logo PT Nirmala Satya Development
Eating Disorder

Eating disorder adalah kondisi yang kompleks dan sering kali menghancurkan yang berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan mental.

Gangguan makan yang terjadi pada setiap individu memiliki banyak dampak negatif, seseorang yang mengalami gangguan ini tentunya memiliki berbagai kondisi kesehatan yang tidak baik Eating disorder adalah penyakit mental serius yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Gangguan ini sering dikaitkan dengan citra tubuh yang terdistorsi, tetapi efek negatif dari eating disorder tidak terbatas pada penampilan fisik. Dalam artikel ini, kita akan membahas bersama-sama dampak paling serius dari eating disorder.

Dampak Eating Disorder

Terdapat berbagai dampak yang bisa ditimbulkan dari gangguan psikologis ini, berikut penjelasannya.

1. Gangguan kesehatan fisik

Eating disorder memiliki dampak besar pada kesehatan fisik dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan sering kali mengancam jiwa. Menurut Karen K. Sauls, Ph.D., seorang psikolog klinis yang berspesialisasi dalam eating disorder, komplikasi kesehatan fisik yang paling umum yang terkait dengan eating disorder termasuk ketidakseimbangan elektrolit, malnutrisi, dehidrasi, dan kerusakan pencernaan. Selain komplikasi ini, penderita eating disorder dapat mengalami berbagai gejala fisik, seperti kelelahan, lemas, pusing dan pingsan. Gejala-gejala ini dapat berdampak serius pada kehidupan sehari-hari, termasuk pekerjaan, studi dan hubungan.

2. Dampak Psikologi Lainnya

Dampak buruk dari eating disorder tidak terbatas pada kondisi fisik; pada kenyataannya, dampak psikologis dari eating disorder bisa sama merusaknya, bahkan lebih. Menurut Dr Lauren Mulheim, seorang psikolog klinis yang berspesialisasi dalam eating disorder, orang dengan eating disorder dapat mengalami berbagai gejala psikologis, termasuk kecemasan, depresi, lekas marah, dan harga diri yang rendah.Gejala-gejala psikologis ini bisa sangat sulit diobati karena dapat memperburuk masalah mendasar yang menyebabkan eating disorder. Sebagai contoh, orang dengan anoreksia nervosa mungkin merasa cemas dan tertekan dengan citra tubuh mereka, yang dapat menyebabkan peningkatan pembatasan makanan.

3. Isolasi sosial

Efek negatif lain dari eating disorder adalah isolasi sosial. Menurut Dr Soles, orang dengan eating disorder sering menarik diri dari situasi sosial dan menghindari kegiatan yang berhubungan dengan makanan atau makan di depan umum. Hal ini dapat menyebabkan perasaan kesepian dan terisolasi, yang selanjutnya dapat memperparah gejala psikologis yang mendasari gangguan tersebut. Selain isolasi sosial, orang dengan eating disorder juga mungkin mengalami kesulitan menjaga hubungan dengan teman dan keluarga.

4. Beban keuangan

Menurut Dr Muhlheim, eating disorder juga dapat memiliki dampak ekonomi yang signifikan karena perawatannya mahal dan memakan waktu, dengan banyak pasien yang membutuhkan perawatan jangka panjang dan beberapa kali kunjungan ke dokter, terapis, dan profesional kesehatan lainnya. Selain biaya pengobatan langsung, penderita eating disorder juga dapat mengalami biaya tidak langsung, seperti kehilangan upah karena tidak masuk kerja dan berkurangnya produktivitas karena gejala gangguan tersebut.

5. Peningkatan risiko kematian

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry, orang dengan eating disorder memiliki risiko kematian yang jauh lebih tinggi dibandingkan populasi umum, dengan tingkat kematian secara keseluruhan hingga 5%. Peningkatan risiko kematian ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk komplikasi kesehatan fisik, seperti gagal jantung dan kerusakan organ, dan efek psikologis dari gangguan ini, yang mengarah pada pikiran dan upaya bunuh diri.

Eating disorder adalah kondisi yang kompleks dan sering kali menghancurkan yang berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan mental. Mulai dari komplikasi fisik dan gejala psikologis hingga isolasi sosial dan beban keuangan, efek negatif dari eating disorder bisa sangat luas dan bertahan lama. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berjuang dengan eating disorder, penting bagi Anda untuk mencari bantuan dari seorang profesional medis yang berkualifikasi. Dengan perawatan dan dukungan yang tepat, Anda dapat pulih dari eating disorder dan mendapatkan kembali kendali atas hidup Anda.

Kesehatan mental merupakan salah satu indikator penting pada individu yang perlu dijaga dengna memiliki kesehatan mental yang baik seseorang dapat berkembang dan mengaktualisasikan dirinya , untuk mengetahui informasi kesehatan mental, kamu dapat melakukan Tes Psikologi Online yang tersedia pada platform NS Development.