logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Tes kepribadian penting untuk kita lakukan. Terlebih lagi untuk mengenali bagaimana kepribadian dan kekuatan diri yang kita miliki. Bakat dan minat diri juga akan diketahui jika melakukan tes kepribadian ini.

Tes kepribadian online saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kepentingan rekrutmen karyawan perusahaan, hingga untuk mengetahui karakter diri kita sendiri. Tes ini dulunya harus dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Namun seiring perkembangan zaman, tes ini bisa dilakukan secara online.

Tes Kepribadian Online untuk Mengetahui Karakter Diri

Tes kepribadian penting untuk kita lakukan. Terlebih lagi untuk mengenali bagaimana kepribadian dan kekuatan diri yang kita miliki. Bakat dan minat diri juga akan diketahui jika melakukan tes kepribadian ini.

Jika Anda ingin melakukan tes kepribadian secara online, maka Anda bisa mencoba tes menggunakan jenis tes kepribadian yang bisa untuk mengetahui karakter diri ini.

1. MBTI

Nah, tes MBTI ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui bagaimana kepribadian dan karakter yang ada dalam diri Anda.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) juga menjadi salah satu tes kepribadian yang paling populer sekarang ini. Jenis tes ini juga termasuk tes yang mengadopsi gagasan dari Carl G. Jung, yang merupakan seorang psikoanalis.

Pertama kali tes MBTI ini diperkenalkan oleh Cook Briggs dan juga putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers. Alat yang digunakan untuk melakukan tes kepribadian diri MBTI ini juga sudah diteliti.

Tak hanya diteliti, tes MBTI juga sudah diterbitkan dan diperbarui sejak tahun 1975 silam. MBTI juga termasuk tes kepribadian yang mengikuti prinsip panduan Myers.

Panduan tersebut mengatakan jika dengan memahami kepribadian dan perbedaan bisa untuk mengubah dunia menjadi yang lebih baik.

2. TestColor

Tidak berbeda jauh dengan MBTI, TestColor juga merupakan tes kepribadian online yang dilakukan dengan mengikuti gagasan Carl G. Jung.

Nah, dalam tes ini, kepribadian akan diprediksi dengan berdasarkan warna yang disukai. Jika Anda ingin tahu kepribadian Anda, Anda bisa coba mengaksesnya dengan gratis di internet.

2. DISC

DISC merupakan singkatan dari beberapa kata, yaitu Dominance, Influence, Steadiness, serta Conscientiousness. Jenis tes kepribadian ini sudah cukup popular dilakukan dalam penentuan karir seseorang.

Tak hanya itu saja, tes ini juga sering digunakan oleh para perekrut untuk mencocokkan calon karyawan dengan posisi pekerjaan yang dilamar pada suatu perusahaan.

Fungsi tes ini juga untuk menentukan preferensi serta perilaku sesuai dengan dominasi, pengaruh, kestabilan, dan paling penting yaitu  kesadaran Anda di tempat kerja. Berbagai hal tersebut digunakan untuk menentukan jalur karir yang sesuai dengan karakter kepribadian seseorang.

3. Berkeley Emotional Intelligence Test

Berkeley Emotional Intelligence Test merupakan tes kecerdasan emosional yang bertujuan untuk mengetahui ukuran dan kemampuan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi emosi orang lain sesuai dengan ekspresi wajah yang mereka tunjukkan.

Tes ini juga bisa membantu Anda dalam menentukan kecocokan karakter Anda dengan orang lain, entah itu kaitannya dengan hubungan pribadi atau profesional. Dilihat dari ekspresi wajah, tes ini bisa untuk menafsirkan emosi yang muncul dalam diri orang lain.

4. PATH Assessment

PATH sebenarnya merupakan singkatan dari beberapa kata yang memiliki makna penting. Di antaranya yaitu purpose/tujuan, approach/pendekatan, thinking/pemikiran, dan habits/kebiasaan. Penilaian berbagai aspek ini tujuannya tak lain untuk mengenali kepribadian sesuai dengan sifat dan perilaku karirnya.

Sesuai dengan namanya, tes ini nantinya juga akan menentukan tujuan apa sebenarnya, pendekatan, pemikiran, serta kebiasaan unik yang dimiliki seseorang dalam hidupnya. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana sebenarnya karakter diri dan kepribadian Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mengambil tes kepribadian online jenis ini.

Dengan lebih baik mengenali diri, maka Anda bisa lebih mudah dalam menentukan langkah strategis untuk menunjang masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menggali bakat dan mengembangkan potensi yang terpendam dalam diri Anda.

Tak hanya itu saja, dengan tes ini Anda juga bisa lebih memahami orang lain dengan lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa lebih menjaga dan merawat hubungan antara satu orang dengan yang lainnya.

Tersedia banyak sekali pilihan tes kepribadian online yang bisa Anda akses dengan mudah di internet. Semuanya bisa Anda coba untuk mengetahui karakter dan memaksimalkan potensi diri.

Artikel berhubungan: