inventory, sepertinya tidak terlalu berpengaruh.

Tes Psikologi Online telah di audit oleh Psikolog Berpengalaman

Audit adalah hal yang sangat penting dalam sebuah aplikasi. Audit disini dapat disamakan dengan Quality Control dari sebuah produk. Karena aplikasi psikotes online adalah sebuah produk psikologi, sehingga harus lulus audit/pemeriksaan dari ahlinya, yaitu psikolog. Aplikasi psikotes yang belum diaudit oleh psikolog, sangat patut untuk dipertanyakan. Karena kekeliruan dalam proses produksi (human error) kemungkinan sangat besar. Apalagi berhubungan dengan rumus-rumus yang harus disesuaikan dengan skala/norma alat tes baku.

Hasil Tes sudah dibuatkan Norma Khusus Online Tes

Norma alat tes kemungkinan besar akan berbeda antara paper base dan online base. Hal ini akan berpengaruh jelas pada tes-tes yang bersifat performance test (tes kemampuan) seperti tes Kraepelin, tes IQ (CFIT, IST, WPT, TIU, TIKI) dan tes performance lainnya. Norma tes psikologi online seharusnya sudah dibuat, sebagai bahan acuan dan pertanggungjawab validitas dan reliabilitas alat tes yang digunakan.

Tidak Menghilangkan Aspek-aspek yang dapat Mempengaruhi Hasil Tes

Tes psikologi berbeda dengan tes-tes lainnya. Karena tes psikologi harus mengungkan hal-hal yang bersifat psikis. Ada beberapa aspek yang seharusnya tetap dipertahankan dalam tes psikologi online, yaitu:

  1. Durasi pelaksanaan Tes
  2. Berapa kali telah mengerjakan tes yang sama
  3. Mimik wajah/raut wajah seharusnya tetap bisa ditangkap.
  4. Suasana ruangan pelaksanaan tes.

Itulah sedikit ringkasan syarat-syarat aplikasi tes psikologi online yang baik sebelum menggunakannya. Tentunya seorang user/psikolog seharusnya jeli memperhatikan hal ini. Tes psikologi versi online memang mudah, dan tersedia beberapa vendor yang siap digunakan, tetap aspek kredibilitas, validitas, realibilitas hasil tes merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi psikotes online. Pilihlah vendor yang betul-betul memenuhi syarat-syarat ini.

Salah satu vendor aplikasi psikotes online yang menuhi syarat dan layak direkomendasikan adalah NS Development (PT. Nirmala Satya Development). Ingi menjadi member NS Development? Bisa langsung menghubunginya ditautan ini.

Artikel berhubungan: