logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi Online

Tes Intelegensi Online memiliki waktu pelaksanaan tes yang berbeda-beda yang perlu diketahui.

Tes intelegensi merupakan salah satu jenis tes psikologis yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang. Sejatinya, tes intelegensi dibedakan menjadi dua hal, yakni tes intelegensi online dan paper base.

Tes online seringkali menjadi pilihan. Pasalnya, menawarkan beragam kelebihan terutama dari segi waktu.

Pada dasarnya, pelaksanaan tes intelegensi ini disesuaikan berdasarkan jenis tesnya. Seperti yang Anda tahu, saat ini ada banyak tes intelegensi yang tersedia.

Ada tes intelegensi yang hanya membutuhkan waktu selama 15 menit sampai 20 menit. Tes intelegensi semacam ini terbilang singkat.

Namun, ada tes intelegensi yang membutuhkan waktu selama 90 menit hingga 120 menit untuk menyelesaikannya.

Berapa Lama Pelaksanaan Tes Intelegensi Online?

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengetahui durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tes intelegensi, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. IST (Intelligenz Struktur Test)

Tes intelegensi pertama kali yang akan dibahas yakni IST atau Intelligenz Struktur Test. Tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui tingkat intelegensi seseorang.

Waktu yang Anda perlukan untuk mengerjakan tes ini kurang lebih selama 90 menit. Namun, waktu pengerjaan tersebut bisa lebih singkat atau semakin lama, karena instruksi yang diberikan berbeda-beda pada setiap sub tesnya.

Selain itu, IST merupakan tes intelegensi yang memerlukan seorang tester dengan keterampilan dalam menyajikan tes, proses skoring, hingga interpretasi. Sehingga, membutuhkan waktu yang lebih lama.

Beberapa aspek penting yang bisa diukur melalui tes ini antara lain, kemampuan memahami realitas, kemandirian dalam berpikir, kemampuan untuk berubah, kemampuan berpikir induktif dengan menggunakan bahasa, dan aspek-aspek lainnya.

2. CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

Berbicara soal tes intelegensi online, maka tidak akan pernah lepas dari tes CFIT atau Culture Fair Intelligence Test. CFIT merupakan salah satu jenis tes intelegensi yang seringkali digunakan, baik itu oleh psikolog maupun lembaga psikologi Indonesia.

Diadakannya tes ini bertujuan untuk mengukur intelegensi seseorang melalui cara yang sudah direncanakan. Sehingga, seseorang tersebut mampu mengurangi pengaruh iklim budaya tingkat pendidikan, hingga kecakapan verbal.

Berbeda dengan tes intelegensi sebelumnya, tes CFIT ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Kurang lebih hanya sekitar 30 menitan saja. Umumnya, tes ini terbagi menjadi dua komponen.

Pertama adalah fluid intelligence, yakni kecerdasan seseorang yang berasal dari sifat bawaan sejak lahir atau bisa disebut sebagai hereditas. Selanjutnya, crystallized intelligence, yakni kecerdasan seseorang yang mendapatkan pengaruh lingkungan. Sebagai contoh, kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang melalui proses belajar di bangku sekolah.

3. SPM (Standard Progressive Matrices)

SMP atau Standard Progressive Matrices merupakan tes intelegensi online yang bertujuan untuk mengukur kecerdasan seseorang terutama usia dewasa. Tes ini juga berperan penting untuk mengukur kemampuan umum seseorang atau mengungkapkan faktor general.

Waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tes ini kurang lebih 30 menit saja. Anda harus menyelesaikan 60 soal yang tersaji dalam lima seri, mulai dari seri A, seri B, seri C, seri D, hingga seri E.

Seri A dan seri B menyajikan soal dengan enam gambar kecil sebagai pilihan. Sementara itu, untuk seri C, seri D, seri E menyajikan tes dengan delapan pilihan. Selain itu, penyusunan soal dalam tes ini diurutkan berdasarkan soal yang paling mudah ke soal yang tersulit.

Pemilihan tes intelegensi tidak hanya dari segi lama atau tidaknya pelaksanaan tes. Namun, juga Anda sesuaikan dengan aspek yang akan diukur.

Saat ini, kebutuhan tes intelegensi online dapat terpenuhi dengan mudah. Hal ini berkat hadirnya NS Development.

NS Development menghadirkan aplikasi tes intelegensi yang mendukung fitur-fitur canggih guna melancarkan pelaksanaan tesnya. Ada banyak jenis atau alat tes yang disediakan dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan hingga durasi waktu pengerjaannya.

Seperti tes IST online, tes WPT online, tes TIU online, tes SPM online, hingga tes CFIT online. Tak hanya menyajikan jenis tes yang lengkap saja, tetapi aplikasi ini mudah untuk Anda gunakan mulai dari desktop atau ponsel hingga individual atau klasikal.

Bersama dengan NS Development, kini tes intelegensi online menjadi semakin mudah bukan? Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk keperluan pendidikan maupun pekerjaan.

Artikel berhubungan: