Cara Menghilangkan Fobia yang Perlu Anda Lakukan

Untuk menangani kasus fobia yang sudah terbentuk, yang harus dilakukan oleh si penderita adalah mengakui fobianya sendiri. Tidak perlu malu jika kita mengidap suatu fobia
Cara Menghilangkan Fobia
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Beberapa penderita fobia ringan biasanya mengatasi fobianya hanya dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan mereka takut. Berhasil atau tidaknya taktik ini tergantung dari besarnya respon fobia. Namun cara ini tidak berhasil bagi penderita yang lebih berat.

Banyak dari kasus fobia yang disebabkan karena suatu pengalaman traumatis, biasanya terdapat selang waktu antara pengalaman traumatis tersebut dengan berkembangnya fobia. Karena itu penanganan harus dilakukan sesegera mungkin. Singkatnya, orang yang mengalami suatu pengalaman traumatis harus sesegera mungkin dihadapkan dengan penyebab traumanya itu. Misalnya, untuk seorang pilot yang mengalami kecelakaan udara, harus sesegera mungkin disuruh melakukan penerbangan lagi. Untuk anak yang diserang oleh seekor anjing, harus segera dipertemukan dengan anjing lain. Tentunya hal ini boleh dilakukan dengan pendampingan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnyatrauma tadi menjadi suatu fobia.

Trauma sendiri berasal dari kata Yunani “τρα?µα” (trauma) yang berarti luka. Sebuah peristiwa traumatis mempengaruhi kemampuan seseorang muntuk mengatasi kecemasan di kemudian hari. Jadi dapat disimpulkan bahwa trauma adalah salah satu penyebab seseorang menjadi fobia.

METODE DAN CARA MENGHILANGKAN FOBIA

Untuk menghilangkan fobia yang sudah terbentuk, yang harus dilakukan oleh si penderita adalah mengakui fobianya sendiri. Tidak perlu malu jika kita mengidap suatu fobia. Pertolongan professional bisa kita dapatkan dari psikiater, psikolog, atau tenaga ahli. Beberapa contoh metode dan cara menghilangkan fobia yang digunakan untuk menangani fobia adalah sebagai berikut:

1. Desensitization (desensitisasi)

Pasien diajarkan rileks oleh terapis, lalu setelah mencapai tahap rileks, pasien dihadapkan dengan objek/situasi fobik lewat imajinasi. (Pasien diminta mengkhayalkan menghadapi fobianya). Pada tahap selanjutnya tidak lagi menggunakan imajinasi, penanganan bertahap misalnya mulai dari penunjukan gambar, objek buatan, hingga objek sesungguhnya hingga sembuh.

2. Flooding

Metode ini langsung menghadapkan pasien dengan benda/situasi fobiknya. Untuk metode ini, pasien harus memahami apa yang tengah dilakukan dan menjalani metode ini dengan rela atas kehendak sendiri.

3. Modelling (pencontohan)

Terapis menghadapkan diri dengan benda/situasi fobik pasiennya di hadapan pasien, kemudian terapis mendorong dan meyakinkan pasien untuk menirukannya.

4. Hypnotheraphy

Metode ini merupakan penyembuhan lewat alam bawah sadar, dilakukan dengan memberikan sugesti kepada penderita fobia bahwa mereka mampu untuk lepas dari jerat fobia yang mereka derita. Atau dengan teknik age-regression dimana pasien dibawa ke masa lalu ketika pertama kali mengalami trauma yang menyebabkan fobianya dan didamaikan dengan traumanya.

5. Reframing

Metode ini dilakukan dengan membayangkan masa lampau Ketika pertama kali merasakan fobianya, lalu dengan imajinasi harus membayangkan seolah-olah ia mampu melawan dan tidak merasa takut lagi terhadap fobia yang selama ini ditakuti.

Penggunaan obat sebenarnya tidak dianjurkan sebagai salah satu cara menghilangkan fobia, namun bisa dipergunakan untuk mengatasi efek dari fobia. Beberapa jenis obat yang direkomendasikan:

  • Antidepresan: untuk mengurangi rasa cemas, biasanya untuk mengatasi fobia sosial.
  • Obat-obatan yang mengandung Benzodiazepine: bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan yang parah, berfungsi sebagai obat penenang, relaksan otot, dan anticonvulsants. Namun obat ini menimbulkan efek ketergantungan, sehingga pemakaiannya sebaiknya seminimal mungkin dan di bawah pengawasan ahli.
  • Beta-blocker: untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular (masalah jantung dan tekanan darah tinggi), mengurangi kecemasan yang disertai detak jantung yang tak beraturan. Namun obat ini menimbulkan efek samping seperti perasaan lelah, pusing, perasaan mengantuk, perut tidak enak, bahkan beberapa jenis obat ini bisa memicu timbulnya depresi.

Bagaimanapun fobia dapat disembuhkan, asalkan ada keinginan yang kuat untuk terbebas darinya dan mau mencari penanganan, baik dengan atau tanpa bantuan orang lain.

Cara Mengukur Gangguan Fobia

Cara menghilangkan fobia, hal yang paling utama perlu dilakukan adalah mengetahui dan mengukur tingkat gangguan fobia tersebut. Ada beberapa tes psikologi yang bisa digunakan untuk mengukur gangguan fobia. Salah satu tes psikologi yang paling banyak digunakan dengan tingkat validitas yang tinggi adalah tes MMPI.

NS Development menyediakan tes psikologi MMPI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes MMPI Online memudahkan pengguna dalam mengakses tes MMPI.

Tes MMPI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengikuti tes MMPI Online? Anda dapat mengikutinya dengan registrasi langsung di link tautan Tes MMPI Online.

psikotes online
Posted by Ardi Al Maqassary

Artikel lain yang berhubungan

Pengertian Agoraphobia

Pengertian Agoraphobia

Istilah agoraphobia (agorafobia) berasal dari Bahasa yunani yang artinya “takut terhadap tempat-tempat belanja”. Orang yang me ...

Penyebab Fobia

Faktor Penyebab Fobia yang Perlu Diketahui

Fobia bisa diderita oleh siapa saja tanpa batasan usia dan jenis kelamin. Penderita fobia menyadari bahwa ketakutannya tidak beralasan dan ...

Cara Menghilangkan Fobia

Cara Menghilangkan Fobia yang Perlu Anda Lakukan

Beberapa penderita fobia ringan biasanya mengatasi fobianya hanya dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan mereka takut. Berhasil atau ...

Jenis Jenis Phobia

Jenis-jenis Phobia (Fobia)

Ada beberapa jenis phobia yang perlu diketahui, karena hampir semua orang mengalami fobia pada hal-hal tertentu. Anda perlu mengetahui jen ...

Cara Mengatasi Fobia Sosial

Cara Mengatasi Fobia Sosial

Fobia Sosial merupakan ketakutan yang tidak rasional dan menetap, biasanya berhubungan dengan kehadiran orang lain. Orang dengan fobia sos ...

Pengertian Fobia Sosial

Pengertian Fobia Sosial

Fobia sosial adalah ketakutan yang tidak rasional terhadap pandangan negatif orang lain. Ketakutan ini bisa terjadi pada situasi dalam men ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.