logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi atau psikotes ini merupakan tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Bentuk tes ini bisa berupa tertulis, visual, maupun evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi kognitif serta emosional. Psikotes bisa diaplikasikan terhadap anak-anak maupun orang dewasa

Kemudahan dalam mengakses internet, adanya teknologi yang meningkatkan kapasitas guna menampilkan bank soal secara acak, serta semakin meningkatnya sistem keamanan penyimpanan data, menjadikan tes psikologi online ini kian banyak dipergunakan.

Tes psikologi atau psikotes ini merupakan tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Bentuk tes ini bisa berupa tertulis, visual, maupun evaluasi secara verbal yang teradministrasi guna mengukur fungsi kognitif serta emosional. Psikotes bisa diaplikasikan terhadap anak-anak maupun orang dewasa. 

Ini Dia Cara Mudah Lulus Tes Psikologi Online!

Tujuan pelaksanaan tes psikologi ini yaitu untuk mengukur berbagai kemungkinan terhadap bermacam-macam kemampuan secara mental serta apa-apa yang mendukungnya, termasuk kemampuan dan prestasi, intelegensi, kepribadian, atau bahkan fungsi neurologis.

Psikotes online ini bisa dilakukan untuk berbagai macam kebutuhan seperti recruitment pada sebuah perusahaan, mengetahui bakat dan minat pada murid, tujuan klinis, perkembangan pada diri anak, atau kustomisasi desain serta modul di dalam training (pelatihan). 

Pakar psikologi dan para ahli membuat tes psikologi dengan salah satu tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan kepribadian dari seseorang. Hal tersebut dihubungkan pada saat seseorang mencari kerja, maka dilakukan tes psikologi ini yang dapat menjadi salah satu tolok ukur di dalam menilai kemampuan tertentu pada sebuah pekerjaan, seperti ketelitian, kreativitas, dan sejenisnya.

Tes psikologi online ini merupakan teknik seleksi yang mempunyai keunggulan tertentu jika dibandingkan dengan metode seleksi kandidat karyawan yang lainnya. Keunggulan utama dari tes psikologi ini yaitu sampel perilaku yang objektif dan juga standar yang cocok guna mengevaluasi statistik.

Secara umum, psikotes ini lebih gampang untuk menentukan nilai suatu tes ketimbang melakukan evaluasi berbagai seleksi lainnya, misalnya wawancara, surat rekomendasi, dan sebagainya.

Psikotes sangat berguna untuk memilih karyawan dengan kemampuan, serta menemukan alasan kegagalan suatu pekerjaan berdasarkan ciri-ciri kepribadiannya, dan bahkan bisa menentukan kerentanan terhadap kesalahan. Ya, keunggulan tersebut tidak ditemukan pada metode seleksi yang lain. Sehingga, banyak perusahaan yang memakai tes psikologi ini sebagai sarana untuk melakukan rekrutmen karyawan. 

Tes psikologi online ini sangat diperlukan seseorang yang hendak mengikuti ujian psikotes baik untuk melamar kerja, maupun kepentingan yang lain, seperti mendapatkan beasiswa ke luar negeri, melanjutkan pendidikan, dan lain sebagainya. 

Jenis Tes Psikologi

Secara garis besar, tes psikologi ini dibedakan berdasarkan tes kepribadian yakni:

  1. Tes kepribadian grafis, merupakan sebuah tes yang memiliki kegunaan untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya. Nah, tes kepribadian grafis ini mencakup Tes Wartegg, Draw A Person (Test DAP), Test Baum Tree, dan Test HTP (House Tree Person).
  2. Tes kepribadian kuesioner, merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawaban yang dipilihnya terhadap beberapa pertanyaan yang diajukan (kuesioner). Untuk tes kepribadian kuesioner ini meliputi, Tes MBTI, Ted Efektivitas Diri, Tes EPPS, Tes Enneagram, Tes Kerjasama, Tes Ketelitian, Tes Koran Pauli, Tes MAPP, TSK (Tes Skala Kematangan), dan Tes Potensi Sukses.

Tips Mudah Agar Lulus Tes Psikologi

Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan supaya Anda dapat melewati soal-soal tes psikologi online yang diberikan oleh penguji.

  • Pastikan Anda cukup istirahat sebelum mengikuti psikotes online. Hindari tidur terlalu larut malam. Sempatkan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan sebelum mengikuti tes psikologi. Karena konsentrasi Anda bakal terganggu apabila ketika mengerjakan soal  tes psikologi dengan kondisi perut lapar. Intinya, Anda harus sehat baik secara fisik maupun mental supaya Anda 'siap tempur'.
  • Sebagai bekal mengikuti psikotes online, silakan melatih otak Anda dengan membaca buku mengenai contoh soal psikotes. Pelajari teknik pengerjaannya dengan baik. Anda juga bisa menanyakan ke teman Anda yang pernah ikut tes psikologi.
  • Bacalah perintah atau instruksi soal dengan seksama. Perhatikan pula contoh-contoh soal psikotes yang disajikan. Jangan sekalipun mengabaikan instruksi, sebab cara Anda menjawab soal tes psikologi online ini tergantung dari instruksi yang diberikan. 
  • Jangan lupa untuk mengisi nama Anda pada kolom yang tersedia, ya! Biasanya juga disertai dengan tanggal serta nomor peserta. Sebab, saking semangatnya mengerjakan psikotes ada peserta tes yang lupa untuk menuliskan nama, lho.
  • Perhatikan jatah waktu yang diberikan untuk merampungkan soal tes psikologi. Jangan sampai Anda terlambat  mengerjakan serta menyelesaikan jawaban. Usaha supaya seluruh soal tes psikologi terjawab sampai waktu yang disediakan habis.
  • Apabila Anda sudah menyelesaikan jawaban, sedangkan waktu pengerjaan masih tersisa, silahkan memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan koreksi terhadap jawaban Abda. Pastikan bahwa jawaban yang Anda pilih merupakan jawaban paling tepat!

Vendor Psikotes Online Terpercaya

Pilihlah platform assessment atau tes psikologi yang memudahkan akses terhadap data peserta tes, terutama data hasil tes.

Sebab, data hasil tes ini harus dapat mengevaluasi persentase kandidat yang memenuhi kualifikasi, kualitas kandidat yang masuk pada tahap seleksi, sampai dengan efektivitas channel perekrutan yang dipakai.

Penting bagi Anda untuk memilih vendor tes psikologi yang punya fitur penyimpanan database. Sehingga bisa melakukan tracking data bahkan sesudah proses seleksi sudah rampung guna keperluan pelaporan.

Nah, NS. Development adalah jawabannya. Perlu Anda ketahui melakukan psikotes online bersama NS. Development ini mempunyai banyak keuntungan tersendiri, terlebih bagi praktisi HR. Selain keamanan terjamin, psikotes online juga bisa memangkas waktu yang diperlukan untuk menyeleksi kandidat karyawan.

Lantaran penilaian hasil tes psikologi online ini bisa dilakukan lebih cepat atau bahkan secara instan. Hasilnya tesnya pun akurat dan realtime.

Artikel berhubungan: