logo PT Nirmala Satya Development
Hoarding Disorder

Hoarding disorder adalah kondisi kompleks yang sulit untuk diobati. Namun, dengan pendekatan yang tepat, hoarding disorder dapat diatasi dan meningkatkan kualitas hidup

Setiap gangguan tentu memiliki penyembuhnya termasuk gangguan hoarding disorder. Hoarding disorder adalah gangguan mental yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Ini adalah kondisi kompleks yang sulit diobati, tetapi dapat diatasi dengan pendekatan yang tepat. Berikut ini beberapa pendapat ahli tentang cara mengobati hoarding disorder.

Metode Penyembuhan Hoarding Disorder

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan hoarding disorder.

1. Terapi perilaku kognitif (CBT)

Salah satu pengobatan yang paling efektif untuk hoarding disorder adalah terapi perilaku kognitif (CBT), suatu bentuk terapi bicara yang membantu orang mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku negatif. Terapi ini merupakan pendekatan terstruktur dan berorientasi pada tujuan yang telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai gangguan mental, termasuk hoarding disorder. Menurut Dr Randy Frost, seorang ahli terkemuka dalam bidang hoarding disorder, CBT efektif dalam mengurangi kekacauan dan meningkatkan kualitas hidup orang yang mengalami hoarding disorder CBT membantu orang belajar untuk mengelola pikiran dan perasaan mereka, mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan, dan meningkatkan kemampuan berorganisasi.

2. Farmakologis

Meskipun tidak ada obat yang secara khusus disetujui untuk mengobati hoarding disorder, beberapa obat dapat membantu mengatasi beberapa gejala yang terkait dengan gangguan ini. Misalnya, antidepresan dapat membantu mengobati gejala kecemasan dan depresi yang umum terjadi pada orang dengan hoarding disorder. Penghambat reuptake 5-hydroxytryptamine selektif (SSRI) dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi pada orang dengan hoarding disorder kata psikiater dan spesialis hoarding disorder, Sanjaya Saxena, PhD. Namun, pengobatan harus selalu dikombinasikan dengan bentuk pengobatan lain, seperti terapi, agar lebih efektif.

3. Exposure and Response Prevention (ERP)

Exposure and Response Prevention (ERP) adalah terapi perilaku yang telah terbukti efektif dalam pengobatan hoarding disorder; ERP melibatkan pemaparan bertahap terhadap ketakutan dan pemicu yang terkait dengan penimbunan dan mengajari orang untuk menolak perilaku penimbunan kompulsif. Menurut Dr David Tolin, seorang psikolog klinis dan ahli hoarding disorder, ERP mengajarkan Anda untuk mengendalikan paparan terhadap pemicu kecemasan dan menahan keinginan untuk menimbun. Dengan demikian, ERP dapat membantu orang belajar mengelola kecemasan mereka dan mengembangkan strategi penanggulangan baru untuk mengatasi hoarding disorder.

4. Pembersihan profesional

Organisator profesional adalah jenis layanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang dengan hoarding disorder. Organisator profesional adalah orang-orang terlatih yang membantu orang untuk merapikan dan mengatur ruang hidup mereka dengan cara yang praktis dan fungsional. Mereka dapat mengembangkan keterampilan organisasi mereka dan memberikan dukungan dan dorongan yang berkelanjutan selama proses merapikan. Menurut Dr Gail Stichetti, psikolog klinis dan spesialis hoarding disorder, Merapikan secara profesional dapat membantu orang dengan penimbunan karena mereka membutuhkan dukungan dalam mengatur ruang hidup mereka. Namun, penting untuk menemukan organisator profesional yang memiliki pengalaman bekerja dengan orang-orang dengan hoarding dan memahami kesulitan yang terkait dengan kondisi ini.

5. Terapi berpikir positif

Terapi berpikir positif adalah jenis terapi yang mendukung pengelolaan pikiran dan perasaan melalui meditasi dan praktik berpikir positif lainnya. Terapi ini telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai gangguan mental, termasuk hoarding disorder. Menurut Dr Frost, Terapi berpikir positif dapat membantu orang dengan hoarding disorder barang menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Terapi berpikir positif membantu orang belajar mengelola emosi mereka dan mengembangkan sikap yang lebih berbelas kasih dan menerima diri mereka sendiri dan hoarding disorder.

Hoarding disorder adalah kondisi kompleks yang sulit untuk diobati. Namun, dengan pendekatan yang tepat, hoarding disorder dapat diatasi dan meningkatkan kualitas hidup. Terapi perilaku kognitif, obat-obatan, metode pencegahan reaksi paparan, organisasi profesional dan terapi berpikir positif adalah pengobatan potensial untuk gangguan hoarding dan mungkin lebih efektif untuk beberapa orang, tergantung pada kebutuhan dan keadaan masing-masing. Penting untuk bekerja sama dengan profesional kesehatan mental yang berspesialisasi dalam gangguan hoarding untuk mengembangkan rencana perawatan individual.

Kesehatan mental merupakan salah satu indikator yang perlu dijaga oleh setiap individu, dengan menjaga kesehatan mental tentunya mendatangkan hal -hal yang positif pada diri sendiri. Untuk mengetahui informasi psikologis terkini anda, Tes Psikologi Online menjadi alternatif pilihan yang bisa anda gunakan, tes ini tersedia melalui platform kami NS Development.

Artikel berhubungan: