logo PT Nirmala Satya Development
Tes psikologi online

Tes psikologi online menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan, baik untuk perusahaan maupun bagi kandidat pelamar kerja yang hendak mengikuti psikotes

Mengikuti perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi, tes psikologi (psikotes) yang dulu hanya dilaksanakan secara konvensional, saat ini hadir psikotes berbasis digital alias online. Tes psikologi online menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan, baik untuk perusahaan maupun bagi kandidat pelamar kerja yang hendak mengikuti psikotes.

Ya, keuntungan ini bukan hanya berkaitan dengan penghematan budget operasional perusahaan. Namun juga dari segi waktu, tenaga serta tempat pelaksanaan tes. Proses recruitment merupakan hal penting untuk sebuah instansi atau perusahaan. Memilih serta menentukan kandidat karyawan tentunya harus dengan memperhatikan berbagai indikator.

Mengingat SDM yang berkualitas merupakan aset yang sangat berharga untuk kelangsungan perusahaan. Nah, indikator-indikator tersebut bisa diukur dengan beberapa cara, salah satunya yaitu lewat tes psikologi.

Kelebihan Tes Psikologi Online Bersama NS Development

PT. Nirmala Satya Development alias NS Development merupakan vendor penyedia layanan psikotes online yang turut berinovasi mengkonversi tes psikologi konvensional menjadi psikotes berbasis digital.

Dengan sistem yang terintegrasi, proses penyajian data yang cepat, akurat, & realtime, menyelenggarakan psikotes online bersama NS Development tentunya akan memberi banyak keuntungan bagi perusahaan maupun peserta tes. Dari segi biaya akan lebih hemat dan juga mempersingkat waktu di dalam proses recruitment ketimbang menggunakan psikotes metode konvensional.

Lantas apa saja kemudahan dan keunggulan memilih layanan psikotes online dari NS Development ini?

Efisiensi Pekerjaan dan Lokasi Penyelenggaraan Psikotes

Salah satu tugas dan tanggung jawab dari recruiter yaitu memberi serta memeriksa hasil tes psikologi dari para kandidat karyawan. Aktivitas pemeriksaan ini butuh waktu yang tidak sebentar.

Hal tersebut dapat dipermudah bantuan aplikasi tes psikologi. Sebab, aplikasi psikotes ini sudah dibekali dengan petunjuk pengerjaan serta batasan waktu pengerjaan (timer). Sehingga recruiter hanya perlu memahami dan juga mengawasi pengoperasian aplikasi psikotes  serta hasil dari tes psikologi bisa segera diketahui. 

Bukan hanya itu, tes psikologi online ini juga memungkinkan peserta tes untuk mengerjakan psikotes dari berbagai wilayah di Indonesia. Peserta bisa mengerjakan soal tes di mana saja tanpa perlu terburu-buru untuk berangkat ke lokasi penyelenggaraan tes.

Hasil Psikotes Terjamin

Tiap-tiap layanan tes psikologi online dari NS Development diformulasikan sesuai dengan alat tes dan juga norma yang sudah diuji validitasnya. Alat-alat tes tersebut tentunya sesuai dengan standar Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI). Dengan demikian, hasil dari psikotes online ini bisa dipertanggungjawabkan secara profesional.

Pemanfaatan teknologi untuk mengetahui hasil tes juga bisa mengurangi risiko human error (kesalahan karena kelalaian) yang dapat merugikan perusahaan maupun peserta tes.

Bisa Custom Alat Tes 

Di dalam proses recruitment, alat tes yang dipergunakan dapat di custom atau disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan perusahaan atau peserta tes. Hal tersebut kian mudah dan praktis dengan bentuk psikotes berbasis digital ini. Dengan demikian, persiapan, pembuatan, serta revisi alat tes dapat dilakukan lebih cepat, sehingga mampu memenuhi kebutuhan klien.

Laporan Hasil Tes Akurat dan Realtime, Format dapat Disesuaikan

Penyelenggaraan tes psikologi online memungkinkan sebuah perusahaan (atau peserta tes apabila melakukan psikotes secara mandiri) untuk dapat mengetahui hasil tes secara langsung alias realtime usai merampungkan semua rangkaian psikotes.

Hal tersebut tentunya mempercepat kinerja HRD dan proses rekrutmen secara menyeluruh. Dimana kandidat karyawan mendapatkan hasil tes sesuai dengan kriteria dapat segera dijadwalkan untuk mengikuti seleksi ke tahap selanjutnya.

Kemudahan lainnya yaitu, meskipun hasil tes didapatkan secara realtime, tetapi format hasil laporan tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. NS Development sendiri memberi dua jenis laporan, yaitu laporan psikogram (laporan dapat disesuaikan serta laporan deskriptif yang disusun oleh psikolog ahli di bidangnya. Dengan dua jenis laporan tersebut, pengguna bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap sehubungan dengan kandidatnya.

NS Development menyediakan tes psikologi online dengan lebih dari 15 jenis tes yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian, minat dan bakat, intelegensi umum, gaya belajar & ketahanan maupun performa kinerja seseorang. Menawarkan hasil psikotes secara real time, terstandarisasi, serta mampu menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau peserta tes dan akses langsung terhadap pesertanya. NS Development juga memberi fasilitas perusahaan dalam menyelenggarakan recruitment dari melakukan job posting serta pendaftaran kandidat karyawan yang cukup membantu serta memudahkan kerja Human Resource.

Artikel berhubungan: