logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi yang biasanya dipergunakan di dalam proses recruitment tentunya merupakan tes yang dapat mengukur untuk kepentingan di tempat kerja.

Tes psikologi online di dalam proses recruitment karyawan memang merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Pada saat melamar pekerjaan, ada sejumlah tahapan yang harus dilewati oleh para pelamar kerja yang telah terpilih. Ya, salah satunya adalah tes psikologi atau psikotes ini. 

Pada saat proses recruitment calon pegawai, biasanya, HRD perusahaan bakal menilai karakter dan kemampuan dari kandidat karyawannya itu. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, HRD perusahaan akan menggunakan soal-soal psikotes.

Akan tetapi, sayangnya masih banyak pelamar kerja yang tidak berhasil memperlihatkan potensi yang terdapat di dalam dirinya sendiri. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah mereka kurang mengenal atau tidak paham jenis-jenis soal tes psikologi serta fungsinya.

Berikut Macam-macam Soal Tes Psikologi Online untuk Proses Recruitment

Tes psikologi yang biasanya dipergunakan di dalam proses recruitment tentunya merupakan tes yang dapat mengukur untuk kepentingan di tempat kerja.

Aspek-aspek tersebut meliputi intelligence (kemampuan kognitif), soft skill (kompetensi), values (motivasi dan nilai), serta personality (kepribadian). Tes yang berbentuk pertanyaan atau isian yang mana calon karyawan diminta untuk self-report (diri mereka sendiri) yang disebut sebagai objective test.

Selain objective test, ada pula psikotes dengan stimulus ambigu, lalu peserta tes diminta untuk memberi respon terhadap stimulus. Jenis tes psikologi online ini dinamakan projective test. Misalnya, peserta diminta menggambar manusia (Draw a Person test) atau melengkapi gambar dari titik-titik atau garis-garis yang sudah tersedia (Wartegg test).

Tes ini memang jarang dipakai di dalam konteks perekrutan online dan membutuhkan interpretasi dari psikolog. Berikut ini merupakan macam-macam soal psikotes online yang dipakai untuk perekrutan karyawan.

Logika Algoritma

Jenis soal logika algoritma ini biasanya terdalam di dalam soal tes psikologi online. Untuk Anda yang menyukai angka maupun hitung-menghitung, tentu jenis soal psikotes satu ini bakal sangat seru. Nantinya, Anda bakal disuguhkan dengan deretan angka yang sudah memiliki pola.

Pola-pola itu tentunya harus Anda pahami, bisa berupa urutan pengelompokan maupun loncatan. Nantinya Anda harus memecahkan pola itu lewat perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan, serta persentase. Fungsi dari teks ini yaitu untuk mengetahui kemampuan karyawan di dalam sebuah pola tertentu.

Analog Verbal Test

Soal selanjutnya yang terdapat di dalam tes psikologi online pada saat melakukan rekrutmen karyawan yaitu analog verbal test. Tes ini memiliki kegunaan untuk mengetahui kemampuan karyawan di dalam menghadapi suatu permasalahan. Bagaimana nantinya karyawan itu dapat melihat sebab dan akibatnya.

Biasanya, soal analog verbal test ini berisikan 40 butir soal dengan berbagai analog, sinonim, dan juga antonim dari sebuah kata. Nah, untuk dapat mengerjakan soal ini, Anda terlebih dahulu harus mempelajari berbagai perbendaharaan kata beserta artinya.

Anda harus belajar tentang soal sinonim, nol, relasi makna kata antonim. Lebih tepatnya untuk mengerjakan soal ini juga harus mengandalkan logika.

Pauli

Pauli ini juga merupakan jenis soal yang terdapat di dalam psikotes online. Banyak orang yang menyebut soal pauli ini dengan nama tes koran. Adanya soal ini menjadikan Anda harus melakukan hitung-menghitung terhadap angka yang telah tersusun secara vertikal.

Kegunaan dari soal pauli ini yaitu dalam rangka mengetahui kecepatan, ketelitian, konsistensi, serta topper peserta tes. Jika di dalam pengerjaan ada sedikit kesalahan, maka bakal menggambarkan bahwa Anda memiliki daya tahan tinggi terhadap suatu tekanan.

Logika Penalaran

Ada pula jenis soal psikotes yang dinamakan dengan logika penalaran. Soal di dalam tes psikologi online ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kandidat karyawan dalam melakukan analisis masalah dan kecepatan mengambil sebuah keputusan. Dapat dibilang konsep dari soal logika penalaran ini hampir sama dengan logika algoritma. 

Perbedaannya yaitu memakai gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Agar dapat mengerjakannya, Anda perlu tetap teliti terhadap gambar-gambar yang sudah disediakan. Sebab, bisa menjebak Anda. Apabila Anda mendapati kesulitan di dalam pengerjaan, maka kerjakan terlebih dahulu yang lebih gampang.

Nah, apakah Anda mencari vendor tes psikologi online terpercaya? NS Development adalah jawabannya. Perlu Anda ketahui melakukan psikotes online bersama NS Development ini mempunyai banyak keuntungan tersendiri, terlebih bagi praktisi HR. Selain keamanan terjamin, psikotes online juga bisa memangkas waktu yang diperlukan untuk menyeleksi kandidat karyawan. Lantaran penilaian hasil tes psikologi bisa dilakukan lebih cepat atau bahkan secara instan. Hasilnya tesnya pun akurat dan realtime.

Artikel berhubungan: