logo PT Nirmala Satya Development
Vendor Psikotes Online

Salah satu syarat utama aplikasi psikotes online adalah tools yang dipakai valid dan reliabel.

Memilih vendor psikotes online tentu tidak bisa Anda lakukan dengan asal. Tes psikologi atau lebih populer dengan sebutan psikotes adalah tes yang bisa menilai aspek individu seseorang secara psikis. Tes ini biasanya berupa ujian tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur peran kognitif dan emosional. Penggunaan tes ini bisa pada anak-anak maupun dewasa.

Umumnya untuk mengukur berbagai kemungkinan terhadap berbagai kemampuan secara mental dan segala hal yang menunjangnya. Bahkan, tak terkecuali prestasi, kemampuan, kepribadian, intelegensia, maupun fungsi neurologis. Aplikasi psikotes online bisa dilakukan untuk berbagai kebutuhan customer. Mulai dari rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak/siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, hingga kustomisasi desain dan modul dalam training/pelatihan. Salah satu tujuan dari psikotes yakni bisa menggambarkan kepribadian dari seseorang.

Psikotes dalam teknik seleksi memiliki kelebihan tersendiri daripada metode seleksi karyawan yang lainnya. Psikotes yang bermanfaat dalam memilih orang sesuai kemampuan. Selain itu, juga mengetahui alasan kegagalan pekerjaan menurut ciri-ciri kepribadian, dan menetapkan kerentanan pada kesalahan. Pastinya kelebihan ini tidak dijumpai dalam teknik seleksi yang lainnya.

Vendor Psikotes Online Menggunakan Tools yang Teruji

Vendor sebagai penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan bisnis, khususnya layanan psikotes online saat ini semakin menjamur. Tak heran, jika mengingat banyaknya yang menginginkan sebuah inovasi. Sehingga, para pebisnis bisa bertahan dalam perubahan trend pelaksanaan psikotes belakangan ini. Fakta ini meningkatkan kompetitifness pasar, baik bagi para vendor juga bagi para pengguna jasa yang harus semakin teliti dan berhati-hati dalam memilih.

Tools yang dimaksud yakni alat tes yang digunakan oleh vendor psikotes online. Sebagai vendor psikotes terbaik, alat tes yang digunakan tentu saja menjadi bagian yang sangat penting diperhatikan. Penggunaan alat tes yang disusun tidak berdasarkan keilmuan yang benar dan belum teruji, justru bisa berdampak terhadap hasil psikotes yang tidak valid.  Oleh karena itu, penggunaan alat tes sangat penting untuk diperhatikan saat memilih vendor psikotes online.

Selain itu, jumlah tools yang tersedia dari vendor psikotes online juga bisa menjadi catatan. Dalam pelaksanaan rekrutmen, biasanya akan membutuhkan beberapa alat tes. Misalnya seperti tes kognitif, tes sikap kerja hingga tes kepemimpinan. Namun bagi instansi seperti universitas atau sekolah, alat tes yang dibutuhkan sedikit berbeda. Jenis alat tes yang tersedia seperti tes untuk penjurusan atau tes minat, tes kepribadian, hingga tes klinis. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa vendor yang Anda pilih turut menyediakan kustomisasi alat tes yang bisa menjadi nilai plus.

Kini, NS Development yang menyediakan tools atau alat tes terpercaya yang telah teruji dan diteliti kembali. Sehingga, akan memperoleh data valid juga reliabel. Demikian pula, dengan jenis alat tes yang tersedia, seperti tes kognitif, tes sikap kerja, tes minat atau penjurusan, hingga alat tes lainnya seperti tes kepemimpinan, tes klinis hingga tes kepribadian.

Berikan Hasil yang Terpercaya

Meski pelaksanaan tes dilakukan secara online, namun tidak membuat psikotes online kehilangan validitas dan reliabilitasnya. Vendor psikotes online NS Development yang telah melalui uji coba dan validasi menurut standar pelaksanaan tes psikologi. Oleh karena itu, komputer tak lagi sekedar sarana dalam menilai tes, namun sudah menjadi bagian terpadu dari seluruh proses pelaksanaan psikotes. Baik itu sejak dari desain, administrasi hingga skoring.

Akomodasi akan kebutuhan praktisi SDM/HR untuk kemudahan proses asesmen, NS Development menjadi vendor layanan psikotes yang sudah menyediakan lebih dari 15 jenis tes psikologi. Alat tersebut membantu mengenali kepribadian, minat dan bakat, kecerdasan umum, gaya belajar serta ketahanan atau penampilan kerja.

NS Development memberikan hasil psikotes secara real time, terstandar dan bisa menyelaraskan kebutuhan perusahaan atau organisasi. Pastinya hasil psikotes yang bisa diakses langsung oleh para peserta. NS Development turut memfasilitasi perusahaan untuk melaksanakan job posting dan registrasi kandidat. Hal ini yang akan sangat membantu dan memudahkan kinerja HR.

Untuk itu, bagi sedang mencari vendor psikotes online, kini tak perlu khawatir lagi. Daftarkan segera perusahaan Anda di NS Development. Dapatkan pengalaman kemudahan menjalani psikotes online terstandar dan paling terpercaya.

Artikel berhubungan: