logo PT Nirmala Satya Development
Tes PAPI Kostick Online

PAPI merupakan singkatan dari Perception and Preference Inventory. Tes PAPI ini termasuk salah satu dari beberapa alat tes Psikologi yang sudah banyak digunakan oleh suatu perusahaan guna memperoleh kandidat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Salah satu jenis tes yang dibutuhkan untuk suatu perusahaan atau industri yaitu tes PAPI kostick. Mengetahui banyak sekali persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan perusahaan untuk mendapatkan kandidat calon pelamar kerja.

PAPI Kostick adalah suatu laporan tes psikologi kepribadian yang dikelompokkan menjadi 7 bidang. Diantaranya yaitu leadership atau kepemimpinan, relasi sosial, arah kerja, aktivitas kerja, gaya bekerja, temperament, hingga posisi atasan atau bawahan.

Mengenal Tes Papi Kostick Online

PAPI merupakan singkatan dari Perception and Preference Inventory. Tes PAPI ini termasuk salah satu dari beberapa alat tes Psikologi yang sudah banyak digunakan oleh suatu perusahaan guna memperoleh kandidat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Tes ini kerap dipakai dalam lingkup HRD pada suatu perusahaan atau organisasi. Sebab, tes online ini akan digunakan sebagai tes kepribadian yang tercermin dalam suatu tingkah laku berdasarkan kategorisasi.

Dengan adanya  PAPI Kostick ini, maka kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang profil individu, entah itu dari segi tipologi kepribadiannya atau dari konteks pekerjaannya.

Max Martin Kostick yang merupakan seorang Profesor Industrial Psychology at Boston State College adalah seorang yang pertama kali menemukan PAPI di Massachusetts, USA, pada saat awal tahun 1960-an.

Meski PAPI sudah lama ditemukan, akan tetapi test ini baru sampai di Indonesia sekitar tahun 1980-an. Hingga saat ini sudah ada  lebih dari 1000 perusahaan di dunia termasuk Indonesia yang menggunakan tes PAPI Kostick ini sebagai salah satu metode untuk proses rekrutmen dan seleksi.

Alat tes kepribadian ini merupakan bentuk self report inventory. Bahkan, tersedia dalam 25 bahasa yang mudah sekali dimengerti dan dipahami oleh para pelamar kerja dalam perusahaan.

Tes PAPI kini sudah bisa dilakukan dengan cara online. Jadi, tes ini tidak harus dilakukan secara tatap muka di suatu tempat. Selain lebih simple, hasilnya pun juga lebih efektif. Anda juga bisa mengaksesnya dengan mudah melalui desktop atau smartphone.

Apa Tujuan Awal dari Tes PAPI?

Jenis tes kepribadian online yang juga disebut dengan PAPI ini memiliki tujuan awal. Diantaranya sebagai alat yang memiliki teoritis yang kuat dan juga administrasi yang cukup sederhana.

Dengan demikian, tes ini bisa digunakan oleh non psikologis. Mengapa demikian? Sebab, tes ini berbeda dengan alat tes psikologi lainnya yang menggunakan istilah klinis. Tes PAPI sebisa mungkin akan menghindari istilah-istilah klinis.

Tak hanya itu saja, alat tes PAPI ini juga bisa mencakup aspek kepribadian yang cukup efektif dengan tempat kerja secara lengkap. Dengan begitu, tak heran jika banyak yang memilih tes PAPI sebagai alat ukur dari proses rekrutmen untuk suatu perusahaan.

Tak hanya mudah digunakan, banyak juga kelebihan lain yang dimiliki oleh tes PAPI ini jika dibandingkan dengan jenis tes yang lainnya.

Apa Kelebihan PAPI Kostick Dibandingkan Tes Lain?

Banyak perusahaan yang memakai tes kepribadian ini untuk rekrutmen calon tenaga kerja. Hal ini tak lain disebabkan karena banyak kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh jenis tes online ini.

Untuk pasangan pernyataan yang setara, PAPI memakai forced choice format. Jadi, cukup sulit untuk melakukan manipulasi.

Item-item yang tersedia di dalamnya juga pendek, simple, ringkas, Interpretasi logik dan juga spesifik. Maka dari itu, tes ini sangatlah mudah untuk dipahami.

Jadi, tes ini bermanfaat sekali untuk proses evaluasi karyawan. Sebab, pernyataan di dalamnya menggambarkan administration styles yang bisa dipakai oleh 2 orang atau lebih. Tujuannya yaitu untuk mengetahui hubungan atasan bawahan serta untuk mengembangkan solusi interpersonal.

Kelebihan tes PAPI selanjutnya yaitu laporan hasil tes yang disampaikan hadir dalam bentuk visual. Jadi bisa memudahkan untuk para pengguna atau user dalam mengenali potensi yang ada dalam dirinya secara komprehensif. Meski demikian, pernyataan yang ada sangatlah mudah dipahami.

Kemudian, untuk masalah hasil analisanya yaitu tes ini bisa menghasilkan dinamika kepribadian seseorang yang sudah mendapatkan pengaruh dari situasi kerja sekitarnya.

Ini termasuk gambaran kepribadian seseorang secara keseluruhan serta tidak terpisah–pisah. Dengan begitu, bisa menjadi satu dinamika kepribadian yang utuh. Jadi, tes PAPI Kostick ini memang cukup efektif untuk suatu perusahaan.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick online dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.