logo PT Nirmala Satya Development
Vendor Psikotes Online

Manfaat vendor psikotes online dalam perekrutan karyawan di sebuah perusahaan yang pertama adalah untuk mengetahui profil dari calon karyawan.

Vendor psikotes online ternyata memiliki peranan penting dalam perekrutan karyawan pada suatu perusahaan. Bahkan dengan adanya psikotes online cukup menguntungkan dan efisien bagi perusahaan.

Psikotes online menjadi salah satu tahap lanjutan dalam proses perekrutan karyawan. Tahapan ini bertujuan untuk lebih memahami aspek psikologis kandidat. Sebagian besar perusahaan menerapkan jenis pengujian ini dalam proses perekrutan karyawan yang mereka selenggarakan.

Pada umumnya tahap psikotes melibatkan permintaan khusus dari para perekrut pada lembaga psikologi. Bisa juga memanfaatkan pengetahuan HR profesional yang mempunyai pengetahuan serta keahlian dalam bidang psikologi. Lalu apa saja manfaat psikotes online dalam proses perekrutan karyawan pada suatu perusahaan?

Manfaat Pentingnya Vendor Psikotes Online dalam Perekrutan Karyawan

Saat ini tes psikote semakin mudah diakses oleh masyarakat bahkan hanya dengan menggunakan perangkat HP saja. Banyak perusahaan yang menerapkan tes psikotes online, terutama dalam proses perekrutan karyawan.

Maka tidak heran jika banyak vendor psikotes yang menawarkan berbagai kelebihan dalam menyediakan layanan. Lalu seberapa pentingkah hadirnya vendor psikotes online dalam proses perekrutan karyawan tersebut?

Mengetahui Sisi Psikologis Calon Kandidat

Manfaat vendor psikotes online dalam perekrutan karyawan di sebuah perusahaan yang pertama adalah untuk mengetahui profil dari calon karyawan. Selanjutnya akan terkait dengan sisi psikologis dari calon karyawan tersebut.

Ini merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan untuk menghindarkan perusahaan dari orang-orang yang memiliki psikologi tertentu yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas karyawan di tempat kerja.

Mengukur Kecerdasan Calon Karyawan

Banyak sekali perusahaan yang menggunakan tes psikologi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan calon karyawan baik secara emosional, akal, hingga spiritual. Khususnya saat perusahaan sedang mencari calon karyawan untuk posisi tertentu.

Maka dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut akan menggunakan layanan vendor psikotes online yang terpercaya dan berpengalaman.

Sedangkan pada dasarnya seseorang yang hanya mengandalkan IQ tanpa menggunakan adanya EQ, hal ini tentu dapat berpengaruh terhadap produktivitas kinerja karyawan.

Memprediksi Kinerja Calon Karyawan

Dengan melakukan adanya tes psikologis mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Salah satunya adalah untuk memberikan gambaran terkait dengan kinerja kandidat pada sejumlah titik setelah bekerja.

Selain memanfaatkan vendor psikotes, perusahaan atau instansi bisa mengukur serta memproduksi kerja calon karyawan untuk masa depan. Perusahaan pun dapat lebih berhati-hati dan tidak akan salah pilih dalam memilih calon karyawan.

Mengenal Karakteristik serta Kepribadian

Selain dapat mengukur kecerdasan, kehadiran vendor psikotes juga memiliki peranan penting dalam mengenali karakteristik serta kepribadian dari calon karyawan.

Dari hasil psikotes online kita akan mengetahui bagaimana seseorang dalam menangani suatu masalah, menghadapi suatu kasus, hingga mengetahui kemampuan problem saving dari calon karyawan tersebut.

Mengurangi Risiko Human Error

Manfaat penggunaan vendor psikotes online lainnya adalah dapat mengurangi adanya risiko human error. Pada saat melakukan psikotes online dengan kandidat dalam jumlah yang tidak sedikit, maka risiko terjadinya human error pun semakin besar.

Bahkan rekrutmen pun akan terasa sangat melelahkan baik dalam memberikan instruksi,mengawasi, atau saat melakukan skoring. Maka kehadiran tes psikologis ini dapat menekan terjadinya risiko tersebut. Para kandidat bisa membaca instruksi tes secara lebih mandiri.

Selain itu, pengawasan pun dapat dilakukan dengan menggunakan adanya sistem. Hasil tes akan lebih cepat serta akurat berkat penggunaan sistem. Hal ini tentunya perusahaan sangat terbantu dengan menggunakan proses psikotes rekrutmen dengan sistem online.

Memperkirakan Produktivitas Kerja Calon Karyawan

Produktivitas kerja adalah salah satu yang memiliki kaitan erat dengan efektivitas, juga kemampuan karyawan dalam menjalankan tugasnya.

Dengan demikian setiap HRD pada suatu perusahaan akan menempatkan calon karyawan baru pada posisi yang disesuaikan dengan keahlian, minat, serta bakatnya masing-masing.

Sehingga penggunaan tes psikotes online, menjadikan perusahaan jauh lebih mudah dalam menentukan posisi kerja karyawannya. Hal ini tentu akan berpengaruh ke produktivitas kinerja karyawan untuk perusahaan di masa depan.

Setiap perusahaan tentu sangat ingin menginginkan calon karyawan dengan kualitas yang baik kemajuan perusahaan. Dalam hal inilah vendor psikotes online memiliki peranan penting dalam perekrutan karyawan. Selain cukup fleksibel, layanan ini juga dapat menjadi hasil tes yang akurat dan terpercaya. 

Artikel berhubungan: