logo PT Nirmala Satya Development
Tes EPPS Online

Tes EPPS adalah tes yang disajikan untuk mengukur kepribadian seseorang dan telah dikonversi dalam sebuah aplikasi psikotes.

Tes EPPS adalah tes yang disajikan untuk mengukur kepribadian seseorang dan telah dikonversi dalam sebuah aplikasi psikotes. Salah satu cabang psikotes ini berdasarkan pada motif dan kepentingan peserta tes. Meski tidak sepopuler tes psikologi lain seperti Wartegg dan Pauli, namun keberadaan EPPS dianggap cukup umum dan kredibel.

Orang yang berjasa merumuskan tes kepribadian Edwards Personal Preference Schedule atau EPPS adalah Allen L. Edward. EPPS dianggap mampu memberikan penilaian terhadap kepribadian seseorang berdasarkan teori kebutuhan (Theory Human Needs) yang dibuat oleh Henry Murray pada tahun 1938 silam. Teori tersebut menguji 15 aspek kehidupan yang dituangkan dalam tes EPPS.

Keunggulan Tes EPPS Sebagai Psikotes yang Dianggap Relevan dalam Dunia Kerja

Banyak platform penyedia psikotes online menawarkan tes gratis. Meskipun demikian, Anda tetap harus memilah dan memilih, mana penyedia jasa yang terpercaya. Ini dikarenakan ada beberapa tes psikotes gratis yang tidak memenuhi norma dan kaidah psikologi secara umum. Setidaknya  dari platform penyedia tes psikotes terpercaya akan diperoleh hasil sesuai dengan kaidah-kaidah psikologi, atau dengan kata lain telah menggambarkan kondisi psikologi peserta.

Pelaksanaan tes juga tergolong mudah karena adanya dukungan transformasi alat tes psikologi yang telah berinovasi menjadi bentuk tes online. Salah satu materi yang diujikan berupa tes EPPS. Dalam pelaksanaannya, EPPS online yang dilaksanakan oleh PT Nirmala Satya Development dinilai memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki penyedia platform psikotes lainnya.

Lantas, apa saja kelebihannya. Simak pembahasannya berikut ini.

Dibekali Fitur Proctoring

Fitur ini berarti pelaksanaan tes online assessment selalu diawasi oleh pengawas yang bertugas mengawasi serta memantau talenta secara online dengan bantuan perangkat kompatibel, yakni melalui via kamera. Fitur ini juga digunakan sebagai deteksi kecurangan. Adapun observasi analytic serta identifikasi aplikasi yang diterapkan digunakan untuk melihat kegiatan para kandidat saat tes berlangsung. 

Hasil Tes EPPS Online Lebih Cepat dan Realtime

Tanpa menunggu waktu lama, semua hasil tes psikologi di NS Development lebih cepat keluar dan yang terpenting real time (akurat). Setelah menyelesaikan tes, peserta langsung bisa melihat hasilnya. Ini karena interpretasi tes dilakukan secara langsung.

Lebih Hemat

Jika dibandingkan dengan tes offline (paper base), aplikasi psikotes online dinilai lebih menghemat penggunaan kertas (paperless), waktu, biaya, dan tenaga. Ini disebabkan karena tes yang dilakukan secara online sehingga tidak membutuhkan kertas. Selain itu, hal ini juga sebagai langkah antisipasi untuk menghindari human error saat skoring hasil tes.

Kemudahan Mengakses Psikotes

Para kandidat bisa mengakses psikotes EPPS kapan saja dan di mana saja. Bahkan psikotes online yang diselenggarakan NSD mudah digunakan, baik dengan aplikasi desktop (komputer), maupun aplikasi mobile phone.

NSD mendukung semua jenis browser yang sering digunakan, ataupun menggunakan aplikasi android. Ini karena Aplikasi Psikotes Online yang dikembangkan PT Nirmala Satya Development dibekali sistem user friendly. Tes ini sangat bagus digunakan pada berbagai perusahaan, biro-biro psikologi, bahkan institusi pendidikan karena dapat dipadukan dengan alat tes psikologi yang lain.

Hemat Biaya

Biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau saat Anda memutuskan menggunakan berbagai aplikasi tes EPPS. Ini karena NSD merancang aplikasi-aplikasi yang tersedia baik secara gratis maupun premium. 

Jasa psikotes online NSD juga menyediakan pembayaran dengan sistem persemester hingga per tahun. Sistem pembayaran yang sedemikian tidak akan mengurangi layanan. Artinya, para kandidat akan tetap memperoleh layanan full service.

Terintegrasi Dengan Job Portal

Satu lagi kelebihan yang dimiliki NSD, yakni sudah terintegrasi dengan job portal, seperti jobseeker.id. Hal ini berarti saat merasa siap untuk melamar kerja dan menghadapi tes EPPS online, maka Anda bisa langsung cek lowongan pekerjaan yang ada di situs tersebut. Selain ada banyak lowongan dari berbagai perusahaan di seluruh Indonesia, proses melamarnya pun terbilang cukup mudah.

Secara umum, psikotes dilakukan untuk mengetahui beberapa aspek yang dimiliki oleh seorang karyawan. Dalam dunia kerja, tes tersebut dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan watak para calon karyawan yang di rekrutmen, dimana penilaiannya meliputi personality, intelegensi, attitude, dan interest.

Dalam hal ini NSD merupakan jasa layanan dari talenta Indonesia yang berperan menawarkan kemudahan bagi instansi untuk menyelenggarakan proses assessment dan psikotes tanpa terbatas waktu dan tempat. NSD juga dikenal sebagai penyedia platform psikotes terbaik di Indonesia.

Segera ikuti psikotes online yang diselenggarakan Nirmala Satya Development dimana setiap tes yang dilakukan lebih efektif dan efisien. Coba juga latihan soal psikotes lainnya yang mudah diakses dalam versi gratisnya.