logo PT Nirmala Satya Development
Tes PAPI Kostick

Tes PAPI Kostick berfungsi untuk mengukur berbagai aspek psikologis. Kemudian, PAPI Kostick juga dapat menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang setiap aspek tersebut mewakili need maupun role tertentu.

Saat ini untuk mengetahui kepribadian seseorang di tempat kerja, bisa kita lakukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan tes PAPI Kostick. Apa sebenarnya PAPI Kostick itu? Jadi, PAPI atau Personality and Preference Inventory Kostick merupakan personality assessment atau alat tes yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Tes ini seringkali digunakan oleh pada HR dan juga manajer.

Selain berfungsi untuk mengetahui kepribadian seseorang, tes ini juga berfungsi untuk memberikan evaluasi pada perilaku serta gaya kerja individu pada semua tingkatan.

7 Bidang Aspek dalam Tes PAPI Kostick

Tes ini menjadi salah satu jenis tes kepribadian yang tercermin pada tingkah laku berdasarkan kategorisasi. PAPI sendiri mengukur role serta need individu yang berkaitan dengan situasi kerja.

Selain itu, dari tes ini kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai profil individu. Baik itu dari segi tipologi kepribadiannya hingga dalam kontek pekerjaannya.

Tak hanya itu saja, Tes PAPI Kostick ini juga berfungsi untuk mengukur berbagai aspek psikologis. Kemudian, PAPI Kostick juga dapat menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang setiap aspek tersebut mewakili need maupun role tertentu.

Setidaknya terdapat tujuh bidang aspek yang terdapat dalam tes ini dan penting untuk kita ketahui. Berikut adalah penjelasannya.

1. Work Direction atau Arah Kerja

Bidang aspek yang pertama kali diungkap oleh tes PAPI Kostick yakni work direction atau bisa kita sebut sebagai arah kerja. Dalam bidang aspek ini terdiri dari tiga jenis.

Pertama, need to finish task yang artinya kebutuhan dalam menyelesaikan tugas secara mandiri. Kemudian, ada hard intense worked, artinya peran pekerja keras. Sedangkan yang terakhir, adalah need to achieve atau kebutuhan berprestasi.

2. Leadership atau Kepemimpinan

Selain work direction, dalam tes PAPI Kostick ini juga terdapat aspek leadership atau kepemimpinan. Sama halnya dengan work direction, leadership juga memiliki tiga jenis di dalamnya.

Pertama adalah leadership role, merupakan peran kepemimpinan. Kemudian ada need to control others yang artinya kebutuhan mengatur orang lain. Terakhir, adalah ease in decision making, yakni peran dalam membuat sebuah keputusan.

3. Activity atau Aktivitas Kerja

Activity atau aktivitas kerja ini merupakan bidang aspek lainnya yang terdapat dalam tes PAPI Kostick. Dalam bidang aspek ini terdiri atas dua jenis.

Pertama, yakni pace atau peran sibuk. Selain itu, ada pula vigorous type yang artinya peran penuh semangat.

4. Social Natue atau Relasi Sosial

Ketika kita berbicara mengenai bidang aspek dalam tes PAPI Kostick, maka social natue atau relasi sosial ini menjadi salah satunya. Pada bidang aspek ini terdiri atas empat jenis yang masing-masing memiliki fungsi dan perannya sendiri.

Sebut saja salah satunya seperti need for closness and affection, yakni kebutuhan kedekatan serta kasih sayang. Kemudian, ada pula need to belong to groups yang artinya kebutuhan diterima dalam kelompok.

Sementara itu, social extension, yang memiliki arti sebagai peran dalam hubungan sosial. Sedangkan yang terakhir, need to be noticed, artinya kebutuhan untuk diperhatikan.

5. Work Style atau Gaya Kerja

Work style atau gaya kerja merupakan bidang aspek dalam tes PAPI Kostick lainnya yang bisa kita temukan. Dalam bidang aspek ini terdapat tiga jenis aspek.

Aspek yang pertama yakni organized type atau peran dalam mengatur. Interest in working with details, yang artinya peran bekerja dengan hal-hal yang rinci dan detail. Kemudian, theoretical type atau peran orang yang teoritis.

6. Temperament atau Sifat Temperamen

Temperament atau sifat tempramen ini memiliki tiga jenis aspek di dalamnya. Pertama, yakni need for change, yakni kebutuhan untuk melakukan perubahan atau berubah.

Kemudian, ada emotional resistant, yakni peran dalam mengendalikan emosi. Selain itu, ada juga need to be forceful, yakni kebutuhan untuk agresif.

7. Followership atau Posisi Atasan dan Bawahan

Dalam bidang aspek kali ini yaitu followership atau posisi atasan dan bawahan. Terdapat dua jenis, need to support authority dan need for rules and supervision.

Need to support authority merupakan kebutuhan untuk membantu atasan. Sedangkan need for rules and supervision, yakni kebutuhan mengikuti aturan serta pengawasan.

Masing-masing bidang aspek dalam tes PAPI Kostick ini mampu memberikan evaluasi perilaku maupun gaya kerja individu di tempat kerja.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.