logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Tes psikologi online dapat dipergunakan untuk kebutuhan asesmen dan rekrutmen calon pegawai maupun untuk kebutuhan personal (memahami dan identifikasi keadaan psikologis).

Sekarang ini, tes psikologi online sudah sangat lazim dipergunakan, tak terkecuali untuk menguak habis karakter calon karyawan pada saat proses rekrutmen. Ya, saat ini tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk melakukan psikotes via online ketimbang harus memakai cara konvensional seperti zaman dahulu.

Hal tersebut tentu saja lantaran psikotes secara online lebih praktis, mudah, cepat, dan bisa memberi hasil yang akurat serta realtime. Tes psikologi tersebut memang sudah cukup lama dipakai pada berbagai lembaga. Seperti lembaga pemerintahan maupun swasta guna merekrut pegawai baru. Kenaikan jabatan karyawan pun biasanya juga memerlukan psikotes ini.

Jenis-jenis Tes Psikologi Online untuk Mengenali Potensi Calon Karyawan

Banyak perusahaan yang memberlakukan psikotes ketika merekrut karyawan. Sebab, tes psikologi satu ini memberikan begitu banyak manfaat. Mulai dari untuk mengetahui karakter, kekuatan positif, serta bisa mencari tahu posisi apa yang layak untuk calon karyawan tersebut.

Lantaran banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari psikotes ini, tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang kerap menggunakannya. Tes psikologi ini mempermudah tim HR dalam mencari karyawan potensial yang sesuai karakternya dengan kriteria yang dicari oleh perusahaan.

Tes psikologi sendiri berasal dari kata "psyche" yang berarti 'mental' dan juga "logia" artinya pelajaran mengenal atau riset. Singkatnya, psikotes ini merupakan sebuah ujian terhadap mental seseorang yang bisa mengetahui apa-apa yang terdapat di dalam diri seseorang.

Psikotes tersebut ditunjang dengan sejumlah tools (alat) yang bertujuan untuk memperlihatkan sisi intelegensia, kepribadian, karakter, serta sikap seseorang. Nah, dengan melakukan satu atau beberapa dari berbagai jenis psikotes ini, maka perusahaan bakal memperoleh karyawan yang sesuai kebutuhan. Seiring perkembangan dunia psikologi, banyak jenis psikotes yang bisa diambil oleh seorang karyawan, diantaranya sebagai berikut.

Tes PAPI Kostik

Guna mengetahui sifat atau kepribadian calon pegawai, jenis tes psikologi online ini cukup gampang dilakukan. Banyak perusahaan yang memakai tes papikostik pada saat proses rekrutmen karyawan.

Calon karyawan hanya cukup mengisikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada kolom jawaban yang tersedia. Jawaban tersebut mesti sesuai dengan apa yang Anda rasakan atau pikirkan. Selanjutnya, dengan hasil tes papikostik tersebut tim HR bisa mengetahui sifat atau kepribadian dari calon karyawan tersebut.

EPPS (Edwards Personal Preference Scale)

Jenis psikotes online ini bisa menjawab terkait kebutuhan seseorang di dalam berorganisasi, berprestasi, serta memimpin. Tes EPPS mampu menghasilkan penilaian apakah calon karyawan atau peserta tes tersebut bisa melakukan sosialisasi dan juga punya kemampuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Selain itu, tes EPPS ini juga dapat menguji jiwa kepemimpinan seseorang.

Kraepelin Test

Tes Kraepelin ini merupakan tes psikologi yang isinya merupakan permainan angka. Peserta tes atau calon pegawai yang mengikuti tes kraepelin biasanya akan diminta untuk menambahkan atau menghitung deretan angka-angka tertentu sesuai dengan kolom yang tersedia.

Nah, hasil dari Kraepelin test ini akan memperlihatkan tingkat ketahanan seseorang, kecepatan dalam bekerja, ketelitian, dan juga sikap ketika menghadapi tekanan.

Tes Army Alpha Intelligent

Jenis tes psikologi online satu ini terdiri atas 12 soal dengan sederet kombinasi angka maupun sederet bentuk, Kadang, antara soal satu dengan soal yang lainnya saling berkaitan.

Di dalam mengerjakan tes Army Alpha Intelligent ini, memang butuh fokus guna memperhatikan kata-kata dari sang penguji. Hal ini adalah ujian bagi calon pegawai yang bakal diuji ketangguhannya guna menerima suatu perintah.

The Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Tes psikologi satu ini memiliki tujuan untuk mengukur preferensi psikologis seseorang di dalam memandang dunia dan membuat sebuah keputusan. Pada dasarnya, psikotes MBTI ini terdiri atas 16 kepribadian.

Misalnya INFP, INFJ, ISFJ, maupun tipe kepribadian yang lain. Di dalam tes MBTI ini biasanya bakal ditanya berbagai macam pertanyaan yang berupa studi kasus. Sehingga, Anda mesti memilih satu dari pertanyaan yang cukup menggambarkan diri Anda.

Tes Rorschach

Jenis tes psikologi online satu ini bertujuan untuk melihat personaliti seseorang dengan menggunakan kartu bergambar abstrak berwarna. Peserta tes bakal diuji untuk menjawab gambaran seperti apa yang mereka baca di dalam kartu-kartu yang dipaparkan tersebut. Tes ini bakal menguak isi karakter seseorang yang paling dalam.

Mereka akan memiliki pandangan tertentu mengenai kartu bergambar yang ditampilkan. Nah, itulah yang akan mengartikan bagian dari jiwa mereka atau pengalaman yang dialaminya.

Tes Sack's Sentence Completion Test (SSCT)

Psikotes ini merupakan tes kepribadian yang dipakai pada bidang psikologi serta kedokteran umum. Calon karyawan atau peserta tes mesti mengisi jawaban dari soal-soal tes sesuai dengan keadaan pikiran maupun perasaan mereka ketika tengah mengikuti tes.

Tes SSCT bisa menguak isi pikiran seseorang dengan kondisi yang tengah terjadi di sekitarnya, seperti keluarga, atasan, rekan kerja, serta hubungan sosial yang lain. Banyak perusahaan yang memakai tes SSCT untuk mengetes calon pegawainya lantaran sangat gampang dilakukan serta dianalisis.

Tidak seluruh psikotes menghasilkan hasil yang benar-benar sempurna. Namun, tes psikologi online ini berguna untuk membantu mendeteksi karakter calon karyawan. Kadang, perbedaan hasil psikotes tergantung peserta tesnya. Apabila ketika melakukan psikotes peserta sedang memikirkan beban berat di pikirannya, maka hasil tesnya pun bakal berbeda dengan saat mengerjakan tes dalam kondisi bahagia.

Tes Psikologi Online NS Development.

Sebagai salah satu penyedia aplikasi psikotes online terbaik di Indonesia, NS Development menyediakan tools-tools secara online yang dapat diakes via aplikasi desktop (Komputer/Laptop) atau mobile phone. Tes psikologi online dapat diikuti untuk kebutuhan personal (perorangan) maupun untuk kebutuhan rekrutmen dan asesmen calon karyawan di Perusahaan.

Registrasikan dirimu pada aplikasi NS Development dan langsung dan ikuti Tes Psikologi Online.

Artikel berhubungan: