logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi

Ada beberapa faktor psikologis yang diungkap dalam tes intelegensi. Tentunya setiap tes intelegensi memiliki daya ukur yang berbeda-beda dengan tes lainnya.

Ada beberapa faktor yang dapat diungkap dalam proses tes Intelegensi. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan yang semakin maju dan pesat, ilmu dalam bidang psikologi juga turut berkembang. Perkembangan dalam ilmu psikologi memberi pengaruh besar bagi masyarakat terutama dalam penggunaan tes psikologi. Saat ini tes psikologi sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang pendidikan, klinis, sosial, maupun bidang industri. Tes psikologi merupakan tes yang terdiri dari seperangkat aitem serta dirancang untuk mengukur dan memberikan informasi mengenai karakteristik dari individu yang berhubungan dengan perilaku. Penggunaan alat tes psikologi yang populer dalam masyarakat salah satunya adalah tes inteligensi. Salah satu tes psikologi yang paling sering digunakan adalah tes intelegensi.

Faktor-faktor yang diungkap Dalam Tes Intelegensi

Berikut akan dipaparkan faktor-faktor psikologis yang diungkap dengan menggunakan tes intelegensi.

Faktor-faktor kecerdasan yang diungkap dalam tes intelegensi adalah sebagai berikut:

  1. Kemampuan memahami masalah: kemampuan untuk menggunakan pengalaman masa lalunya dalam menghadapi situasi praktis seharihari.
  2. Ruang lingkup pengetahuan: menunjukkan tingkat kepedulian siswa terhadap situasi sosial dan masyarakat.
  3. Kekayaan bahasa: petunjuk penguasaan perbendaharaan kata yang dimiliki.
  4. Kemampuan bekerja dengan angka: kemampuan menggunakan konsep dasar numerik antara lain: menjumlahkan, mengurangi, membagi dan mengalikan yang diperlukan dalam belajar hitung matematika.
  5. Daya analisis dan sintesis: kemampuan sisiwa dalam memberikan alasan yang logis dalam mengambil kesimpulan dan menerapkannya dalam kehidupan praktis.
  6. Daya abstraksi: kemampuan bekerja dengan simbol-simbol, angka dan bahasa.
  7. Kemampuan mengingat: kemampuan mereproduksi kembali terhadap sesuatu yang dipelajari.
  8. Kemampuan menangkap pendapat dengan bahasa: kemampuan ini menyangkut pengertian terhadap ide-ide yang diekspresikan dalam bentuk bahasa.
  9. Kemampuan Vigural: Kemampuan untuk memahami, memproses dan berpikir ke dalam bentuk visual
  10. Kemampuan Matematika (berhitung): Kemampuan memecahkan persoalan praktis maupun menemukan hubungan informasi faktual dalam sajian angka dengan teori berhitung tertentu.

Saat ini telah banyak tersedia alat tes intelegensi yang sangat beragam, yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Faktor-faktor yang diungkap pun semakin beragam, sehingga memudahkan dalam membaca dan mengambil kesimpulan untuk menggambar tingkat intelegensi seseorang.

Tes Intelegensi Online

Selain itu, tes intelegensi juga sudah tersedia secara online. Dengan adanya tes intelegensi online, akan memudahkan peserta memilih untuk mengikuti tes darimana saja, dengan hasil yang relatif sangat cepat, jika dibandingkan dengan tes paper base.

Salah satu rekomendasi tes intelegensi online terbaik saat ini adalah NS Development. Anda bisa mengikutinya dengan registrasi langsung untuk mengikuti tes intelegensi online.

Artikel berhubungan: