logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Tes psikologi merupakan suatu tes yang digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan seseorang. Hasil tes psikotes ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses rekrutmen karyawan, proses seleksi masuk perguruan tinggi, penjurusan, penentu minat dan bakat seseorang, prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu bidang tertentu, potensi berikut dengan kelemahannya, dan pilihan karirnya di masa depan.

Ada banyak sekali jenis tes psikotes yang mungkin akan kamu temui selama proses seleksi kerja ataupun proses seleksi universitas. Jika dulu tes tersebut dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas yang jumlahnya berlembar-lembar. Maka, sekarang tes psikotes sudah mengalami banyak kemajuan. Salah satunya adalah dengan mulai diadaptasinya tes psikotes online menggunakan aplikasi psikotes online atau software psikotes online. Hal ini sendiri merupakan dampak dari berkembangnya teknologi dan maraknya penggunaan media digital di era ini.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal mengenai tes psikotes. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini ya!

Pengertian Tes Psikotes

Sebelum membahas pengertian tes psikotes. Mari kita bahas pengertian psikotes terlebih dahulu.

  • Psikotes menurut  Anne anastasi (tahun 1990) adalah, “A Psychological test essentially an objective and standardized measure of a sample of behavior.”
  • Psikotes menurut Peters dan shetzer (tahun 1974) adalah, “suatu tes yang menjadi prosedur atau langkah yang sistematis, dalam mengobservasi tingkah laku individu serta menggambarkan tingkah laku tersebut melalui skala angka atau sistem kategori tertentu.”
  • Cronbach (1984:26) tes psikologi adalah, “sebuah prosedur yang distandarisasikan yang dipakai oleh tester untuk mengukur kemampuan potensi subjek. Dalam hal ini, prosedur diartikan sebagai sebuah tata cara yang spesifik dan konkrit.”
  • Anastasi dan Urbina (1998:3) tes psikologi yaitu, “alat ukur yang objektif dan distandarisasikan atau dibakukan atas sampel perilaku tertentu. Standarisasi tersebut mengimplikasikan keseragaman dari cara dalam penyelenggaraan serta penskoran tes. Dalam upaya menjamin keseragaman kondisi-kondisi testing, penyusun tes menyiapkan petunjuk-petunjuk secara rinci bagi penyelenggaraan setiap tes yang baru dikembangkan.”

Itulah beberapa pengertian tes psikotes (tes psikologi) menurut para ahli yang dikemukakan di atas.

Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa pengertian tes psikologi atau tes psikotes sendiri merupakan suatu tes yang digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan seseorang. Hasil tes psikotes ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam proses rekrutmen karyawan, proses seleksi masuk perguruan tinggi, penjurusan, penentu minat dan bakat seseorang, prediksi keberhasilan seseorang dalam suatu bidang tertentu, potensi berikut dengan kelemahannya, dan pilihan karirnya di masa depan.

Tes ini dapat digunakan untuk mengetahui sifat, watak, attitude, personality, interest, dan intelegensi seseorang. Hasil tes psikotes sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam berbagai proses pengambilan keputusan bagi seseorang dan perusahaan itu sendiri.

Jenis-Jenis Tes Psikotes

Aplikasi Psikotes Online - Ada banyak sekali jenis tes psikotes yang memiliki peran untuk mengukur suatu aspek secara lebih spesifik. Nah, berikut ini ada beberapa jenis tes psikotes yang kerap digunakan :

1. Tes Logika Aritmatika

 Sering dijadikan sebagai tes, terlebih untuk jurusan atau bidang pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan hitung-berhitung dengan angka. Hasil tes ini dapat mencerminkan kemampuan numerical seseorang. Diperlukan kemampuan numerik yang baik dan juga kemampuan pola angka yang baik agar kamu bisa menyelesaikan soal ini dengan baik. Kerap diujikan untuk pekerjaan bidang data analyst, finance atau software engineer.

2. Tes Wartegg

Dalam pengerjaannya, kamu dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang tajam. Dalam tes ini, kamu akan diberikan selembar kertas yang berisi 8 kotak dengan pola garis awal. Tugasmu adalah membuat sebuah gambar/objek yang sempurna dari garis atau titik-titik tersebut.

3. Tes verbal

Tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan verbal seseorang. Meliput kemampuan perbendaharaan kata, penguasaan bahasa, dan lain sebagainya. Bentuk soalnya bisa berupa tes sinonim, antonim, analogi, dan sejenisnya.

4. Tes Psikotes Spasial

Dapat digunakan untuk mengukur kemampuan spasial seseorang dan kemampuan imajinasi yang berhubungan dengan bangun ruang.

5. Tes EPPS (Personal Preference Schedule Test)

Dalam tes ini, kamu akan disediakan 2 pilihan. Tugasmu adalah memilih salah satunya yang paling sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Merupakan salah satu jenis tes psikotes yang dinilai paling mudah. Melalui tes ini, kamu bisa mengetahui kepribadian dan karakter seseorang dengan detail. Salah satu hal yang dinilai dalam tes ini adalah konsistensimu dalam menjawab soal.

6. Kraepelin atau Pauli Test

Tes koran. Tes yang berhubungan dengan kegiatan perhitungan sederhana seseorang. Tugasmu adalah menjumlahkan deretan angka-angka dari atas ke bawah.

7. Army alpha intelegence test

Tes yang berhubungan dengan kombinasi angka dan juga deretan angka. Fungsinya untuk melihat daya tangkap seseorang dalam menerima instruksi, memahami perintah, dan tugas yang diberikan nanti.

8. Draw a Man Test

Sesuai dengan namanya, dalam tes ini kamu nantinya akan diberikan instruksi untuk menggambar seseorang beserta dengan aktivitasnya.

9. MBTI (The Myers-Briggs Type Indicator)

Merupakan tes yang dilakukan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang. Tes ini juga mampu menggambarkan bagaimana cara memandang dunia serta bagaimana cara orang tersebut membuat keputusan. Tes MBTI sendiri terdiri dari 16 kepribadian.

Itulah beberapa alat tes yang biasa digunakan dalam pengukuran psikologis. Tentunya masih terdapat tes psikologi lainnya yang belum disebutkan misalnya tes MSDT, Tes DISC, Tes VAK, Tes MMPI, Tes 16PF dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi psikotes online yang merupakan aplikasi psikotes terbaik di Indonesia adalah NS Development. Tersedia puluhan alat tes psikologi dalam aplikasi NS Development yang telah siap digunakan. Aplikasi psikotes online NS Development tersedia dalam bentuk aplikasi android maupun website, sehingga memudahkan akses. Akses psikotes dapat dengan menggunakan laptop, komputer, tablet ataupun mobile phone.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Anda dapat mengunjungi langsung dengan mengklik tautan Aplikasi Psikotes Online.

Artikel berhubungan: