logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Seiring dengan perkembangan zaman pada bidang teknologi, tes kepribadian kini tidak harus dengan tatap muka, tetapi sekarang sudah ada tes psikologi online

Tes psikologi (psychological test) merupakan salah satu metode yang dipakai untuk mengukur dan mengidentifikasi sifat kepribadian, sikap, minat, kemampuan, kondisi emosional dan juga nilai seseorang. Seiring dengan perkembangan zaman pada bidang teknologi, tes kepribadian kini tidak harus dengan tatap muka, tetapi sekarang sudah ada tes psikologi online.

Psikotes online ini merupakan suatu proses pelaksanaan tes yang pelaksanaannya melalui metode online. Namun, tetap mengedepankan unsur-unsur bisa berpengaruh terhadap hasil tesnya nanti.

Di sini yang membedakan tes secara online dengan tes psikologi tatap muka adalah dari segi media yang digunakan saja. Jika tes psikologi yang dilakukan secara tatap muka akan menggunakan alat tulis. Sedangkan untuk tes kepribadian secara online metodenya yaitu dengan menggunakan jaringan internet untuk mengakses tes tersebut.

Penggunaan Tes Psikologi Online

Mungkin Anda semuanya sudah ada yang pernah melakukan tes psikologi ini. Sebab, tes ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari untuk seleksi kerja pada suatu perusahaan atau seleksi untuk menerima mahasiswa baru di suatu institusi pendidikan.

Tak hanya itu saja, terdapat juga tes kepribadian yang hanya dipakai untuk kepentingan pribadi. Kebutuhan pribadi di sini maksudnya yaitu untuk informasi untuk diri sendiri atau bisa juga digunakan untuk persiapan tes seleksi kerja yang sifatnya tidak resmi.

Psikotes yang kerap dipergunakan yaitu tes intelegensi serta kepribadian. Jenis tes yang dapat dilakukan secara online antara lain seperti tes deret angka, padanan kata, soal logika, kemampuan dasar, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, tes minat, dan bakat juga kerap dijumpai pada media online.

Kelebihan Tes Psikologi Online

Terdapat kekurangan dan kelebihan dalam masing-masing metode tes, termasuk tes psikologi secara online ini. Meski dilakukan secara online, tes psikologi ini memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa dirasakan oleh peserta tesnya jika dibandingkan dengan yang dilakukan tatap muka.

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika mengikuti tes secara online ini yaitu efisiensi waktu. Untuk kelebihan dalam hal waktu yang lebih efisien ini tentunya tidak akan bisa diperoleh oleh orang yang melakukan tes secara langsung.

Dengan melakukan tes secara online ini, para peserta tesnya tidak harus datang ke suatu tempat tes pada waktu yang telah ditetapkan untuk mengerjakan tes. Sebab, tes tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja waktunya.

Tes psikologi yang dilakukan secara online ini juga dapat dikerjakan dalam suasana yang santai. Bahkan tes tersebut bisa dikerjakan saat peserta tes tersebut dalam keadaan yang baik. Hal ini disebabkan karena mereka bisa menentukan tes mereka sendiri. Selain itu, mereka juga tidak terpaku dengan jadwal yang diatur oleh pihak lain.

Jika dari segi hasil, psikotes online ini juga bisa memberikan hasil yang lebih cepat dari pada tes yang dilakukan secara langsung yang memerlukan waktu beberapa hari untuk dianalisis.

Jika secara online, hasil tes tersebut dapat muncul pada akhir tes sesudah peserta menjawab semua pertanyaan. Hasilnya akan dikirimkan melalui email beberapa saat sesudah tes psikologi online tersebut diselesaikan.

Kelebihan tes secara online ini juga dinilai jauh lebih menghemat biaya daripada dengan tes psikologi langsung. Hal ini disebabkan karena penyedia tes tidak memerlukan tempat, konsumsi serta transportasi.

Tingkat Akurasi Hasil Tes Psikologi Online

Salah satu hal yang masih jadi perbincangan di psikotes online yaitu pada tingkat keakuratannya. Sebab, tes yang dilakukan secara online ini membebaskan pesertanya untuk mengatur tes mereka. Jadi bisa saja terjadi kecurangan dalam tes tersebut.

Tak hanya dari faktor pesertanya saja, ketidakakuratan tersebut juga dapat terjadi dari pihak penyedia tes. Jadi ketahui terlebih dahulu apakah penyedia tes tersebut benar-benar terpercaya, kredibel dan sudah punya sertifikasi. Jika pihak penyedia tes sudah terpercaya, tes biasanya akan berjalan dengan baik tanpa ada kecurangan.

Pada dasarnya, semua metode tes ini mampu memberikan hasil yang akurat, baik itu dilakukan secara offline maupun online. Nah, saat ini Anda bisa melakukan tes psikologi online melalui psikotes online. Psikotes online dari NS Development mampu menghadirkan tes psikologi yang dengan akurasi hasil yang terpercaya.

Artikel berhubungan: