logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Bimbingan konseling ini memang sering dilakukan dengan beberapa tujuan tertentu, mungkin yang paling sering kita lihat biasanya hal ini dilakukan untuk siswa sekolah

Ternyata ada berbagai jenis tes pikologi nnline dalam bimbingan konseling yang mungkin belum banyak Anda ketahui sekarang ini. Bimbingan konseling ini memang sering dilakukan dengan beberapa tujuan tertentu, mungkin yang paling sering kita lihat biasanya hal ini dilakukan untuk siswa sekolah.

Dengan ini ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan hal ini, biasanya tes psikologi ini digunakan untuk menilai kecerdasan hingga kepribadian seseorang. Selain hal ini biasanya tes juga dilakukan untuk penelitian ilmiah, makanya sekarang ini tes psikologi bukan hal yang asing lagi bagi kita.

Jenis Tes Psikologi Online Dalam Bimbingan Konseling, Anda Wajib Tahu!

Nah, biasanya tes pesikolog ini dibagi menjadi beberapa jenis dan tentunya setiap jenis juga memiliki fungsi masing-masing. Ketika Anda ingin melakukan tes ini atau sebaiknya pahami terlebih dahulu berbagai jenis tes psikologi sebelum melakukannya.

Sehingga nantinya data yang ingin Anda kumpulkan bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, apalagi setiap jenis ini memang memiliki fungsinya masing-masing. Lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis tes psikologi yang harus Anda ketahui dalam bimbingan konseling.

Tes Intelegensi

Jenis tes pikologi nnline dalam bimbingan konseling yang pertama adalah tes intelegensi, singkatnya intelegensi ini bisa disebut dengan kecerdasan. Sehingga dengan kata lain tes ini biasanya digunakan untuk menilai kemampuan seseorang dalam hal kecerdasan atau tingkat IQ.

Biasanya tes ini biasa dilakukan untuk para siswa di sekolah, dengan bantuan tes ini tentunya guru jadi lebih mudah mengenali siswanya. Apalagi tentu tingkat kecerdasan atau IQ setiap orang ini akan berbeda, sehingga dengan melakukan tes ini Anda juga akan tahu batas kemampuan yang Anda miliki.

Tes Bakat

Jenis tes pikologi dalam bimbingan konseling selanjutnya adalah tes bakat, tes ini biasanya dilakukan ketika hasil tes intelegensi belum menunjukan nilai yang sesungguhnya. Karena memang tes intelegensi ini hanya bisa menilai kemampuan individu saja, namun belum mencakup nilai yang mencerminkan bakat seseorang.

Makanya, tes bakat ini juga dilakukan untuk mengetahui keterampilan seseorang, karena tentu tidak hanya kecerdasan saja yang penting. Namun keterampilan seseorang juga harus diketahui agar bisa dikembangkan sesuai dengan bakatnya, sehingga mereka tidak salah dalam melakukan sesuatu di masa depan.

Karena pasti setiap orang ini memiliki bakat masing-masing yang mungkin jarang diketahui, atau bakat ini memang belum timbul karena tidak diketahui. Nah, melalui tes bakat ini pasti seseorang akan sangat terbantu untuk menggali bakat mereka masing-masing, sehingga mereka bisa mengembangkan bakatnya sebaik mungkin.

Tes Minat

Jenis tes pikologi nnline dalam bimbingan konseling selanjutnya adalah tes minat, tes ini juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa tes sebelumnya. Karena dengan tes ini akan membantu untuk mengetahui minat seseorang terhadap sesuatu.

Sehingga mereka bisa memilih keputusan sesuai dengan minat mereka, hal ini juga bisa digunakan untuk menilai siswa tentang minatnya terhadap berbagai hal sebagai media pendidikan. Sehingga mereka bisa menjalankan aktivitas dengan lebih maksimal karena dilaksanakan sesuai dengan minat mereka.

Tes Kepribadian

Tes ini biasanya digunakan untuk menilai kepribadian seseorang, seperti sikap atau kebiasaan yang sering dilakukan orang tersebut.  Biasanya tes ini juga digunakan untuk menilai tingkat emosi seseorang, hal ini juga sering digunakan untuk menilai kebutuhan-kebutuhan khusus seseorang.

Nah, biasanya melakukan tes kepribadian ini akan bermanfaat bagi Anda di masa depan, karena jika hasilnya kurang baik Anda bisa memperbaikinya. Sehingga di masa depan Anda akan memiliki kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu, biasanya kepribadian ini juga akan dinilai dari berbagai aspek, misalnya bagaimana cara Anda mengatasi suatu masalah atau apa yang akan terjadi ketika seseorang berada di bawah tekanan. Pasti setiap orang akan menyikapi situasi ini dengan cara yang berbeda-beda.

Jenis tes psikologi online dalam bimbingan konseling ini biasanya memang selalu dilaksanakan, sehingga bisa menilai beberapa aspek mengenai seseorang. Dengan bantuan bimbingan konseling ini seseorang bisa mengetahui kemampuan, bakat, minat, hingga kepribadian mereka. 

 

Artikel berhubungan: