logo PT Nirmala Satya Development
Vendor Psikotes Online

Vendor psikotes online adalah layanan yang menyediakan tes psikotes berbasis perangkat digital dan sudah punya berbagai fitur.

Vendor psikotes online adalah layanan yang menyediakan tes psikotes berbasis perangkat digital. Psikotes online sendiri merupakan jenis tes mungkin dulunya jarang Anda temui meski sedang dalam proses seleksi pegawai ataupun perguruan tinggi.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan revolusi Industri 4.0, tes psikologis semakin banyak dijalankan secara berbasis online. Mengingat psikotes pasti dibutuhkan untuk proses seleksi pegawai, praktisi HR masih mempunyai pendapat berbeda dari sisi platform digunakan entah itu online dan offline.

Untuk beberapa praktisi HR lebih memilih menggunakan psikotes offline dalam kebutuhan seleksi. Akan tetapi psikotes online mempunyai kelebihan tersendiri. Misalnya sebagai contoh, psikotes online sangat aman diikuti oleh kandidat dan HR pada situasi pandemi. Psikotes online juga bisa mempersingkat waktu dan meningkatkan efektivitas cast yang dikeluarkan untuk rekrutmen.

Berbagai Keunggulan Menggunakan Vendor Psikotes Online

Vendor tes psikologi online hadir dengan banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan tes psikologi satu ini. Ya, tes ini adalah jenis tes yang bisa membantu semua orang guna menjadi pribadi yang bisa mengenali dirinya sendiri.

Kenapa begitu? Karena dengan mengikuti tes ini, seseorang bisa mengetahui potensi yang ada dalam diri sendiri dengan baik. Apakah bisa? Pasti bisa, sebab hasil dari tes ini menjadi dasar utama mengetahui minat bakat dalam diri masing-masing.

Tes psikologi ini adalah prosedur yang mempunyai tujuan guna mengukur perilaku serta potensi seseorang. Psikotes ini bisa diberikan banyak konteks dan untuk berbagai kebutuhan. Di sekolah sendiri, tes psikologi digunakan guna melihat potensi akademik siswa, minat, motivasi berprestasi, dan dan gaya belajar sesuai dengan diri mereka.

Tes psikologi bisa memberikan gambaran mengenai siswa tersebut secara keseluruhan. Mulai dari intelegensi, minat, bakat, dan kepribadian. Sementara di tempat kerja, psikotes juga mempunyai banyak fungsi.

Bukan hanya untuk melihat potensi dan kecocokan calon pegawai pada posisi yang dilamar ketika rekrutmen dilakukan. Psikotes juga bisa digunakan mengevaluasi serta melihat potensi seseorang gyna kenaikan jabatan.

Intip keunggulan menggunakan vendor psikotes online ketimbang melakukannya secara offline:

Alat Ukur Valid dan Reliabel

Validitas dan reliabilitas psikotes juga menentukan konsisten serta akurasi tes psikotes online. Jadi, unggulan pertama saat Anda menggunakan vendor tes psikotes online terpercaya yakni alat ukur yang reliabel.

Dimana alat ukur reliabel dapat mengukur suatu aspek dari kandidat secara konsisten. Tes dengan reliabilitas tinggi yang mempunyai hasil yang konsisten meskipun dilakukan di waktu berbeda atau dengan penguji tidak sama.

Validitas sendiri mengacu kemampuan tes untuk melakukan pengukuran tepat cermat dan akurat. Dimana tanpa harus dipengaruhi oleh aspek-aspek lain. Sebuah tes harus mempunyai akurasi tinggi guna mengukur sesuai dengan tujuan pengukuran.

Hadir dengan Fitur Lengkap

Pastinya vendor psikotes online memberikan fitur lengkap bagi para peserta calon tes. Dimana fitur-fitur tersebut mempunyai fungsi tersendiri. Semua fitur yang dihadirkan juga mudah digunakan.

Untuk fitur sendiri sudah tertata dengan rapi dan bagus. Jadi pengguna tidak kebingungan pada saat ingin mengakses fiturnya. Fitur tersebut antara lain adanya halaman karier, integrasi dengan Google Meet Zoom, integrasi dengan Email guna pengiriman hasil seleksi, dan ATS atau sering disebut dengan Applicant Tracking System.

Namun ada juga yang memberikan metode penilaian lain guna melengkapi hasil psikotes, seperti competency-based interview (CBI). Platform psikotes online yang mempunyai banyak fitur akan mempermudah pekerjaan tim rekrutmen dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan guna seleksi.

Akses Data dan Analisis Mudah

Sudah dipastikan jika vendor tes psikotes online menyediakan platform yang mudah diakses data dan analisisnya mudah. Hal ini pasti dibutuhkan oleh para HR guna mengumpulkan, menganalisis, danĀ  menginterpretasi data rekrutmen.

Untuk itu, ketika memilih platform psikotes online, Anda harus memastikan asesmen yang mudah diakses data kandidat, terutama data hasil tes. Jadi data hasil tes butuh dimiliki oleh praktisi HR guna bisa mengevaluasi persentase kandidat yang memenuhi kualifikasi.

Itu tadi kelebihan jika Anda menggunakan vendor psikotes online terbaik dan terpercaya. Untuk itu, Anda harus memilih platform dan aplikasi psikotes yang bagus sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Artikel berhubungan: