logo PT Nirmala Satya Development
administrasi tes epps

Tes EPPS Online dapat diakses dimana saja, menggunakan desktop (komputer/laptop) maupun mobile phone (browser atau aplikasi android)

Seperti telah diketahui bahwa tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule) adalah alat tes untuk mengukur need (kebutuhan). Tes EPPS telah dikembangkan oleh L.Edwards sejak tahun 1954. Sebagai sebuah alat tes, tes EPPS memiliki administrasi (ketentuan) dalam pelaksaan tes, baik selama proses psikotes berlangsung, maupun proses skoring dan interpretasi.

Tes EPPS terdiri dari 225 pasangan pernyataan. Setiap pasang pernyataan terdiri dari huruf A dan huruf B. Meskipun jumlah soal seluruhnyaada 225, namun jumlah soal yang asli yaitu 210 soal dengan 15 soal tambahan untuk melihat konsistensi testee menjawab. Pilihlah pernyataan yang lebih menggambarkan diri Anda dengan cara melingkari huruf A atau B.

Nilai dari EPPS bersifat ipsative score, yaitu kekuatan dari masing-masing need tidak absolut dan berdiri sendiri, melainkan merupakan gabungan dari satu need dengan need yang lain. Maka dari itu, dua orang dengan nilai EPPS yang identik sama mungkin memiliki perbedaan kekuatan di masing-masing need.

Tes ini mengukur kebutuhan, bukan kemampuan seseorang. Tes ini merupakan tes kepribadian yang bersifat objektif, karenanya waktu pengerjaan tes ini tidak dibatasi. Selain itu, ekspresi jawabannya dibatasi hanya oleh 2 pilihan jawaban. Pilihan jawaban tersebut menggambarkan kondisi internal subjek, dengan korelasi yang sangat tinggi, yaitu 0,871.

Dalam tes ini, diusahakan agar tidak ada social desirability, yaitu keadaan normatif yang diinginkan oleh lingkungan sosial. Maka dari itu, dalam setiap soal diberikan dua pernyataan yang mengungkap dua kepribadian yang berbeda dalam setiap item. Biasanya, saat menggunakan tesEPPS ini juga disertai dengan wawancara.Subjek diminta untuk memilih satu pernyataan dari setiap pasangan pernyataan-pernyataan yang dianggapnya paling sesuai dengan dirinya dan bukan yang dianggap umum ideal atau wajar oleh masyarakat di lingkungannya.

Waktu yang disediakan untuk mengerjakan tes ini adalah 40 sampai 60 menit. Pembatasan waktu tidak mutlak, semata-mata hanya untuk keperluan teknis. Namun yang lebih penting lagi adalah agar subyek dapat menyelesaikan tugasnya dengan teliti dan lengkap, sehingga tidak satu pernyataan pun yang terlampaui.

Dengan berkembangnya teknologi, proses pengadministrasian tes EPPS ini menjadi lebih mudah. Ini karena Tes EPPS online telah tersedia yang siap digunakan. Tes EPPS Online dapat diakses dimana saja, menggunakan desktop (komputer/laptop) maupun mobile phone (browser atau aplikasi android).

Dengan adanya tes EPPS Online, tidak perlu lagi melakukan skoring manual yang sarat akan human error. Semua proses telah dilaksanakan oleh sistem. Salah satu aplikasi psikotes online yang terpercaya saat ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh NS Development.