logo PT Nirmala Satya Development
Tes PAPI Kostick

Tujuan yang hendak dicapai dari PAPI Kostick adalah seefektif dan selengkap mungkin mendapatkan penilaian yang mencakup aspek kepribadian dari calon karyawan dengan interaksinya di tempat kerja.

Tes PAPI Kostick bertujuan untuk mengeksplor dimensi kepribadian yang cukup luas. Dalam penerapannya, berbagai dimensi tersebut dipisahkan ke dalam skala Role dan Need. Dasar pemikiran ini berdasarkan pada teori needs-press Murray.

Tes yang digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang ini mulai mengalami perkembangan sejak tahun 1990. Hingga saat ini, tes tersebut telah digunakan oleh 100 lebih perusahaan di dunia, termasuk Indonesia. Alat tes andalan HRD ini tersedia dalam 25 bahasa. Menariknya, bisa dikerjakan secara online serta CD-Rom installable.

Mengenal Tes PAPI Kostick untuk Kebutuhan HRD

Dalam dunia kerja, tes ini merupakan salah satu tes yang diselenggarakan guna merekrut karyawan untuk mengukur aspek role dan needs calon karyawan. Dari sini bisa diketahui bagaimana pencerminan tingkah laku mereka berdasarkan kategori yang berhubungan erat dengan situasi kerja.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk mendapatkan karyawan yang memiliki etos kerja tinggi, ada beberapa persyaratan dan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Terlebih saat ini, ada berbagai tantangan global yang harus dihadapi perusahaan-perusahaan besar.

Dapat disimpulkan bahwa tes PAPI Kostick adalah laporan inventori kepribadian. Saat mempelajarinya, akan diperoleh informasi bagaimana profil seorang individu baik dari segi corak, watak, kepribadian, maupun dunia kerja. Adapun norma alat tes yang digunakan tidaklah sama untuk setiap poin Role dan Needs-nya.

Tujuan Dasar PAPI Kostick

Salah satu tujuan awal tes PAPI adalah sebagai sarana yang memiliki teoritis cukup kuat dan administrasi lebih praktis. Dapat dikatakan bahwa tes PAPI Kostick bisa dipakai oleh non-psikologis. Jika alat tes lainnya cenderung bersifat klinis, maka penerapan tes PAPI justru menghindari istilah-istilah klinis.

Tujuan yang hendak dicapai dari PAPI Kostick adalah seefektif dan selengkap mungkin mendapatkan penilaian yang mencakup aspek kepribadian dari calon karyawan dengan interaksinya di tempat kerja.

Tes juga bermanfaat sebagai proses evaluasi karyawan serta mengetahui hubungan antara atasan dan bawahannya sehingga kedua belah pihak bisa mengembangkan solusi interpersonal. Ini karena pernyataan yang tersedia adalah gambaran umum administration styles yang bisa digunakan oleh 2 orang atau lebih.

Mengingat tujuan tes PAPI Kostick yang demikian krusial, maka tidak mengherankan apabila kini perusahaan menggunakannya sebagai tolak ukur dari proses rekrutmen yang dilakukannya.

Keunggulan PAPI Kostick daripada Tes Lainnya

Sesuatu yang memiliki keunggulan dan kelebihan pasti banyak diminati. Begitu pula dengan tes PAPI ini. Selain menawarkan kemudahan, tes juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh tes online lainnya.

Salah satunya adalah fitur Forced Choice Format. Metode penilaian karyawan ini tidak hanya mengacu pada kesediaan dan keterampilan yang dimiliki calon karyawan. Metode ini mengarah pada kinerja karyawan yang langsung berpengaruh terhadap upaya perusahaan demi mencapai tujuannya. Adapun metode Forced Choice dalam pelaksanaannya telah diformat sedemikian rapi sehingga cukup sulit atau bahkan tidak mungkin terjadi manipulasi.

Keunggulan tes PAPI Kostick berikutnya adalah tersedia item-item pendek, simpel, praktis, dan lebih ringkas. Interpretasi yang dipakai lebih logis dan spesifik sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Keunggulan selanjutnya adalah semua hasil tes yang disampaikan tersaji dalam bentuk visual. Hal ini tentu memudahkan user atau para pengguna, dalam hal ini HRD dalam mengenali potensi yang dimiliki calon karyawan yang hendak direkrut secara komprehensif. 

Adapun tes yang diselenggarakan lebih kompleks. Ini karena hasil analisisnya berdasarkan dinamika kepribadian seseorang dimana dirinya sudah memperoleh pengaruh dari situasi kerja di sekitarnya. Dalam hal ini memungkinkan seorang HRD untuk mengetahui gambaran kepribadian seseorang secara menyeluruh tanpa terpisah-pisah sehingga menjadi satu dinamika kepribadian yang benar-benar utuh. Jadi tidaklah salah apabila perusahaan mengadakan tes PAPI tersebut.

NSD Sebagai Aplikasi Tes PAPI Kostick Nomor Wahid di Indonesia

Beberapa perusahaan sering meragukan hasil psikotes yang telah diselenggarakan. Menurut mereka, hasil tes kepribadian tersebut sama sekali tidak akurat.

Namun, tidak demikian jika Anda menggunakan jasa NS Development. Hal ini karena tes PAPI telah divalidasi oleh para psikolog berpengalaman sehingga hasil tes yang keluar dijamin keakuratannya. Tes merupakan kolaborasi dari tim IT dan psikolog menghasilkan karya yang bermutu baik, dan yang terpenting terpercaya.

Menggunakan tes PAPI Kostick online dari NSD memberikan lebih banyak kemudahan. Bukan hanya untuk kebutuhan perusahaan, dunia pendidikan pun juga mulai membutuhkan tes kepribadian online ini.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.