logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi

Tes SPM (Standard Progressive Matrices) merupakan salah satu tes intelegensi yang banyak digunakan dan mampu mengukur 6 aspek atau area kepribadian.

Dewasa ini, untuk mengetahui kemampuan, potensi, hingga kecerdasan seseorang sudah semakin mudah. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengikuti tes intelegensi.

Selain mudah, tes ini juga bisa Anda ikuti dengan memanfaatkan berbagai macam alat yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan maupun keinginan. Satu diantaranya yakni tes intelegensi SPM (Standard Progressive Matrices).

Mengenal Beragam Aspek Penting dalam Tes Intelegensi SPM

SPM merupakan akronim dari Standard Progressive Matrices. Merupakan salah satu jenis alat tes psikotes yang cukup populer di Indonesia.

SPM sendiri termasuk ke dalam tes non verbal, sehingga soal-soal yang disajikan menggunakan berbagai gambar. Mulai dari figure hingga desain abstrak.

Tes ini tidak berpusat pada kemampuan IQ seseorang. Namun, skor atau nilai yang diperoleh untuk menunjukkan tingkat kemampuan mental seorang anak.

Tujuan Tes SPM

Secara garis besar, SPM memiliki tujuan untuk mengungkap kemampuan seseorang dalam memahami figure yang tidak berarti. Caranya ada dua, yakni dengan mengobservasi maupun berpikir sejarah jernih ketika mengerjakan tes.

Setelah itu, Anda bisa melihat hubungan atau keterkaitan antara figure-figur yang ada. Dengan begitu, Anda bisa mulai mengembangkan penalaran.

Selain itu, tes ini juga bertujuan melakukan pengukuran kemampuan seseorang, guna membentuk hubungan persepsi.

Aspek-Aspek yang Diukur

Setidaknya ada enam aspek penting yang dapat diukur melalui tes intelegensi satu ini? Apakah itu? Berikut pemaparannya.

1. Aspek Konsentrasi

Aspek pertama yang diukur adalah konsentrasi. Salah satu tujuan pengukuran tingkat konsentrasi seseorang, karena konsentrasi menjadi tolak ukur yang sangat penting.

Seperti yang kita tahu, seseorang dapat memberikan perhatian dan fokusnya pada sebuah hal dengan baik, jika memiliki tingkat konsentrasi yang sama baiknya, dan begitu pula sebaliknya. Seseorang dengan konsentrasi yang buruk, akan kesulitan dalam memahami bahkan mengerjakan sesuatu.

2. Aspek Kecepatan dan Ketelitian

Aspek selanjutnya adalah kecepatan dan ketelitian. Kedua aspek ini sama pentingnya untuk bisa mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Seseorang dengan tingkat kecerdasan yang sangat baik, tentunya cepat dan teliti saat menangkap maupun mengolah berbagai macam informasi.

3. Aspek Sistematis

Sebagai salah satu tes intelegensi yang banyak digunakan, SPM juga melakukan pengukuran terhadap aspek sistematis. Pengukuran aspek ini dapat melihat kemampuan seseorang saat mengerjakan ataupun menyelesaikan sebuah tugas.

Jika memiliki pemikiran yang sistematis, maka pengerjaan dan penyelesaian tugas tersebut tentunya sesuai dengan urutan, tahapan, maupun langkah. Selain itu, juga menggunakan perencanaan yang tepat. Dengan begitu, hasil yang didapatkan efektif dan efisien.

4. Aspek Abstraksi

Pada aspek abstraksi kemampuan yang diukur dalam diri seseorang berkaitan dengan kemampuan menangkap, membayangkan, hingga menganalisa sesuatu. Sesuatu ini akan ditangkap oleh indera secara abstrak.

5. Aspek Ketepatan

Aspek dalam tes SPM berikutnya yakni aspek ketepatan. Ketepatan yang diukur yakni tentang bagaimana kemampuan seseorang bisa menghitung secara tepat. Meskipun begitu, dalam tes ini tidak ada soal yang berkaitan dengan penghitungan angka.

6. Aspek Penalaran

Penalaran yang dimaksud dalam aspek tes SPM ini adalah kemampuan seseorang saat memahami konsep ruang atau spasial. Maksudnya, aspek ini berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa membuat kesimpulan yang benar.

Selain itu, juga bisa membuktikan bahwa kesimpulan tersebut sesuai dengan yang diharapkan. Tentunya tidak lepas dari pengetahuan sebelumnya. Dengan kata lain, kesimpulan tersebut memiliki landasan teori yang bisa dipertanggungjawabkan.

Tes Intelegensi Secara Online dengan NS Development

Mengingat begitu banyaknya aspek yang bisa diukur dengan tes SPM, tak heran bila orang-orang memilih untuk mengikutinya. Kini, tes SPM bisa Anda lakukan dengan sangat mudah hanya melalui satu aplikasi saja, yakni menggunakan NS Development.

NS Development merupakan aplikasi tes intelegensi online yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk membantu pelaksanaannya. Aplikasi ini menghadirkan berbagai macam alat tes secara lengkap.

Salah satu yang ditawarkan adalah tes SPM online. Selain itu, masih banyak pilihan tes intelegensi lainnya seperti tes IST online, tes WPT online, tes TIU online, hingga tes CFIT online.

Sebagai aplikasi tes intelegensi, NS Development memberikan beragam kemudahan. Mulai dari hasil tes realtime, accessible, individual or klasikal, hingga laporan hasil tes dalam format PDF. Jangan pernah ragu untuk menggunakan NS Development.

Artikel berhubungan: