logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Anda sebagai seorang recruiter tentu saja mendengar istilah psikotes bukanlah suatu hal yang asing. Psikotes memang berfungsi sebagai rangkaian proses rekrutmen

Manfaat tes psikologi online untuk perusahaan ternyata sangat banyak. Anda sebagai seorang recruiter tentu saja mendengar istilah psikotes bukanlah suatu hal yang asing. Psikotes memang berfungsi sebagai rangkaian proses rekrutmen.

Umumnya, kandidat yang sudah lolos screening CV oleh recruiter nantinya akan lanjut pada tahap psikotes kemudian baru wawancara. Meskipun begitu tidak semua perusahaan menggunakan tes psikotes dalam proses rekrutmen karyawan.

Era modern seperti sekarang ini nyatanya, kita dipermudah untuk melakukan banyak hal. Salah satunya adalah psikotes. Sebagai manusia pada umumnya mungkin kita berpikir bahwa tes psikologi hanya bisa kita lakukan secara konvensional. Walaupun begitu terdapat beberapa perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi ataupun situs untuk melakukan tas tersebut secara online.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa melakukan tes psikologi bukanlah suatu hal yang mudah. Nyatanya juga terdapat beberapa persiapan yang harus kita siapkan sebelum melakukannya. Apalagi ketika Anda adalah seorang calon karyawan bagi suatu perusahaan tertentu. Mungkin banyak pelamar kerja di perusahaan tersebut yang bertanya sebenarnya apa sih manfaat melakukan tes psikotes bagi perusahaan?

Manfaat Tes Psikologi Online untuk Perusahaan Anda

Psikotes sendiri adalah salah satu dari rangkaian proses rekrutmen pegawai. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tes psikologi ini akan dilakukan setelah calon karyawan lulus skrining kurikulum vitae. Psikotes juga sangat penting untuk melakukan analisis serta mengetahui potensi serta kemampuan calon karyawan Anda.

Setelah melakukan tes tersebut tujuannya agar perusahaan bisa mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan posisi ataupun jabatan. Bagi Anda para calon karyawan yang masih suka bertanya-tanya manfaat apa yang akan didapatkan perusahaan apabila dalam proses rekrutmen mengadakan tes psikologi, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Sistemnya Lebih Efisien

Pertama, manfaat aspek psikologi online untuk perusahaan adalah sistem tes tersebut lebih efisien. Menyebabkan pekerjaan merekrut pegawai menjadi lebih efisien karena adanya aplikasi online. 

Kandidat nantinya bisa membaca serta memahami instruksi serta bagaimana cara menjawab tes tersebut secara mandiri. Nantinya juga, kandidat tersebut bisa menentukan secara pribadi apakah benar-benar sudah memahami instruksi atau belum.

Karena jika mereka sudah memahami maka mereka juga akan melanjutkan pada soal ataupun ingin membaca interaksi secara berulang-ulang. Kemudian nantinya pihak perusahaan juga dapat mengawasi pelaksanaan tes melalui sistem.

Sehingga penggunaan aplikasi dalam melakukan tes psikologis akan sangat praktis. Rekrutmen juga akan lebih mudah dalam memantau melalui sistem serta pada waktu yang sama dapat mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Apalagi meskipun secara online, tes tersebut bisa dilakukan secara berjamaah.

Human Error

Selanjutnya, manfaat tes psikologi online untuk perusahaan adalah untuk mengurangi risiko human error.

Dalam melakukan tes psikotes secara offline, dengan adanya jumlah kandidat yang banyak, risiko human error ternyata sangatlah besar. Sebagai seorang rekrutmen tentunya Anda akan merasa kelelahan dalam memberikan instruksi, pengawasan serta skoring.

Hal tersebut, sudah pasti akan membuat konsentrasi Anda semakin lama semakin menurun atau berkurang. Untuk itu, tes psikologi online yang sekarang ini sedang marak menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut.

Kandidat nantinya juga bisa membaca sendiri instruksi dalam teks tersebut. Sedangkan pengawasannya bisa melalui sistem bahkan hasilnya juga lebih cepat dan akurat karena adanya batuan sistem tersebut.

Fleksibel

Selain itu manfaat yang lainnya apabila Anda memilih melakukan tes psikologi secara online adalah, waktu pelaksanaannya itu lebih fleksibel.

Misalnya saja, saat recruiter mengalami bentrokan jadwal pekerjaan sehingga jadwal untuk melakukan tes psikologi calon karyawan harus tertunda. Karena sudah memilih melakukan secara online psikotes tersebut bisa dilakukan kapanpun menyesuaikan dengan jadwal waktu antara recruiter dengan calon pegawai.

Paling penting lagi, manfaat tes psikologi online ini juga benar-benar sangat menguntungkan. Sebab bisa dilakukan dari jarak jauh. Contohnya saja, apabila terdapat calon karyawan baru yang telat datang ke kantor, maka tes psikologi masih tetap bisa dilakukan karena tidak harus datang ke perusahaan.

Pemilihan tas online tersebut ternyata juga membantu menghemat biaya operasional dari perusahaan. Umumnya persikotas konvensional itu harus menggunakan kertas sebagai medianya. Sedangkan jika menggunakan atau memilih yang online hanya membutuhkan sistem yang lebih praktis serta mengurangi penggunaan biaya cetak dan kebutuhan lainnya.

Sangat banyak bukan manfaat tes psikologi online untuk perusahaan itu? Jadi bagi perusahaan Anda yang belum menerapkan adanya tes psikotes ketika rekrutmen, gunakan NS Development platform terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Artikel berhubungan: