logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Kerja Online

Dengan menggunakan tes psikotes kerja online, perusahaan dapat menghemat anggaran, waktu, biaya dan sangat efisien dan efektif dalam pelaksanaan rekrutmen.

Tes psikotes kerja online seringkali diterapkan perusahaan untuk tahap seleksi. Tes ini sendiri berperan penting dalam mengetahui watak, kepribadian, maupun personality seseorang. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih mudah dalam menemukan karyawan sesuai yang dibutuhkan.

Manfaat Tes Psikotes Kerja Online

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan apabila menerapkan tes psikotes kerja. Mau tahu apa saja manfaat yang diberikan? Anda simak saja pembahasan di bawah ini sampai usai.

1. Efisien dan Efektif

Salah satu manfaatnya yaitu bisa memberi kesan lebih efisien dan efektif. Hal ini dikarenakan tes ini akan memberikan hasilnya secara otomatis, real time, dan cepat. Berbeda apabila tak menggunakan tes, maka penyeleksian karyawan akan berlangsung secara manual.

Jelas saja hal ini akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Terlebih lagi jika harus menyeleksi karyawan sampai ribuan, tentu akan sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

2. Mengukur Tingkat Kecerdasan

Tes psikotes juga bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam mengukur tingkat kecerdasan. Adapun kecerdasan yang dimaksud di sini ialah kecerdasan intelegensi, emosional, dan spiritual.

Perlu untuk Anda pahami bahwa kecerdasan tersebut sangat berperan penting apabila ingin menduduki posisi tinggi di perusahaan. Misalnya jabatan sebagai manager. Apabila hasilnya buruk, maka kurang beruntung untuk bisa mendapatkan posisi tersebut.

3. Membaca Kepribadian

Manfaat tes psikotes kerja online selanjutnya yakni memudahkan perusahaan dalam membaca kepribadian para pelamar. Apakah kepribadian yang dimiliki sesuai dengan perusahaan atau tidak.

Apabila tak sesuai, jelas tak bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Sementara kepribadiannya sesuai dengan perusahaan, maka berpeluang untuk menduduki jabatan yang dibuka.

Tak bisa dipungkiri bahwa kepribadian seseorang tidak akan mudah terlihat hanya dengan sekali pandang atau berkomunikasi sebentar. Oleh karena itu, tes ini jadi solusi terbaiknya. Kepribadian ini akan mempengaruhi kelancaran, sistem kerja, dan budaya perusahaan.

4. Meminimalisir Human Error

Penggunaan tes psikotes kerja Online juga memberikan manfaat untuk meminimalisir human error. Tak bisa disanggah apabila tim rekrutmen karyawan dapat melakukan kesalahan, baik itu disengaja ataupun tidak sengaja.

Misalnya saja kesalahan saat memberikan instruksi, mengawasi, maupun penilaian. Dengan demikian, hasil yang diberikan akan jauh dari kata akurat. Jika sudah begini, maka penyeleksian karyawan akan terasa kurang optimal.

Lain halnya jika menggunakan tes online. Hasilnya dijamin akurat dan cepat. Hanya saja, pastikan menggunakan software atau aplikasi besutan developer terpercaya. Hal ini bisa membuat perusahaan semakin untung.

5. Memperkirakan Performa

Manfaat lainnya yakni memudahkan perusahaan untuk memperkirakan performa pelamar kerja. Dengan memberlakukan tes untuk seleksi, perusahaan bisa tahu apakah pelamar tersebut mampu bekerja dalam tekanan atau tidak.

Begitupun dengan pekerjaan deadline. Bisakan pelamar kerja tersebut menyelesaikan pekerjaan sesuai batasan waktu yang diberikan atau tidak. Selain itu, perusahaan juga bisa memahami pelamar kerja sesuai untuk kerja tim atau individu.

Jangan sampai kesalahan dalam menyeleksi karyawan akan berdampak buruk terhadap kemajuan perusahaan. Disamping itu, pelamar kerja yang baru masuk jadi karyawan akan cepat mengundurkan diri sehingga ada kekosongan posisi lagi.

6. Memahami Potensi

Manfaat tes psikotes kerja online lainnya yaitu membantu perusahaan dalam memahami potensi pelamar kerja. Perlu untuk Anda pahami bahwa pelamar kerja dengan nilai IPK tinggi belum tentu cocok dengan kualifikasi dari perusahaan.

Semuanya tergantung dari pertimbangan perusahaan. Perusahaan akan memilih kandidat karyawan dengan potensi terbaik dan sesuai harapan. Tak mengherankan karena penyeleksian tersebut berpengaruh besar terhadap kelancaran usaha nantinya.

7. Hemat Anggaran

Manfaat yang satu ini jelas dirasakan oleh perusahaan. Pasalnya, perusahaan tak perlu membeli alat tulis kantor, upah tenaga ahli, maupun mencetak berkas.

Semua proses dilakukan secara online sehingga hanya membutuhkan perangkat dan koneksi internet. Perusahaan pun bisa menekan pengeluaran dengan baik.

Setelah mengetahui beragam manfaat tes psikotes kerja online bagi perusahaan di atas, terlihat jelas menguntungkan sehingga menarik diterapkan. Hasilnya juga praktis, cepat, dan akurat.

Tanpa harus keluar biaya tinggi, menguras tenaga, dan menyita waktu, perusahaan sudah bisa mendapatkan karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Adanya tes psikotes kerja online terbukti menguntungkan bagi perusahaan.

Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi psikotes online yang merupakan aplikasi psikotes terbaik di Indonesia adalah NS Development. Tersedia puluhan alat tes psikologi dalam aplikasi NS Development yang telah siap digunakan. Aplikasi psikotes online NS Development tersedia dalam bentuk aplikasi android maupun website, sehingga memudahkan akses. Akses psikotes dapat dengan menggunakan laptop, komputer, tablet ataupun mobile phone.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Anda dapat mengunjungi langsung dengan mengklik tautan Aplikasi Psikotes Online.

Artikel berhubungan: