logo PT Nirmala Satya Development
Tes EPPS Online

Secara umum tes EPPS memberikan gambaran yang cepat dan tepat tentang pengukuran variabel kepribadian, seperti seberapa besar motivasi, kebutuhan (need), dan motif seseorang.

Tes EPPS Online atau Edwards Personal Preference Schedule adalah salah satu jenis psikotes yang membantu mengungkap kepribadian di dalam diri. Tes ini berbentuk inventori yang sudah terkenal sejak lama.

Sesuai namanya, tes psikologi ini dibuat oleh Allen Edward yang mengacu pada teori H.A. Murray. Hingga kini, penggunaan dari tes EPPS sudah sangat luas untuk keperluan assessment di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, industri, maupun klinis.

Mengenal Tes EPPS Online

Mengetahui kepribadian dalam diri memang terdengar menyenangkan. Itu karena setiap individu di dunia ini memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Selain itu, mengetahui kepribadian di dalam diri juga akan membantu mengungkap potensi yang terpendam.

Untuk mengetahui tes kepribadian, Anda bisa melakukan psikotes. Dari beberapa jenis psikotes untuk mengungkap kepribadian, mungkin tes EPPS atau Edwards Personal Preference Schedule menjadi salah satu yang populer.

Jenis tes kepribadian ini sudah banyak digunakan di berbagai bidang. Tes ini akan memiliki format forced-choiced, yang mana akan meminta Anda untuk memilih salah satu pernyataan yang dirasa paling sesuai dengan keadaan diri.

Hasil dari tes EPPS online ini akan berupa profil skor yang menunjukkan kekuatan relatif dari masing-masing kebutuhan daripada kebutuhan lainnya. Lebih jelasnya, hasil tes ini tidak akan mencapai skor tinggi untuk seluruh kebutuhan, ataupun skor rendah untuk seluruh kebutuhan.

Aspek-Aspek yang ada di dalam Tes EPPS

Di dalam tes EPPS online, setidaknya terdapat 15 aspek kepribadian yang akan diukur, itu adalah:

  1. Need for Achievement (ach). Ini adalah kebutuhan untuk berprestasi dalam menghadapi tantangan.
  2. Aspek Need for Defference (deff). Kebutuhan untuk menerima pendapat orang lain, memahami apa yang mereka pikirkan, dan mengikuti perintah.
  3. Need for Order. Merupakan kebutuhan untuk melakukan segala hal dengan teratur.
  4. Aspek Need for Exhibition (exh). Kebutuhan menonjolkan diri, pamer, dan dipuji.
  5. Need for Autonomy (aut). Merupakan kebutuhan dalam diri untuk tidak bergantung pada orang lain.
  6. Need for Affiliation (aff). Kebutuhan untuk dapat bergabung dengan orang lain.
  7. Aspek Need for Intraception (int). Menyesuaikan diri dengan pandangan dan perasaan orang lain.
  8. Need for Succorance (succ). Kebutuhan mendapat perhatian yang lebih dari orang lain.
  9. Aspek Need for Dominance (dom). untuk menjadi lebih atau menang dari orang lain.
  10. Need for Abasement (aba). Kebutuhan selalu merasa kurang atau bersalah.
  11. Need for Nurturance (nur). Kebutuhan untuk menolong orang lain.
  12. Aspek Need for Change (chg). Untuk merasakan sesuatu yang baru.
  13. Need for Endurance (end). Untuk melakukan segala sesuatu sampai selesai.
  14. Need for Heterosexuality (het). Kebutuhan dalam tes EPPS online untuk berhubungan dengan jenis kelamin lain.
  15. Aspek Need for Aggression (agg). Untuk menentang atau menyerang orang lain.

Fungsi Tes EPPS

Di Indonesia, penggunaan tes EPPS ini sudah cukup umum. Biasanya tes kepribadian EPPS sering digunakan untuk para orang dewasa dan mahasiswa.

Secara umum, tes EPPS ini berguna untuk keperluan riset dan juga konseling. Dengan 15 kepribadian tersebut, maka dapat terlihat kelemahan dan kelebihan di dalam diri seseorang, serta cenderung seperti apa mereka dalam sehari-hari.

Sedangkan di dalam konseling, tes EPPS berguna untuk membantu seseorang dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan motif kerja mereka. Sebagi contoh, seseorang yang nilai Exhibitionnya lebih tinggi akan lebih cocok menjadi MC atau influencer. Sedangkan jika nilai Order tinggi, artinya dia sangat cocok untuk menjadi pemimpin atau ketua.

Tes EPPS di NS Development

NS Development menyediakan layanan aplikasi psikotes online berupa tes kepribadian EPPS yang akan mengungkap seluruh 15 tes kepribadian. Tes EPPS di NS Development sudah menyediakan laporan hasil tes lengkap yang mencakup:

  • Profil dari Need seperti +,++, +++, atau -, --, —
  • Grafik persentil dari setiap aspek yang terungkap.
  • Data dari row score dan juga scale score.
  • Deskripsi kepribadian berdasarkan aspek yang diukur.

Dengan sistem psikotes online yang baik dan terpercaya, Anda kini dapat melakukan tes kepribadian kepribadian EPPS di NS Development. Kelebihan NS Development adalah mereka memiliki sederet psikolog profesional yang bisa membantu Anda dalam memahami hasil tes. Anda juga bisa melakukan konsultasi secara gratis sebelum melakukan tes EPPS online.