logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi Online

Tes TKD merupakan salah satu alat tes psikologi yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk mengukur tingkat intelegensi. Penggunaannya begitu luas baik di institusi pendidikan maupun perusahaan.

Tes TKD merupakan salah satu tes intelegensi dalam rangkaian tes kemampuan diferensial yang praktis untuk seleksi calon mahasiswa (1976 ketika masih TINTUM’69), dan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia, tes ini dapat juga digunakan untuk seleksi calon karyawan di dalam membantu perusahaan, merekrut dan mengevaluasi karyawan, promosi mutasi jabatan karyawan yang dipimpin oleh seorang tenaga profesional (psikolog) di bidang rekrutmen atau manajer personalia di suatu perusahaan atau kepala bagian di instansi pemerintahan.

Administrasi Tes TKD

Tes TKD Online memiliki serangkaian administrasi dan instruksi yang harus di baca dan dipahami oleh peserta tes. Sehingga ketika melaksanakan tes intelegensi ini peserta dapat mengerjakan dengan baik dan lancar. Berikut merupakan administrasi Tes TKD Online:

  • Peserta tidak diperkenankan membuka buku persoalan sebelum ada perintah dari tester. Ketika tes hendak dimulai para peserta tidak di perbolehkan membuka buku lembar soal yang ada dihadapan sebelum adanya instruksi dari pengawas (tester).
  • Peserta diminta untuk menuliskan identitas serta waktu tes. Dalam hal ini sebelum memulai tes tentunya para peserta mengisi identitas diri terlebih dahulu serta tanggal dan waktu tes dimulai.
  • Peserta tidak diperkenankan menulis atau mencoret apapun dalam buku persoalan.  Dalam hal ini anda sebagai peserta tidak boleh menulis, mencoret buku soal yang telah diberikan jadi tuliskan jawaban pada lembar khusu yang sudah disediakan oleh pihak penyelenggara.
  • Jawaban peserta dituliskan dalam lembar jawaban khusus. Lembar khusus ini digunakan peserta tes untuk menuliskan jawaban dari soal-soal yang telah disediakan. Namun, apabila anda mengikuti Tes TKD Online anda tidak perulu menggunakan kertas sebagai medianya. Dalam hal ini NS Development memberikan kemudahan bagi anda untuk mengikuti Tes TKD secara online sehingga bisa di akses dimana saja tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
  • Pada setiap persoalan akan didahului oleh penjelasan-penjelasan dan perintah-perintah dari tester. Pada administrasi ini endaknya para peserta dapat mendengarkan dan memahami sebaik-baiknya penjelasan-pejelasan dan perintah tersebut, sebab kesalahan menangkap perintah dan penjelasan akan merugikan anda sendiri sebagai peserta tes.
  • Peserta hendaknya “MULAI” dan “BERHENTI” secara bersama-sama sesuai dengan perintah dari tester.
  • Setiap persoalan (tes) mempunyai batas waktu tertentu. Apabila anda sebagai peserta tes tidak dapat menyelesaikan seluruh persoalan dari tiap subtes dalam batas waktu yang telah ditetapkan, anda diharapkan tetap tenang, tidak perlu gelisah dan tidak terpengaruh oleh persoalan subtes yang telah berlalu, berpikir jernilah untuk mendengarkan perintah-perintah dari soal berikutnya.

Komponen Tes TKD

Tes intelegensi Online yang satu ini memiliki beberapa subtes. Yang mana setiap subtes tentunya berbeda-beda dalam mengukur kemampuan peserta. Berikut komponen yang ada pada Tes TKD:

  1. Comprehension. Pada subtes ini, peserta atau klien akan dihadapkan pada soal-soal yang berhubungan dengan penalaran. dan juga pemahaman mereka terhadap aturan - aturan yang berlaku.
  2. Information. Subtes ini sama seperti subtes informasi pada skala inteligensi Wechsler, yaitu menuntut peserta atau klien untuk memahami mengenai informasi dan juga pengetahuan - pengetahuan umum yang ada
  3. Analogi Verbal. Pada subtes analogi verbal, klien atau peserta diminta untuk melakukan analogi dan penalaran terhadap persoalan-persoalan verbal yagn disajikan dalam subtes ketiga ini.
  4. Logika. Subtes ini menuntut peserta atau klien untuk melakukan proses penalaran menggunakan logika, dan menuntut munculnya adaptasi dan juga proses berpikir rasional.
  5. Aritmethic. Aritmethic merupakan subtes yang berhubungan dengan operasi matematika alias hitungan.
  6. Deret Angka. Klien atau peserta diminta untuk melanjutkan deret angka yang tersedia, bisa dengan menggunakan perkalian, pertambahan, pengurangan, ataupun kombinasi dari beberapa fungsi dan operasi matematika yang baku.
  7. Sinonim. Klien atau peserta diminta untuk memilih persamaan kata atau sinonim dari masing-masing kata yang tersedia didalam subtes ke 7 ini.
  8. Difference. Peserta atau klien diminta untuk memilih pola-pola yan berbeda di antara serangkaian pilihan jawaban yang tersedia.
  9. Spatial Relation. Peserta atau klien akan dihadapkan pada serangkaian bentuk dua dimensi. Psertu diminta untuk focus pada satu titik atau bagian, lalu membayangkan bentuk tersebut sehingga berbentuk 3 dimensi, dan bias diputar, dibalik, ataupun dirubah.
  10. Perceptual Speed. Merupakan subtes terakhir yang membutuhkan kemampuan perspsi yang baik. Peserta dan juga klien dituntut untuk mengoptimalkan kemampuan persepsi mereka dalam mengerjakan soal.

Dalam menentukan intelegensi seseorang tentunya kita harus mengukur menggunakan alat tes yang valid. Platform NS Development menyediakan layanan Tes Intelegensi Online untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan anda untuk mengetahui intelegensi yang dimiliki.

Artikel berhubungan: