logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi

Untuk mengikuti tes intelegensi perlu persiapan maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Dalam dunia psikologis, pastinya Anda tidak asing lagi dengan tes intelegensi bukan? Tes ini merupakan salah satu tes psikologis yang berfungsi untuk mengukur tingkat kecerdasan atau kemampuan seseorang.

Jenis tes psikologis ini seringkali digunakan, baik itu dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Pada dasarnya, tes ini memiliki banyak manfaat.

Seperti mengukur kemampuan berpikir logis dan analitis, menemukan minat dan bakat seseorang, menjadi acuan untuk menentukan jurusan kuliah, merekrut karyawan sesuai kebutuhan perusahaan hingga membantu Anda mengenali diri dan mengembangkan potensi.

Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengikuti Tes Intelegensi

Saat ini, sudah banyak jenis tes yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan maupun kebutuhan. Misalnya saja, Intelligenz Struktur Tes atau IST digunakan untuk mengetahui tingkat IQ seseorang.

Standard Progressive Matrices atau SPM yang berfungsi untuk mengungkap faktor general seseorang. Tes Binet yang bisa Anda gunakan guna mengukur kemampuan mental seseorang.

Mengingat banyaknya manfaat dan jenis tesnya, Anda tidak boleh asal dalam mengikutinya. Artinya, ada beberapa hal penting yang mesti Anda persiapkan.

Kira-kira, apa sajakah itu? Berikut ini adalah pemaparannya.

1. Mengetahui dan Memahami Sistem dengan Baik

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada banyak jenis tes intelegensi dan setiap jenisnya memiliki sistem berbeda. Mulai dari tujuannya, soal, hingga penilaiannya.

Untuk itulah, pastikan Anda memahami sistemnya dengan baik. Dengan begitu, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Seperti, meminimalisir terjadinya kesalahan, memaksimalkan kemampuan, hingga mendapatkan hasil yang sesuai. Begitu pula sebaliknya, bila Anda tidak paham dengan sistem tesnya, bisa jadi mengalami kesulitan saat mengerjakannya.

2. Mempersiapkan Kondisi Psikologis dan Fisik dengan Sebaik Mungkin

Ibarat berperang, saat memutuskan untuk mengikuti tes ini Anda harus mempersiapkan amunisi terlebih dahulu. Mulai dari kondisi fisik yang sehat dan psikologis yang siap.

Untuk menjaga kondisi kesehatan fisik, sebelumnya Anda bisa menjaga pola makan, tidur yang cukup, mengelola stres, hingga rutin berolahraga. Kemudian, untuk menjaga kondisi psikologis, sebelum mengikuti tes Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. Seperti, healing, membaca komik, menonton film, dan lain sebagainya.

Kondisi tubuh yang sehat dan mental yang siap, akan memudahkan Anda dalam menjawab setiap soal dengan baik. Sehingga, hasilnya nanti bisa semakin maksimal.

3. Tetap Fokus dan Konsentrasi

Satu hal lagi yang tak kalah penting, dalam mengikuti tes intelegensi, Anda harus tetap fokus dan menjaga konsentrasi. Pasalnya, sebelum memutuskan untuk memberikan jawaban, Anda harus memahami setiap soal dengan baik.

Beberapa tes seringkali menyajikan soal yang sedikit rumit, sehingga membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi untuk bisa memecahkannya. Tak perlu cemas dan terlalu terburu-buru.

Cobalah untuk selalu bersikap tenang dan rileks, supaya konsentrasi tetap terjaga. Usahakan untuk meminimalisir adanya gangguan.

4. Memilih Aplikasi Terpercaya

Saat ini, tes intelegensi bisa Anda lakukan secara online, yakni dengan menggunakan dan memanfaatkan aplikasi. Meskipun begitu, pastikan Anda menggunakan aplikasi yang terpercaya supaya bisa memberikan banyak keuntungan.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni NS Development. NS Development telah menghadirkan aplikasi tes intelegensi secara online yang didukung dengan fitur-fitur canggih guna melancarkan pelaksanaan tes online.

Melalui fitur-fitur terbaiknya, aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa diantaranya pelaksanaan tes secara online, accessible, device desktop or mobile phone, individual atau klasikal, hasil tes realtime, hingga mendapatkan laporan hasil tes dalam format PDF.

Tak hanya itu saja, NS Development juga menghadirkan berbagai macam alat tes yang bisa Anda sesuaikan sendiri. Seperti tes IST online (Intelligenz Struktur Test), tes WPT online (Wonderlic Personnel Test), tes TIU online (Tes Intelegensi Umum), tes SPM online (Standard Progressive Matrices), hingga tes CFIT online (Culture Fair intelligence Test).

Penting untuk Anda ketahui, prinsip dari intelegensi online ini tidak mengubah tujuannya. Hanya saja, media aksesnya yang berbeda.

Sebelumnya, pelaksanaannya menggunakan paper base. Saat ini, bisa disajikan ke dalam bentuk online test. Hal ini tentu saja semakin memudahkan Anda, terutama dari segi waktu, tenaga, bahkan biaya. Maka dari itulah, penuhi kebutuhan tes intelegensi Anda dengan NS Development.

Artikel berhubungan: