logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Perlu Anda ketahui juga, bahwa 75% proses seleksi kerja karyawan baru itu akan terjadi bad hiring. Sehingga, tingginya biaya yang anda keluarkan untuk perekrutan yang buruk Tetapi tingkat keluar masuk karyawan tersebut justru tidak jelas. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang besar dan ternama Anda harus selalu melakukan peningkatan kualitas serta dari proses seleksi kerja tersebut.

Tes kepribadian online untuk seleksi kerja ternyata juga menjadi hal yang penting. Zaman pandemi seperti sekarang ini melakukan proses recruitment pegawai baru ternyata susah-susah gampang. Apalagi terdapat kendala untuk melakukan kegiatan dari rumah saja. Meskipun begitu, bukan menjadi hal yang baru apabila dalam proses rekruitmen pegawai tersebut seringkali proses terasa seperti tebak-menebak. Bagaimana maksudnya? Biasanya setelah calon Pegawai selesai melakukan skrining kurikulum vitae dan wawancara, nantinya masih akan ada sesi melakukan tes kepribadian online.

Mungkin menurut Anda tes tersebut tidak begitu memberi dampak besar. Tetapi siapa sangka, tanpa kita sadari tes tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap perusahaan serta di mana Anda akan ditempatkan. Jabatan apa yang cocok untuk Anda dalam melamar di sebuah perusahaan. Setelah melakukan tes kepribadian tersebut, juga mempermudah HRD untuk menentukan jabatan apa atau posisi apa yang cocok untuk Anda.

Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi para karyawan baru. Karena dengan demikian itu mereka bisa mendapatkan jabatan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Jadi, tidak ada unsur memaksa atas jabatan tersebut.

Pada kenyataannya juga karyawan baru itu memilih untuk berhenti setelah 6 bulan. Alasannya adalah mereka menyadari bahwa posisi yang mereka dapatkan sekarang ini tidak cocok. Dengan demikian, hal tersebut juga akan berdampak negatif pada perusahaan.

Tes Kepribadian Online untuk Seleksi Kerja Penting

Perlu Anda ketahui juga, bahwa 75% proses seleksi kerja karyawan baru itu akan terjadi bad hiring. Sehingga, tingginya biaya yang anda keluarkan untuk perekrutan yang buruk Tetapi tingkat keluar masuk karyawan tersebut justru tidak jelas. Oleh karena itu, sebagai perusahaan yang besar dan ternama Anda harus selalu melakukan peningkatan kualitas serta dari proses seleksi kerja tersebut.

Jika mengacu pada kenyataan tersebut, berarti perusahaan juga harus selalu melakukan inovasi guna meningkatkan kualitas ketika melakukan seleksi. Bukan hanya mengandalkan kurikulum vitae serta hasil wawancara saja. Tetapi anda juga harus menggali lebih dalam kemampuan serta kepribadian dari calon kandidat tersebut.

Nah, sedangkan Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui serta menggali kemampuan calon karyawan tersebut adalah dengan melakukan tes kepribadian. Banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan tes kepribadian itu hanya bisa dilakukan secara offline. Tapi pada kenyataannya sekarang ini teknologi digital sudah lebih maju sehingga kita dipermudah untuk melakukan tes kepribadian online untuk seleksi pekerjaan.

Menambahkan tes kepribadian ketika proses seleksi pegawai juga akan membantu memberikan gambaran mengenai kecenderungan kandidat tersebut ketika bersikap. Menyesuaikan kandidat dalam diri dengan cepatnya bahkan menyesuaikan juga dengan situasi serta kondisi perusahaan pada saat itu. Sebenarnya fungsinya bukan hanya itu saja. Masih banyak fungsi yang lainnya.

Nilai Kecocokan Karyawan dengan Culture Perusahaan

Manfaat tes kepribadian untuk seleksi kerja adalah menilai kecocokan karyawan dengan kultur perusahaan Anda. Menentukan apakah kandidat tersebut sesuai dengan kebudayaan pada perusahaan. Sehingga Anda bisa mengetahui gambaran umum mengenai bagaimana kondisi tersebut bertindak apabila sudah bekerja nantinya.

Ketentuan budaya yang positif antara karyawan dengan perusahaan nantinya juga akan memicu terjadinya peningkatan produktivitas individu, tim, serta perusahaan.

Seperti penjelasan sebelumnya juga, bahwa fungsi melakukan tes kepribadian ketika proses rekrutmen pegawai adalah untuk menentukan kecocokan kandidat dengan job dan tim. Hasil melakukan tes kepribadian tersebut bisa mengungkapkan Apakah karyawan baru tersebut cocok dengan posisi serta timnya. Bukan hanya sekedar kemampuan serta keterampilan saja. Melainkan juga cara mereka berpikir dan bagaimana mereka mendapat memecahkan masalah serta mengambil keputusan.

Tingkatkan Kualitas dan Retensi Karyawan

Sama seperti halnya Anda dalam mempekerjakan kandidat yang tepat di perusahaan. Menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk bisa mempertahankan karyawannya. Cara yang biasanya dilakukan perusahaan tersebut untuk mempertahankan karyawan adalah dengan memberikan kenyamanan semaksimal mungkin pada bidang pekerjaan serta sosial.

Seorang karyawan yang tidak mempunyai kecocokan dengan pekerjaannya umumnya juga akan memperlihatkan kinerja yang tidak baik. Sehingga mereka itu mempunyai kemungkinan besar untuk berhenti. Sedangkan seperti yang sudah kita ketahui juga, kalau Mencari Pengganti karyawan itu bisa menghabiskan biaya dan memakan waktu. Tetapi dengan adanya tes kepribadian online untuk seleksi kerja akan membantu pengeluaran perusahaan Anda.

Prediksi Kesuksesan

Alasan lain mengapa perlu melakukan tes kepribadian online untuk seleksi kerja adalah, membantu memprediksi kesuksesan role di masa depan. Faktanya juga tes kepribadian itu terbukti bisa menilai kecenderungan perilaku kandidat pada lingkungan pekerjaan serta memungkinkan Anda untuk bisa memahami mereka. Apakah mereka itu benar-benar bisa mengisi posisi dengan sebaik mungkin atau tidak.

Bagi Anda seorang HR di perusahaan yang masih bingung memilih platform untuk melakukan tes kepribadian online untuk seleksi kerja. Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini terdapat platform terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia. Gunakan saja NS Development yang memang sudah sejak dulu menjadi andalan.

Artikel berhubungan: