Siapa yang Berhak Melakukan Tes Psikologi?

Dilihat dari penyelenggaraan tes, ada diagnose psikologi yang mungkin dapat dilakukan oleh bukan ahli psikologi, atau orang yang tidak mendapat pelatihan dan pendidikan khusus untuk itu.
Tes Psikologi
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Jawaban untuk pertanyaan siapa yang berhak melakukan tes/diagnosa psikologi merupakan sebuah pertanyaan yang harus dijawab. Karena hingga saat ini (tahun 2022), aturan hukum mengenai hal ini belum ada. Walaupun aturan hukumnya belum diatur secara perundang-undangan, kewenangan mengenai tes psikologi sudah diatur dalam kode etik psikologi dari HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Dilihat dari penyelenggaraan tes, ada diagnose psikologi yang mungkin dapat dilakukan oleh bukan ahli psikologi, atau orang yang tidak mendapat pelatihan dan pendidikan khusus untuk itu. Tetapi ada yang benar-benar harus dilaksanakan oleh ahli yang kompeten untuk hal itu dan mereka mendapat pendidikan khusus. Seharusnya pemeriksaan psikologi ini dilaksanakan di bawah supervisi seorang ahli atau oleh ahli yang bersangkutan (Sumadi Suryabrata, 1971).

Ditinjau dari segi penggunaannya, diagnosa psikologi dan penyelenggaraannya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Diagnosa untuk keperluan pelatihan/pendidikan

Diagnosa untuk tujuan ini diselenggarakan khusus untuk bidang Pendidikan psikologi untuk memperoleh keterampilan diagnostik. Masalahnya tidak hanya sekedar tahu atau tidak tahu, tetapi lebih daripada itu, juga masalah bisa atau tidak bisa menyelenggarakannya. Karena itu Latihan untuk tujuan ini sangat penting.

Diagnosa mengenai prestasi belajar

Diagnosa untuk tujuan ini diselenggarakan untuk melihat sejauh mana penyelenggaraan pendidikan telah mencapai hasil seperti yang diharapkan. Untuk itu diperlukan pengujian dengan melalui seperangkat tes prestasi. Para pendidik dapat merancang dan menggunakannya untuk keperluan ini. Tetapi bila dalam pemeriksaan nampak adanya gejala kelainan/penyimpangan, maka seyogyanya kasus ini diserahkan kepada ahli yang lebih berwenang untuk menanganinya. Kasus semacam ini banyak ditemukan dalam ruang lingkup bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan.

Diagnosa dengan menggunakan tes psikologi

Untuk tujuan ini penyelenggaraan tes tidak diperkenankan dilakukan oleh sembarangan orang, melainkan harus dikerjakan oleh ahli psikologi atau mereka yang mendapat pendidikan dan pelatihan khusus untuk itu. Tes psikologi sebagai alat diagnostik manfaatnya sangat tergantung dari siapa yang menggunakan dan bagaimana tes tersebut digunakan. Di tangan seorang ahli yang berwenang untuk itu, tes psikologi akan sangat bermanfaat. Tetapi di tangan mereka yang bukan ahli, tes ini mungkin akan mendatangkan bahaya.

Kouwer membatasi kewenangan menyelenggarakan tes psikologi berdasarkan tiga fungsi pemeriksaan psikologi, yaitu:

a. Pemeriksaan dengan tujuan memprediksi

Syarat utama untuk pemeriksaan ini adalah pelaksanaan yang eksak dan terkontrol. Pada prinsipnya semua orang yang mengetahui prinsip ini dapat menyelenggarakan tes untuk tujuan ini. Jadi dilakukan oleh administrator tes, tetapi untuk interpretasi tes sebaiknya dilakukan oleh ahli psikologi.

b. Pemeriksaan dengan tujuan mendeskripsikan

Nilai dari tes ini terletak sepenuhnya pada interpretasinya, artinya terletak pada analisis psikologi tentang hasil tes. Oleh karena itu, syarat yang esensial adalah menguasai sepenuhnya teori kepribadian dan arti diagnostik dari materi tes yang digunakan. Untuk tujuan ini seorang ahli psikologi-lah yang berkompeten menyelenggarakan pemeriksaan tersebut.

c. Pemeriksaan dengan tujuan terapi

Syarat untuk memakai material tes dalam tujuan ini harus dilatarbelakangi oleh pengetahuan psikologi yang khusus dan pengetahuan tentang terapi. Untuk berhasil dalam tujuan tes ini, ahli terapi harus mengerti secara mendalam tentang arti, syarat-syarat dan sifat-sifat materi tes tersebut.

Beberapa jenis tes dalam penyelenggaraannya tidak terlalu menuntut keahlian psikologi tertentu, jadi dapat diselenggarakan oleh administrator tes yang cukup cekatan melalui pelatihan yang sederhana. Tetapi cukup banyak pula tes psikologi yang tidak dapat dilaksanakan oleh administrator tes, seperti misalnya jenis tes dengan teknik projektif (Sumardi Suryabrata, 1971).

Kompetensi penggunaan alat tes berkaitan erat dengan tingkatan atau level kompleksitas pada alat tes itu sendiri. American Psychological Association (APA) telah mengkategorikan alat tes psikologi ke dalam tiga level sebagai berikut:

Level A

Level ini mencakup alat tes yang dapat di administrasikan, diskor dan diinterpretasikan dengan bantuan manual. Tes jenis ini dapat dipergunakan dan diinterpretasikan oleh nonpsikolog yang memiliki rasa tanggung jawab, seperti eksekutif business dan kepala sekolah.

Penggunaan tes-tes level A memerlukan kursus tingkat advance ataupun lulusan sarjana dari universitas terakreditasi, atau pelatihan yang setara di bawah pengarahan supervisor atau konsultan yang qualified.

Contoh dari alat tes ini adalah tes vocational dan pencapaian akademik, sebagian besar inventori minat, dan tes-tes pilihan ganda yang menggunakan pengukuran sederhana dalam penginterpretasiannya, baik individual maupun kelompok.

Level B

Penggunaan alat tes level ini memerlukan latar belakang training khusus dalam pengadministrasian, skoring, dan interpretasi. Alat-alat tes pada level ini lebih kompleks daripada level A dan memerlukan pemahaman tentang prinsipprinsip psikometri, sifat-sifat yang diukur, dan bidang keilmuan dimana alat tes tersebut digunakan (misalnya pendidikan, klinis, konseling).

Alat tes ini dapat dipergunakan oleh mereka yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat lanjut dalam bidang testing dari universitas atau institusi yang terakreditasi, atau telah memperoleh training yang setara dibawah pengawasan psikolog. Paling tidak, pengguna alat tes ini harus telah mengikuti pelatihan yang tepat tentang prinsip-prinsip psikometri (reliabilitas, validitas, konstruksi tes) dan memiliki pengalaman yang terkontrol dalam pengadministrasian, penyekoran, dan penginterpretasian alat-alat tes tersebut.

Tes-tes level B umumnya mencakup sebagian besar tes prestasi atau minat individual atau kelompok, inventori screening, dan tes personal. Contoh alat tes kategori ini adalah tes bakat dan tes inventory kepribadian untuk populasi normal.

Level C

Level C merupakan kategori yang paling ketat dan mencakup tes-tes dan alat bantu yang membutuhkan pelatihan dan pengalaman dalam pengadministrasian, penyekoran, dan penginterpretasian. Alat tes kategori ini memerlukan pemahaman yang substansif tentang testing. Penggunaan alat tes kategori ini membutuhkan pelatihan dalam bidang profesional khusus dimana tes ini digunakan (misalnya psikologi sekolah, klinis, atau konseling). Secara khusus, tes kategori ini hanya dapat dipergunakan oleh mereka yang memperoleh pendidikan minimum, master di bidang psikologi atau bidang-bidang yang berkaitan. Juga diperlukan verifikasi tentang ijin atau sertifikat sebagai psikolog.

Tes-tes level C umumnya mencakup beberapa tes diagnostik klinis, kepribadian, bahasa, atau bakat, baik kelompok maupun individual. Sebagai contoh, yang termasuk instrumen kategori ini adalah tes kecerdasan individu, tes proyektif, dan tes battery neuropsikologi.

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Aplikasi Psikotes Online

Beberapa Hal Mengenai Tes Psikotes dan Aplikasi Psikotes Online

Ada banyak sekali jenis tes psikotes yang mungkin akan kamu temui selama proses seleksi kerja ataupun proses seleksi universitas. Jika dul ...

Aplikasi Psikotes Online

Tips Memilih Aplikasi Psikotes Online Terbaik

Apakah anda sudah pernah mencoba aplikasi tes psikotes online. Bagaimana? Apakah menurut anda aplikasi tersebut berguna atau justru dinila ...

Aplikasi Psikotes Online

Rekomendasi Aplikasi Psikotes Online Terbaik yang Bisa Anda Coba!

Untuk menentukan minat dan bakat, karir, ataupun kemampuan dan potensimu. Anda bisa mencoba beragam tes psikotes. Nah, di zaman yang serba ...

Jasa Psikotes Online

Keunggulan NS Development Selaku Penyedia Jasa Psikotes Online

Psikotes online adalah proses penyelenggaraan tes psikologi yang dilakukan secara online dengan harga cukup terjangkau dan bisa dikerjakan ...

Tes Psikotes

Jenis Tes Psikotes yang Sering Digunakan dalam Proses Seleksi Karyawan

Ketika kamu tengah melamar kerja dan mengikuti seleksinya, kamu mungkin akan dihadapkan dengan berlembar-lembar halaman soal yang berisika ...

Psikotes Online

Vendor Psikotes Online, NS Development Rekomendasi Psikolog

Vendor psikotes Online di Indonesia dengan layanan psikotes memang sedang ...

Web Psikotes Online

NS Development, Web Psikotes Online Terpercaya

Sebagi salah satu website penyedia layanan aplikasi psikotes online, NS Development kini dapat diakes untuk keperluan B2B (Business to Bus ...

Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi Psikotes Online NS Development, Ini Kelebihannya!

Aplikasi psikotes online kini menjadi banyak pilihan untuk digunakan karena sangat memudahkan dalam pelaksanaan tes psikologi. Tes psikolo ...

Tes Kepribadian Online

Tes Kepribadian Online untuk Seleksi Kerja Menjadi Hal Penting

Tes kepribadian online untuk seleksi kerja ternyata juga menjadi hal yang penting. Zaman pandemi seperti sekarang ini melakukan proses rec ...

Tes Kepribadian Online

Jenis Tes Kepribadian Online untuk Mengetahui Karakter Diri

Tes kepribadian online saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari kepentingan rekrutmen karyawan perusahaa ...

Tes Kepribadian Online

Tes Kepribadian Online untuk Mengetahui Kepribadian Lebih Mudah

Tes kepribadian online bisa memudahkan banyak orang untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki untuk mempermudah berbagai proses. Melakuan ...

Tes Kepribadian Online

Pahami Cara Memilih Platform Tes Kepribadian Online yang Cocok

Saat ini tes kepribadian online banyak diterapkan. Apalagi bagi perusahaan ...

Tes Kepribadian Online

Manfaat Mengikuti Tes Kepribadian Online untuk Diri Sendiri

Tes kepribadian online kini banyak digunakan digunakan dalam proses seleksi calon pegawai baru suatu suatu perusahaan karena lebih mudah. ...

Tes Psikologi Online

Manfaat Tes Psikologi Online untuk Perusahaan

Manfaat tes psikologi online untuk perusahaan ternyata sangat banyak. Anda ...

Tes Psikologi Online

Jenis Tes Psikologi Online Dalam Bimbingan Konseling, yang Wajib untuk Dipelajari

Ternyata ada berbagai jenis tes pikologi nnline dalam bimbingan konseling yang mungkin belum banyak Anda ketahui ...

Tes Psikologi Online

Cara Mudah Lulus Tes Psikologi Online, Ikuti Langkah-langkah Ini!

Kemudahan dalam mengakses internet, adanya teknologi yang meningkatkan kapasitas guna menampilkan bank soal seca ...

Tes Psikologi Online

Jenis Soal Tes Psikologi Online untuk Proses Recruitment

Tes psikologi online di dalam proses recruitment karyawan memang m ...

Tes Psikologi Online

Kelebihan Tes Psikologi Online dan Akurasi Hasil Tesnya

Tes psikologi (psychological test) merupakan salah satu metode yan ...

tes psikologi online

Berbagai Jenis Tes Psikologi Online dan Tips untuk Menghadapinya!

Tes psikologi online sudah sangat umum digunakan saat ini. Banyak orang yang lebih memiliki melakukan psikotes s ...

Tes psikologi online

Tips Memilih Tes Psikologi Online, Jangan Sampai Salah!

Tes psikologi online kini banyak digunakan untuk berbagai keperluan salah s ...

Tes Psikologi Online

Pentingnya Memilih Vendor Tes Psikologi Online yang Terpercaya

Saat akan memilih vendor tes psikologi online perlu Anda lakukan dengan hat ...

Tes Psikologi Online

Manfaat Tes Psikologi Online, Mengetahui Potensi Diri Sendiri

Saat ini, dengan mudahnya kita dapat mengetahui potensi diri sendiri. Salah ...

Tes Psikologi Online

Contoh Tes Psikologi Online, Penasaran Seperti Apa Jawabannya?

Tes psikologi online bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan Anda. Tes ini biasanya dilakukan sebel ...

Tes Psikologi

Siapa yang Berhak Melakukan Tes Psikologi?

Jawaban untuk pertanyaan siapa yang berhak melakukan tes/diagnosa psikologi merupakan sebuah pertanyaan yang harus dijawab. Karena hingga ...

Lembaga Psikotes Online

Lembaga Psikotes Online NSD Jawaban Media Integrasi Branding Produk Perusahaan

Sebagai lembaga psikotes online multi talenta nomor wahid di Indonesia, PT Nirmala Satya Development sudah diandalkan oleh beberapa perusa ...

lembaga Psikotes Online

Lembaga Psikotes Online NSD, Beri Hasil Tes Psikologi Cepat dan Akurat

Tes Psikologi Online memang sangat dibutuhkan dalam aspek dunia kehidupan. ...

lembaga psikotes online

Cari Lembaga Psikotes Online dengan Fitur Lengkap? NSD Jadi Solusi!

Keberadaan lembaga psikotes saat ini sudah menjadi kebutuhan. Salah satu lembaga psikotes online yang sudah dike ...

lembaga psikotes online

Lembaga Psikotes Online dengan Jangkauan Seluruh Indonesia

Psikotes memiliki tujuan yang sangat penting yakni untuk mengetahui potensi ...

Lembaga Psikotes Online

Lembaga Psikotes Online NS Development, Banyak Alat Tes Online!

Salah satu lembaga psikotes online yaitu NS Development adalah salah satu l ...

Tes Psikologi Online

Tes Psikologi Online di NS Development Berikan Hasil Cepat dan Tepat!

Tes Psikologi Online sangat dibutuhkan di dalam aspek kehidupan. Jenis tes ini juga memiliki beragam manfaat unt ...

Tes psikologi online

Nikmati Kemudahan Tes Psikologi Online Bersama NS Development

Mengikuti perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi, tes psikologi (psikotes) yang dulu hanya dilaksan ...

Tes Psikologi Online

Tes Psikologi Online dengan NS Development Berikan Banyak Manfaat

Saat ini untuk melakukan tes psikologi online dapat melalui NS Development. Jasa psikotes online NS Development ...

Situs Psikotes Online

Pentingnya Situs Psikotes Online NS Development dan Manfaatnya

Keberadaan situs psikotes online kini sangat penting, sebab ini akan sangat membantu calon peserta dengan mudah. ...

Situs Psikotes Online

Situs Psikotes Online di NS Development Bantu Tentukan Jurusan Kuliah

Situs Psikotes Online ternyata tidak hanya bertugas membantu para perusahaa ...

jasa psikotes online

Jasa Psikotes Online NS Development dan Keunggulannya

Jasa psikotes online memang lebih banyak menarik perhatian dengan banyak kelebihan yang dimilikinya. Ada banyak jasa seperti ini, yang ten ...

Hakikat Tes Psikologi

Hakikat Tes Psikologi

Tes psikologi merupakan instrument yang dibuat untuk mengukur konstruk yang tidak teramati (unbob- served construct), juga dikenal dengan ...

Sejarah Perkembangan Tes Psikologi

Sejarah Perkembangan Tes Psikologi

Tes psikologi sebenarnya telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu, terbukti dengan adanya ujian pada pegawai negeri di Cina pada tahun ...

Penggolongan Tes Psikologi

Penggolongan Tes Psikologi

Menurut Cronbach (Sukardi, D.K., 1997) tes psikologis yang bertujuan untuk mengukur variabel-variabel yang berhubungan dengan psikologis ( ...

Psikotes Online Free

Tes Psikotes Online Free Untuk Anda

Saat ini telah beredar banyak tes psikotes online yang bermunculan diinternet. Tetapi dari sekian banyak situs yang menyediakan free onlin ...

Tujuan Tes Psikologi

Tujuan Tes Psikologi

Tes Psikologi sebagai salah satu Metode dari Psikodiagnostik, mempunyai tujuan untuk mengadakan Klasifikasi, Deskripsi, Interpretasi dan P ...

Fungsi Psikotes

Fungsi Psikotes dan Manfaatnya yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin anda sudah sering mengikuti psikotes. Karena penggunaan psikotes sangat luas, baik didunia Pendidikan, Industri maupun untuk tujua ...

Pengertian Psikotes

Pengertian Psikotes

Psikotes adalah tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi ...

Cara Mengikuti Psikotes Online

Cara Mengikuti Psikotes Online

Tes Psikotes Online tersedia di Platform NS Development. Anda dapat mengikuti psikotes baik untuk keperluan seleksi kerja, maupun untuk id ...

Tes Psikotes Online

Tes Psikotes Online yang Tersedia di Indonesia

Dengan berkembangannya teknologi dan jaringan internet yang begitu massif di Indonesia, sehingga mempengaruhi pertumbuhan bermacam-macam a ...

Tes Psikotes Online

Industri Pengembangan Alat Tes Psikotes Online

Perkembangan tes psikologi, termasuk tes psikotes online, di beberapa negara lain terjadi dengan dukungan tradisi ilmiah yang kuat. Ada be ...

Aplikasi Tes Psikotes Online

Syarat Aplikasi Tes Psikotes Online Memenuhi Kriteria Terpercaya

Dengan kemudahan dan fitur-fitur yang diberikan, sebuah tes psikotes online harus memenuhi beberapa kriteria agar dapat dipercaya, memberi ...

Tes Psikotes Online

Mengenali Lebih Dalam Tes Psikotes Online

Sebelum berbicara lebih dalam dalam mengenai tes psikotes online, kita pahami definisi tes psikotes. Tes Psikotes sama dengan tes lainnya, ...

Tes Psikologi Online

Tes Psikologi Online

Kehadiran tes psikologi online saat merupakan sebuah keharusan, dimana perkembangan zaman sudah berubah, dari psikotes dengan paper base m ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.