Tujuan Tes EPPS

Kelompok LOVE terdiri dari deference, order, affiliation, intraception, succorance, abasement, nurturance, endurance. Kemudian untuk kelompok HATE terdiri dari achievement, exhibition, autonomy, dominance, change, heterosexual, aggression
Tujuan Tes EPPS
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule) adalah alat tes untuk mengukur need (kebutuhan). Tes EPPS dikembangkan oleh psikolog dan profesor Amerika Allen L.Edwards pada tahun 1954. Tes EPPS adalah tes kepribadian yang bersifat verbal. Tujuan pengukuran tes EPPS adalah untuk melihat kebutuhan-kebutuhan khusus yang dimiliki seseorang. Menurut Edwards, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat diklasifikasikan kedalam 15 golongan yang dibuatnya berdasarkan teori need yang disusun oleh Murray dan rekan-rekannya pada tahun 1983.

MACAM-MACAM KEBUTUHAN YANG DI UKUR TES EPPS

Berikut adalah penjelasan 15 golongan kebutuhan yang dapat diungkap oleh Tes EPPS:

1. Achievement (ach) / Berprestasi

Kebutuhan atau dorongan untuk mencapai hasil kerja atau belajar sebaik mungkin, melaksanakan tugas yang menuntut keterampilan dan usaha, ntuk dikenal otoritasnya, mengerjakan tugas yang sanyat berarti, mengerjakan pekerjaan yang sulit sebaik mungkin, menyelesaikan masalah yang rumit-rumit, dan ingin mengerjakan sesuatu yang lebih baik dari yang lain.

2. Deference (def) / Hormat

Kebutuhan atau dorongan untuk mendapatkan pengarug dari orang lain, mengikuti perintah dan apa yang diharapkan orang lain, memberikan hadiah kepada orang lain, memuji hasil pekerjaan orang lain, menerima kepemimpinan orang lain, dan membaca kisah tentang orang – orang besar.

3. Order (ord) / Teratur

Kebutuhan untuk memiliki pekerjaan terulis tetap rapi dan teratur, membuat rencana sebelum membuat tugas yang sulit, menunjukan keteraturan dalam segala hal, memelihara segala sesuatu tetap rapid an teratur, memperinci pekerjaan secara teratur, dan menyimpan surat dan arsip, berdasarkan sistem tertentu.

4. Exhibition (exh) / Eksibisi

Memperlihatkan diri agar menjadi pusat perhatian orang, menceritakan keberasilan diri, menggunakan kata – kata yang tidak dipahami orang lain, bertanya yang tidak akan terjawab orang lain, membicarakan pengalaman diri yang membahayakan, dan menceritakan hal – hal menggelikan.

5. Autonomy (aut) / Otonomi

Menyatakan kebebasan diri untuk berbuat apapun bebas mengambil keputusan, melakukan sesuatu yang tidak biasa dilakukan orang lain, menghindari pendapat orang lain, dan menghindari tanggung jawab.

6. Affiliation (aff) / Afiliasi

Setia kawan, berpartisipasi dalam kelompok, mengerjakan sesuatu untuk kawan, membentuk persahabatan baru, membuat kawan sebanyak mungkin, mengerjakan pekerjaan bersama – sama, akrab dengan kawan, dan menulis surat persahabatan.

7. Intraception (int) / Intrasepsi

Menganalisa motif dan perasaan sendiri, mengamati orang lain untuk memahami bagaimana perasaan orang lain, menilai orang lain dengan mencoba memahami latar belakang tingkah lakunya dan bukan apa yang dilakukannya, menganalisa perilaku orang lain, dan memperkirakan apa yang akan dilakukan orang lain.

8. Succorance (suc) / Berlindung

Mengharapkan bantuan orang lain apabila mendapat kesulitan, mencari dukungan dari orang lain, mengharapkan orang lain berbaik hati kepadanya, mengharapkan simpati dari orang lain, memahami masalah pribadinya, menerima belai kasih saying orang lain, mengharapkan bantuan orang lain disaat dirinya tertekan, dan mengharapkan maaf dari orang lain ketika dirinya sakit.

9. Dominance (dom) / Dominan

Membantah pendapat orang lain, ingin menjadi pemimpin kelompoknya, ingin dipandang sebagai pemimpin orang lain, ingin dipilih selalu sebagai pemimpin, mengambil kepengurusan dan memimpin serta mengarahkan kelompok, menetapkan persetujuan secara sepihak, membujuk dan mempengaruhi orang lain agar mau mengerjakan yang dia inginkan, mengawasi dan mengarahkan kegiatan orang lain, dan mendiktekan apa yang harus dikerjakan orang lain.

10. Abasement (aba) / Merendah

Merasa berdosa apabila berbuat keliru, menerima cercaan atau celaan orang lain, merasa perlu mendapatkan hukuman bila berbuat keliru, merasa lebih baik menghindar dari perkelahian, dan merasa rendah diri dalam berhadapan dengan orang lain.

11. Nurturance (nur) / Memberi Bantuan

Senang menolong kawan yang kesulitan, membantu yang kurang beruntung, memperlakukan orang lain dengan baik dan simpatik, memaafkan orang lain, berbaik hati kepada orang lain, memberikan simpatik kepada yang terluka atau sakit, dan memperlihatkan kasih saying terhadap orang lain.

12. Change (chg) / Perubahan

Menggarap hal – hal yang baru, berkelana, menemui kawan baru, mengalami peristiwa baru dan berubah dari pekerjaan yang rutin, makan ditempat yang berbeda – beda, mencoba berbagai jenis pekerjaan, senang berpindah – pindah tempat, dan berpartisipasi dalam kebiasaan baru.

13. Endurance (end) / Ketekunan

Bertahan pada suatu pekerjaan hingga selesai, merampungkan pekerjaan yang telah dipegangnya, bekerja keras pada suatu tugas tertentu, bertahan pada penyelesaian masalah, bertahan pada suatu pekerjaan dan tidak akan berganti sebelum selesai, tidur larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan yang dihadapinya, tekun menghadapi pekerjaan tanpa menyimpang, dan menghindari segala hal yang dapat menyimpangkan.

14. Heterosexuality (het)

Berpergiaan dengan yang berlawanan jenis kelamin, melibatkan diri dalam kegiatan sosial yang melibatkan lawan jenis kelamin, jatuh cinta pada jenis kelamin lain, berpartisipasi dalam diskusi tentang membaca buku dan bermain yang melibatkan masalah seks, dan mendengarkan atau menyampaikan cerita lucu tentang seks.

15. Aggression (Agg) / Agresi

Menyerang pandangan yang berbeda, menyampaikan pandangannya tetang jalan pikiran orang lain, mengecam orang lain secara tebuka, mempermainkan orang lain, melukai perasaan orang lain, dan membaca surat kabar tentang perkosaan.

Dari 15 variabel kebuttuhan ini, tes EPPS juga dapat dikelompokan kembali kedalam grup yang sering disebut kelompok LOVE dan HATE. Kelompok LOVE terdiri dari deference, order, affiliation, intraception, succorance, abasement, nurturance, endurance. Kemudian untuk kelompok HATE terdiri dari achievement, exhibition, autonomy, dominance, change, heterosexual, aggression.

Selain tujuan tes EPPS untuk mengungkap 15 kebutuhan (need) di atas, tes EPPS juga mampu mengukur konsistensi peserta tes. Tes EPPS memiliki item-item pertanyaan yang dapat mengindentifikasi jawaban peserta tes, apakah mengerjakan secara jujur atau asal-asalan maupun konsistensinya.

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Tes EPPS Online

Mengenal Tes EPPS Online, Kelebihan dan Kekurangannya

PT. Nirmala Satya Development atau NS Development telah mengkonversi tes EPPS menjadi sebuah tes psikologi dengan berbasis digital yakni < ...

Tes EPPS Online

Gunakan Tes EPPS Online untuk Mengungkap Kepribadian Secara Lengkap

Tes EPPS Online atau Edwards Personal Preference Schedule adalah salah sat ...

Tes Kepribadian Online

Tes Kepribadian Online dengan EPPS

Tes kepribadian online saat ini sudah tersedia dengan berbagai fitu ...

Tes EPPS

Pengertian Tes EPPS

Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah salah satu tes kepribadian yang berbentuk inventori (inventori kepribadian). Tes EP ...

Penggunaan Tes EPPS

Penggunaan Tes EPPS

Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule) dapat digunakan baik untuk dunia industry (perusahaan) maupun intitusi Pendidikan. Untuk pe ...

Kelebihan dan Kekurangan Tes EPPS

Kelebihan dan Kekurangan Tes EPPS

EPPS (Edward Personal Preference Schedule) menggunakan cara yang unik untuk mengurangi efek social desirability dalam asesmen kepribadian. ...

administrasi tes epps

Administrasi Tes EPPS

Seperti telah diketahui bahwa tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule) adalah alat tes untuk mengukur need (kebutuhan). Tes EPPS tel ...

Tujuan Tes EPPS

Tujuan Tes EPPS

Tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule) adalah alat tes untuk mengukur need (kebutuhan). Tes EPPS dikembangkan oleh psikolog dan pr ...

Sejarah Tes EPPS

Sejarah Tes EPPS

Tes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) merupakan salah satu alat tes yang telah ada sejak lama.  Tes EPPS diciptakan o ...

Tes EPPS Online

Tes EPPS Online Inilah Keunggulannya yang Relevan dalam Dunia Kerja

Tes EPPS adalah tes yang disajikan untuk mengukur kepribadian seseorang dan ...

Tes EPPS Online

Mengenal Tes EPPS Online, Kenali Kepribadianmu!

Tes EPPS Online merupakan salah satu tes yang berguna untuk mengetahui seperti apa kepribadian Anda. Tes ini mem ...

Tes EPPS Online

Tes EPPS Online, Psikotes yang Relevan Untuk Ungkap Kepribadian

Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, saat ini Tes EPPS pun sudah dikonversi ke dalam s ...

tes epps

Mengenal Tes EPPS Online, Dari Kebiasaan Menjadi Kepribadian

Demi mengikuti perkembangan zaman, seiring teknologi yang semakin maju, PT. Nirmala Satya Development alias NS D ...

Tes EPPS Online

Tes EPPS Online Menurut Para Ahli - Ketahui Lebih Jauh Mengenai EPPS

Mengenai tes EPPS ini kami akan membahasnya menurut Para Ahli dan pakarnya. Tes yang satu ini perlu kita bahas l ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.