logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi Online

Tes intelegensi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan tes paper base dimana memiliki keakuratan yang presisi.

Dewasa ini, mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang sudah semakin mudah. Hal ini karena tes intelegensi atau tes intelektual. Saat ini, tes intelegensi bisa Anda lakukan dengan dua metode, yakni tes intelegensi online dan paper base.

Selain mengukur kemampuan, tes intelektual ini juga memiliki beragam manfaat lainnya. seperti menemukan minat bakat dalam diri seseorang, merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, hingga membantu mengenali diri dan mengembangkan potensi.

Mengingat banyak manfaat yang bisa didapatkan, tak sedikit orang yang memilih melakukan tes intelektual. Namun, masih banyak orang yang bingung terkait metode tes yang paling efektif, terutama dari segi keakuratannya.

Tes Intelegensi Online vs Paper Base, Mana yang Lebih Akurat?

Secara garis besar, kedua metode tes tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yakni untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Kedua tes ini juga sering digunakan dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan.

Tes intelektual online merupakan tes yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang dengan memanfaatkan aplikasi atau web yang telah terintegrasi. Sementara itu, paper base merupakan tes yang dilakukan dalam bentuk pengerjaan soal tes secara tertulis.

Sejatinya, keakuratan hasil tes dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti validitas maupun reliabilitas. Dalam pelaksanaan jenis tes psikologi satu ini hal yang paling mendasarinya adalah tentang observasi tes dan juga tata cara penyajian tes.

Kedua hal tersebut bisa memberikan pengaruh pada validitas maupun reliabilitas tes. Hal ini juga tidak terlepas dari pemahaman penggunaan dan pemanfaatan aplikasi internet.

Apabila berbagai hal tersebut dapat ditangani oleh sistem atau aplikasi, maka tes intelegensi online akan memberikan hasil yang akurat. Bahkan, error atau kesalahan yang disebabkan oleh manusia tidak akan ada.

Pasalnya, semuanya sudah dijalankan dan dikerjakan oleh sistem secara otomatis. Berbeda dengan paper pase yang masih mengandalkan peran manusia secara keseluruhan. Bukan tidak mungkin jika hasilnya kurang akurat karena human error.

1. Prinsip

Berbicara soal prinsip tes intelektual online ini, pada dasarnya tidak mengubah tujuan pelaksanaan tes sedikitpun. Hal yang paling membedakannya yakni media aksesnya.

Tes paper base menggunakan media kertas dan alat tulis dalam pelaksanaan tes. Begitu pula sebaliknya, tes online menggunakan koneksi internet maupun device atau computer or mobile phone.

Tes online ini memberikan banyak kemudahan. Pertama, para peserta tes semakin mudah dalam mengaksesnya. Selain itu, report hasil tes akan semakin cepat pula.

2. Durasi Waktu

Sudah menjadi rahasia umum, masyarakat kita membutuhkan sesuatu yang cepat. Hal ini karena banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang mesti dilakukan.

Begitu pulalah ketika melakukan tes intelegensi. Sebisa mungkin selesai dalam waktu yang cepat dan akurat.

Bila berbicara mengenai kelebihan tes intelektual secara online dibandingkan paper base dari segi waktu, maka tes online jauh lebih unggul. Pelaksanaan tes online cenderung lebih cepat.

Selain itu, durasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tes intelegensi juga berkaitan dengan jenis tes yang digunakan. Seperti yang Anda tahu, saat ini ada beragam tes intelegensi.

Ada tes intelegensi yang hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk menyelesaikan soal, 20 menit, bahkan ada pula yang memerlukan waktu hingga 90 menit.

NS Development, Hadirkan Aplikasi Tes Intelegensi Online

Setelah Anda mengetahui keakuratan tes online dengan paper base dan pertimbangan lainnya, kini saatnya menentukan pilihan. Bila Anda memilih untuk mengikuti tes online, bisa langsung mempercayakannya saja kepada NS Development.

Apa itu NS Development? Jadi, NS Development telah menghadirkan aplikasi tes intelegensi yang didukung dengan fitur-fitur canggih untuk memperlancar pelaksanaannya nanti.

Aplikasi ini juga memiliki serangkaian kelebihan lainnya. Pertama, bisa Anda akses melalui desktop atau ponsel, bisa dilakukan secara individual atau klasikal, memiliki hasil tes realtime, hingga laporan hasil tes dalam file berbentuk PDF.

Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan alat tes yang lengkap dan terbukti terpercaya. Diantaranya, tes IST online, tes WPT online, tes TIU online, tes SPM online, hingga tes CFIT online.

Dengan hadirnya NS Development, kini kebutuhan tes intelegensi online Anda semakin mudah bukan? Jangan salah pilih dan percayakan saja pada ahlinya.

Artikel berhubungan: