logo PT Nirmala Satya Development
Tes PAPI Kostick

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes.

Tes PAPI Kostick merupakan akronim dari Personality and Preference Inventory Test. Tes psikologi dengan metode PAPI Kostick ini merupakan suatu alat tes untuk melakukan penilaian kepribadian terkemuka. Digunakan oleh para HRD ataupun manajer dalam suatu perusahaan untuk melakukan evaluasi perilaku dan gaya kerja individu dalam semua tingkatan jabatan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tes yang satu ini untuk mengetahui profile kepribadian,  minat bakat, serta preferensimu kepribadian yang kamu miliki lho.

Asal Usul Tes PAPI Kostick

Tes PAPI Kostick ini sendiri dibuat pada awal tahun 1960 oleh Dr. Max Martin Kostick yang merupakan seorang Guru Besar Psikologi Industri dari Massachusetts, Amerika. Tes PAPI Kostick versi Swedia sendiri diperkenalkan lebih dulu pada awal tahun 1980an. Kemudian, versi ini sendiri diperkenalkan 17 tahun setelahnya. Tepatnya pada tahun 1997 dengan versi ipsatif atau PAPI-I (yang digunakan untuk pengembangan pribadi) dan normatif atau PAPI-N (digunakan untuk perbandingan dan seleksi).

Tes ini sendiri digunakan untuk mengukur aspek psychodinamis dengan memperhatikan environment, yang termasuk perilaku dan values yang diterapkan dalam suatu perusahaan/situasi kerja dalam bentuk motif sederhana dan standar gaya perilaku, menurut persepsi kandidat yang terekam selama proses psikotes berlangsung.

Tes laporan inventori kepribadian ini terdiri atas 90 pasang pertanyaan pendek yang berhubungan dengan situasi kerja. Menyangkut 20 aspek kepribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang, yakni :

  1. Leadership : Leadership role (L), Need to control others (P), Ease in decision making (I)
  2. Work Direction : Need to finish task (N), Hard intense worked (G), Need to achieve (A)
  3. Activity : Pace (T), Vigorus type (V)
  4. Social Nature : Need for closeness and affection (O), Need to belong to groups (B), Social extension (S), Need to be noticed (X)
  5. Work Style : Organized type (C), Interest in working with details (D), Theoretical type (R)
  6. Temperament : Need for change (Z), Emotional resistant (E), Need to be forceful (K)
  7. Followership : Need to support authority (F), Need for rules and supervision (W)

Kelebihan dan Kekurangan Tes Minat Bakat PAPI Kostick

Berikut beberapa kelebihan Tes PAPI Kostick yang perlu kamu ketahui agar dapat menggunakan tes ini dengan bijak.

Kelebihan Tes PAPI Kostick

  • Menggunakan format forced choice pada pasangan-pasangan pernyataan setara.
  • Hasilnya sulit untuk dimanipulasi.
  • Memiliki item yang pendek dan ringkas.
  • Menggunakan interpretasi logik yang spesifik sehingga dapat dipahami dengan mudah dan jelas oleh pelaksana teks ataupun penguji tes.
  • Dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi karyawan lantaran bisa menggambarkan administration stylesnya.
  • Dapat digunakan oleh 2 orang atau lebih untuk mengetahui hubungan atasan dan bawahan sera mengembangkan solusi interpersonal.
  • Laporan hasil tes PAPI Kostick disampaikan dalam bentuk visual, yang berupa cakram. Bentuk laporan ini tentu saja akan mempermudah pengguna membaca dan memahami hasil tes, serta mengenali potensi dirinya secara komprehensif.
  • Dapat digunakan untuk mengukur psychological needs sekaligus.
  • Memberikan hasil analisa yang utuh dan menjadi satu dinamika kepribadian yang utuh.

Kekurangan Tes PAPI Kostick

Selain kelebihan yang telah disebutkan diatas, terdapat beberapa kelemahan tes PAPI Kostick seperti berikut ini:

  • Proses koringnya membutuhkan kejelian dan ketelitian agar hasilnya akurat.
  • Karena ada banyak pernyataan yang diulang-ulang, para peserta tes kemungkinan besar akan bosan atau merasa jenuh saat mengerjakan tes ini.
  • Lembar jawaban tes PAPI Kostick ini dinilai sedikit membingungkan.

Prosedur Skoring dalam Tes Minat Bakat PAPI Kostick

  • Untuk menghitung skor peran (role) dilakukan dengan cara menjumlahkan anak panah yang telah dilingkari. Baik yang posisinya horizontal ataupun vertikal sesuai dengan tanda arah panahnya. Kemudian, penguji menulis jumlah skor masing-masing pada kotak skor yang berada di bawah huruf (G, L, I, T, V, S, R, D, C, E) yang tersedia dalam lemar jawab. Menghitung jumlah skor pada seluruh kotak papan peran “role” secara horizontal dan seluruh jumlah skornya harus berjumlah 45.
  • Untuk menghitung skor kebutuhan (need) dilakukan dengan cara menjumlahkan anak panah yang telah dilingkari. Baik yang posisinya horizontal ataupun vertikal sesuai dengan tanda arah panahnya. Kemudian, penguji menulis jumlah skor masing-masing pada kotak skor yang berada di bawah huruf (N, A, P, X, B, O, Z, K, F, W) yang tersedia dalam lemar jawab. Menghitung jumlah skor pada seluruh kotak skor kebutuhan “needs” secara vertikal dan seluruh jumlah skornya harus berjumlah 45.
  • Memindahkan setiap skor yang ada di lembar jawaban ke lembar scoring sesuai dengan tiap huruf dalam “role” dan “need”. Dilakukan dengan cara melingkari angka dalam lingkaran.
  • Membuat garis penghubung antara angka 1 dengan angka lain sehingga terbentuk diagram pada lembar psikogram yang telah tersedia.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.