logo PT Nirmala Satya Development
tes psikologi online

Pada dasarnya, psikotes berfungsi untuk mengenal watak dan sifat. Melalui psikotes, maka akan terlihat personality, attitude, interest, dan intelegensi dari seseorang.

Tes psikologi online sudah sangat umum digunakan saat ini. Banyak orang yang lebih memiliki melakukan psikotes secara online daripada harus menggunakan cara konvensional seperti dulu.

Hal itu tentunya karena psikotes online lebih mudah, cepat, dan memberikan hasil akurat. Tes psikolog ini memang sudah lama digunakan di berbagai lembaga, mulai dari pemerintahan hingga swasta untuk proses rekrutmen karyawan baru. Psikotes ini juga biasanya perlu untuk kenaikan jabatan karyawan.

Dengan tes psikologi, maka akan terlihat aspek dan potensi yang ada di dalam diri seseorang. Anda mungkin akan merasa bosan saat bertemu dengan psikotes, tetapi hal ini memang sangat penting.

Mengenal Jenis-Jenis Tes Psikologi Online

Anda mungkin sudah sering mendengar tes psikologi atau psikotes. Namun, apa sebenarnya psikotes itu? Psikotes merupakan salah satu tahap seleksi kerja yang sering diterapkan perusahaan, baik startup maupun perusahaan besar.

Pada dasarnya, psikotes berfungsi untuk mengenal watak dan sifat dari calon karyawan. Melalui psikotes, maka akan terlihat personality, attitude, interest, dan intelegensi dari seseorang.

Hasil dari psikotes inilah yang nantinya berperan besar apakan Anda cocok untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan atau tidak. Sedangkan tes psikologi online berarti psikotes tersebut terlaksana secara online melalui sistem.

Nah, ada beberapa jenis psikotes online yang dapat Anda ketahui. Berikut ini jenis-jenisnya.

Tes Logaritma Aritmatika

Psikotes logika aritmatika ini akan membuatmu berkecimpung dalam deretan angka. Untuk bisa menjawabnya, maka Anda harus memahami polanya. Deretan tersebut bisa dipecahkan lewat perkalian pengurangan, persentase, pecahan angka, dan penjumlahan.

Tes Wartegg

Pada dasarnya, tes satu ini membutuhkan analisa yang tajam. Anda biasanya akan menemukan gambar dengan bentuk yang berbeda-beda dan hars menemukan jawabannya.

Tes Verbal

Jenis psikotes online berikutnya ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Anda dalam berbahasa, baik itu secara tulisan maupun lisan. Anda akan menemukan berbagai soal yang berhubungan dengan pencarian sinonim, antonim, ataupun hubungan kata.

Psikotes Spasial

Jenis tes psikologi online selanjutnya ini akan membuat Anda berhadapan dengan berbagai bentuk soal bangun ruang. Anda harus dapat memahami seluruh soal dengan teliti setiap bangun ruang yang diberikan sebagai jawaban dari soal.

Perusahaan akan mengetahui kemampuan imajinasi yang Anda miliki melalui jenis tes psikologi ini.

Personal Preference Schedule Test

Soal-soal yang ada di dalam Personal preference schedule test ini biasanya akan terdiri dari dua alternatif pilihan jawaban antara A atau B. Selain itu, umumnya tes ini membahas mengenai pilihan jawaban yang menggambarkan kepribadian Anda.

Biasanya akan akan pilihan yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda. Jadi, pilih jawaban yang mendekati kepribadian.

Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Dapat dikatakan tes psikologi online ini paling mudah untuk mengetahui kepribadian dan karakter secara detail. Meski mudah, Anda tetap harus teliti karena banyak pertanyaan yang diulang. Nantinya akan terlihat apakah Anda jujur atau tidak saat menjawabnya.

Kraepelin atau Pauli Test

Psikotes selanjutnya ini adalah tes koran atau tes perhitungan sederhana yang terlihat agak mudah. Tugas Anda adalah hanya menjumlahkan deretan angka mulai dari 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Masalahnya, jumlah Angka yang harus Anda jumlahkan sangat banyak sehingga menguras konsentrasi.

Army Alpha Intelegence Test

Soal di dalam tes ini berhubungan dengan kombinasi angka juga dan berfungsi untuk melihat kemampuan daya tangkap seseorang yang berhubungan dengan penerimaan instruksi.

Draw Man Test

Jenis tes psikologi online selanjutnya ini akan membuat Anda menggambar manusia sesuai dengan kemampuan yang bertujuan untuk menilai bagaimana peserta mengambil keputusan, apakah ragu-ragu atau tegas.

MBTI (The Myers-Briggs Type Indicator)

Tes ini bertujuan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam memandang dia dan membuat keputusan. MBTI juga terkenal dengan nama tes 16 kepribadian. Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan berupa studi kasus yang menggambarkan diri.

Tips Menghadapi Psikotes Online

Masih banyak orang yang takut melakukan psikotes karena berhubungan dengan pekerjaan mereka. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu takut. Sebab, mengerjakan psikotes online hanya membutuhkan ketenangan.

Pastika Anda mempersiapkan mental sebelum memulai tes. Selain itu, siapkan juga berbagai perangkat dan jaringan yang stabil agar tes tidak terkendala.

Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat penyedia tes psikologi online yang terpercaya seperti di NS Development. Mereka menyediakan berbagai jenis psikotes online dengan sistem yang memadai, hasil cepat dan tepat, serta harga yang cukup terjangkau.

Artikel berhubungan: