logo PT Nirmala Satya Development
Tes Papi Kostick

Dengan melakukan papi kostick ini perusahaan atau suatu organisasi dapat memperoleh banyak informasi mengenai profil individu baik dari segi kepribadian maupun pekerjaannya.

Mungkin banyak orang yang belum tahu apa itu metode tes Papi Kostick. Sebenarnya istilah ini merupakan sebuah laporan inventori kepribadian. Biasanya pertanyaan ini akan berhubungan dengan situasi kerja dan menyangkut tentang kepribadian. Papi Kostick ini sekarang digunakan dalam lingkungan HRD.

Tes ini merupakan tes kepribadian yang langsung tercermin langsung dalam tingkah laku yang langsung tercermin dalam kategorisasi. Nah dengan mempelajari Papi Kostick ini kita jadi lebih mudah untuk mengetahui mengenai profil individu baik dari segi kepribadiannya maupun pekerjaannya.

Makanya tidak heran jika sekarang ini Papi Kostick sering digunakan dalam dunia HRD. Karena bermanfaat untuk menilai situasi kerja suatu perusahaan maupun mengetahui kepribadian karyawan. Meski begitu mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu Papi Kostick dan bagaimana cara kerja serta fungsinya dalam dunia pekerjaan.

Pengertian Metode Tes Papi Kostick Ini Dia Penjelasannya!

Metode satu ini pertama kali dibuat oleh Dt. Max Martin Kostick yang dibuat pada awal tahun 1960 an. Metode ini akan mengukur kepribadian seseorang dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya. Hal ini mencakup perilaku dan nilai perusahaan yang diterapkan dalam suatu perusahaan, metode ini mengukur role serta need individu yang berkaitan dengan situasi kerja.

Dengan melakukan papi kostick ini perusahaan atau suatu organisasi dapat memperoleh banyak informasi mengenai profil individu baik dari segi kepribadian maupun pekerjaannya. Tes ini tentunya juga memiliki tujuan tertentu sehingga tes ini sekarang digunakan oleh para HRD dalam sebuah perusahaan hingga organisasi.

Tujuan Tes Papi Kostick

Metode tes Papi Kostick ini bertujuan untuk mengukur aspek psikologis dan mengevaluasi perilaku serta gaya kerja individu selama di tempat kerja. Tes ini disusun dalam dua aspek yang saling terpisah, yang pertama adalah pengukuran kebutuhan atau needs, dan kedua adalah pengukuran persepsi atau roles.

Nantinya Papi Kostick ini akan menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang nantinya masing0-masing akan mewakili need dan role. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya maka papi kostick ini dapat bertujuan untuk menilai kepribadian seperti perilaku selama seseorang berada dalam lingkungan kerja tertentu.

Tentunya papi kostick ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang membuat papi kostick ini digunakan oleh para HRD. Namun tanpa adanya Papi Kostick tentunya Anda akan merasa kesulitan ketika ingin mengetahui kepribadian seseorang dalam lingkungan kerja.

Kelebihan Papi Kostick

Metode tes Papi Kostick ini tentunya juga memiliki kelebihan sendiri. Metode ini menggunakan forced choice format yang digunakan dalam pasangan-pasangan pernyataan setara. Sehingga sangat sulit untuk melakukan manipulasi, item di dalamnya pun ringkas, pendek, interpretasi logis dan spesifik, sehingga akan mudah untuk memahaminya.

Makanya metode ini akan sangat berguna untuk evaluasi karyawan karena metode ini akan menggambarkan administration styles serta dapat digunakan oleh dua orang. Untuk laporannya akan disampaikan dalam bentuk visual. Lalu, laporan ini nantinya akan memudahkan mengenali potensi dirinya secara komprehensif namun tetap mudah dipahami.

Hasil analisanya juga menghasilkan dinamika kepribadian seseorang yang nantinya sudah dipengaruhi oleh situasi kerja sekitarnya. Nantinya hal ini lah yang akan menggambarkan situasi kerja dan kepribadian keseluruhan yang saling terpisah.

Kekurangan Tes Papi Kostick

Metode tes Papi Kostick ini juga memiliki kekurangan, dalam proses skoring karena dalam proses ini diperlukan ketelitian dan kejelian. Selanjutnya dengan metode ini juga memungkinkan orang akan merasa bosan mengerjakan karena adanya pertanyaan yang akan diulang.

Selain itu lembar jawaban pun sedikit membingungkan, sehingga banyak orang yang akan malas untuk mengikuti tes ini. Meski begitu tanpa adanya tes ini tentunya akan sulit untuk mengenali kepribadian seseorang dan membuat seseorang kesulitan dalam mengenali lingkungan pekerjaan.

Prosedur Skoring

Proses perhitungan skoring dalam papi kostick ini dengan cara menjumlahkan anak panah yang sudah dilingkari baik horizontal maupun vertikal. Dalam menghitung skor ini jumlah skor harus 45, cara menghitungnya dengan menjumlahkan.

Metode tes Papi Kostick ini dihitung dengan membuat garis penghubung antara angka yang satu dengan yang lainnya.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.