logo PT Nirmala Satya Development
Tes Papi Kostick

Tes Papi Kostick bertujuan untuk mengukur sejumlah aspek psikologis. Papi Kostick juga diselenggarakan guna mengevaluasi perilaku dan juga gaya kerja individu pada tempat kerja. Tes tersebut disusun jadi 2 aspek secara terpisah, yakni pengukuran kebutuhan serta persepsi.

Apakah Anda sudah pernah menjalani atau mengikuti tes Papi Kostick? Ya, tes tersebut biasanya dikerjakan ketika Anda sedang melamar sebuah pekerjaan. Personality and Preference Inventory (PAPI) sendiri adalah personality assessment atau alat tes untuk penilaian kepribadian yang populer. Tes ini dipergunakan oleh para profesional Human Resource (HR) dan juga manajer terkait guna mengevaluasi perilaku serta gaya kerja individu di seluruh tingkatan.

PAPI ini dibuat oleh Dr. Max Martin Kostick yang merupakan seorang Guru Besar Psikologi Industri dari Massachusetts, Amerika di awal tahun 1980-an. Versi tersebut diperkenalkan pada tahun 1997 dengan versi ipsatif (PAPI-I) serta normative (PAPI-N).

Apa Itu Tes Papi Kostick?

Papi Kostick adalah laporan inventori kepribadian yang terdiri atas 90 pertanyaan pendek yang berkaitan dengan situasi pekerjaan. Dimana, tes tersebut meliputi 20 aspek kepribadian yang dikategorikan menjadi 7 bidang, yakni:

  • Leadership
  • Work direction
  • Work activity
  • Social nature
  • Work style
  • Temperament
  • Followership

Sekarang ini, Papi Kostick kerap dipakai di dalam lingkungan HRD di sebuah perusahaan atau organisasi. Tes tersebut dipergunakan untuk mengetahui kepribadian yang tercermin di dalam tingkah laku yang didasarkan pada kategorisasi. Di mana, Papi Kostick ini mengukur role and need individu yang berhubungan dengan situasi kerja.

Dengan mempelajari Papi Test, maka Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang profil individu, baik dari segi tipologi kepribadian maupun sisi pekerjaannya.

Tujuan Papi Kostick

Tes Papi Kostick bertujuan untuk mengukur sejumlah aspek psikologis. Papi Kostick juga diselenggarakan guna mengevaluasi perilaku dan juga gaya kerja individu pada tempat kerja. Tes tersebut disusun jadi 2 aspek secara terpisah, yakni pengukuran kebutuhan serta persepsi.

Papi Kostick sendiri dipakai untuk menjabarkan kepribadian seseorang di dalam 20 aspek, yang masing-masing akan mewakili kebutuhan dan juga pengukuran tertentu. Sehingga, ketika Anda sedang melakukan Papi Kostick ini, Anda tak bisa memanipulasi hasilnya.

Strategi Jawaban

Nah, untuk Anda yang tengah melamar pekerjaan serta akan menghadapi Papi tes. terdapat strategi yang cocok untuk Anda terapkan di dalam menjawab soal Papi Kostick ini. Carnay pun sangat sederhana, berikut poin-poinnya:

  • Terlebih dahulu kenali posisi pekerjaan yang Anda lamar.
  • Perhatikan masing-masing huruf dan jangkauan skornya.
  • Silahkan Anda sesuaikan poin a dengan b.

Sebagai contoh, Anda melamar pada bagian marketing, yang mana posisi itu adalah sebuah pekerjaan yang berorientasikan pada target serta butuh kemampuan untuk bekerja keras yang tinggi. Sehingga, apabila Anda melamar sebagai marketing, jangan sampai skor huruf G (peran pekerja keras) hasilnya kurang dari 5.

Pasalnya, apabila kurang dari 5, maka kesimpulannya yaitu bekerja untuk kesenangan saja, bukan hasil yang optimal. Dengan demikian, HRD bakal menilai bahwa Anda tidak dapat diandalkan dalam meraih target perusahaan.

Prosedur Skoring Papi Kostick

Untuk perhitungan skoring tes Papi Kostick ini dapat Anda lakukan secara manual maupun otomatis. Nah, untuk Anda yang ingin menghitung skoringnya secara otomatis, Anda bisa mengunduh software skoring Papi test! Tetapi, jika Anda ingin menghitungnya secara manual saja, silahkan mencoba caranya seperti berikut ini.

  • Jumlahkan anak panah yang dilingkari, baik secara vertikal dan horizontal sesuai dengan arah tanda panahnya.
  • Berikutnya, tuliskan jumlah skornya di masing-masing kotak skor.  Penulisan jumlah skor ini harus berada di bawah huruf G, L, I, T, V, S, R, D, C, dan E yang sudah tersedia pada lembar jawaban.
  • Sesudah itu, silahkan Anda hitung jumlah keseluruhan skor di kotak secara horizontal. Patikan jumlah skornya harus punya nilai 45.
  • Apabila Anda ingin menghitung skor 'need', caranya yakni dengan menjumlahkan anak panah yang dilingkari, baik secara horizontal maupun vertikal sesuai dengan arah tanda panah.
  • Jumlahkan skor di masing-masing kotak pada bawah huruf N, A, P, X, B, O, Z, K, F, dan W yang sudah tersedia di dalam lembar jawaban.
  • Kemudian hitunglah, jumlah skor pada seluruh kotak skor need secara vertikal, nilainya juga harus 45.
  • Sesudahnya, Anda dapat memindahkan tiap-tiap akhir dari lembar jawaban ke lembar scoring. Sesuaikan dengan huruf pada aspek 'kebutuhan' dan 'peran'. Untuk pemindahan skornya juga harus Anda lakukan dengan cara melingkari angka yang terdapat di dalam lingkaran.
  • Nah, sesudah seluruh skor Anda pindahkan, Anda dapat membuat garis penghubung antara angka yang satu dengan lainnya. Dengan begitu, terbentuklah sebuah diagram di lembar psikogram.

Kelebihan Tes Papi Kostick

Di pasangan-pasangan pernyataan yang setara, Papi Kostick memakai forced choice format. Anda bakal susah melakukan manipulasi pada Papi tes ini, karena pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sangat pendek, ringkas, interpretasi logik serta spesifikasi. Sehingga, bisa dipahami dengan jelas, baik oleh testee maupun tester.

Tes Papi Kostick sangat berguna untuk mengevaluasi karyawan, sebab mampu menggambarkan administration styles serta dapat dipakai untuk 2 orang atau lebih. Dengan demikian HRD mampu mengetahui hubungan atasan dan bawahan serta mengembangkan solusi interpersonal. Usai melakukan Papi tes, laporan hasil tes biasanya disampaikan di dalam bentuk visual.

Sehingga, akan mempermudah Anda sebagai user di dalam mengenali potensi diri secara komprehensif, namun tetap gampang dipahami. Tes ini memberikan hasil analisa yang menghasilkan dinamika kepribadian seseorang yang sudah dipengaruhi situasi kerja di sekitarnya.

Di mana, tes Papi Kostick tersebut menggambarkan kepribadian secara menyeluruh serta tak terpisah-pisah dan jadi satu dinamika kepribadian yang utuh. Selain itu, Papi Kostick juga dapat mengukur personality traits beserta psychological needs.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick online dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.