Pengertian Agoraphobia

Agorafobia merupakan jenis Fobia yang menyebabkan ketidakmampuan berat bagi pasien karena membuat seseorang tidak mampu berfungsi dengan baik ditempat kerja maupun dilingkungan sosial diluar rumah.
Pengertian Agoraphobia
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Istilah agoraphobia (agorafobia) berasal dari Bahasa yunani yang artinya “takut terhadap tempat-tempat belanja”. Orang yang mengalami gangguan agoraphobia cenderung mengalami ketakutan pada kerumunan dan dan tempat-tempat ramai. Selain itu, mereka juga mengalami ketakutan ketika berada pada ruang sempit, takut pada tempat luas dan terbuka, terlebih saat mereka sendirian.

Berikut akan dijelaskan pengertian agoraphobia menurut pendapat para ahli dibidang ini, sebagai berikut.

Penggertian Agoraphobia (Agoragobia)

Wiramihardja (2005) memberikan definisi terhadap agoraphobia sebagai suatu ketakutan berada dalam suatu tempat atau situasi dimana ia merasa bahwa ia tidak dapat atau memiliki kekurangan baik secara fisik maupun psikis. penderita agorafobia cenderung mengalami kecemasan ketika berada di suatu lingkungan yang asing atau suatu tempat dimana ia merasa tidak nyaman seperti pada ruang terbuka, keramaian atau saat berpergian (Yaunin, 2012).

Menurut Sutardjo arti agoraphobia yaitu, suatu kecemasan yang berada didalam suatu tempat-tempat keramaian atau situasi dimana ia merasa bahwa tidak dapat atau sukar menjadi baik secara fisik maupun psikologis untuk melepaskan diri pada tempat-tempat keramaian.

Maka dari pendapat ahli diatas didapatkan penjelasan bahwa definisi Agoraphobia adalah suatu bentuk emosi negatif berupa kecemasan berlebihan secara mendalam yang dirasakan oleh individu dalam rentang waktu yang lama ketika berada pada suatu tempat dengan suasana keramaian, sesak, banyak orang, banyak suara dan berkerumun yang dapat mengakibatkan muculnya gejala-gejala psikis seperti was-was, khawatir, cemas, serangan panik tiba-tiba (Panic Attack) dan mempengaruhi tindakan perilaku maladaptif seperti menghindar, menutup mata, dsb sebagai bentuk perlindungan diri atas sedikit control pada fisik dan psikis diri individu terhadap tekanan di tempat-tempat keramaian. Bukan hanya itu kecemasan berlebihan di tempat-tempat keramaian juga disertai oleh pikiran-pikiran irrasional individu yang mengeluh dan tanpa beralasan bahwa akan terjadi sesuatu yang mengancam jiwa di masa yang akan datang.

Agorafobia merupakan jenis Fobia yang menyebabkan ketidakmampuan berat bagi pasien karena membuat seseorang tidak mampu berfungsi dengan baik ditempat kerja maupun dilingkungan sosial diluar rumah.

Cara Mengukur Agoraphobia

Sebelum melakukan sebuah terapi terhadap gangguan agoraphobia (atau gangguan fobia secara umum), yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi gangguan tersebut dengan tes psikologi. Ada beberapa tes psikologi yang bisa digunakan. Salah satu tes psikologi yang paling banyak digunakan dengan tingkat validitas yang tinggi adalah tes MMPI.

NS Development menyediakan tes psikologi MMPI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes MMPI Online memudahkan pengguna dalam mengakses tes MMPI.

Tes MMPI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengikuti tes MMPI Online? Anda dapat mengikutinya dengan registrasi langsung di link tautan Tes MMPI Online.

 

Referensi

Yaunin, Yaslinda. (2012). Gangguan Panik dengan Agorafobia. Majalah Kedokteran Andalas, 2(36),235-243.

Sutarjo A. (2005). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: PT. Refika Aditama.

psikotes online
Posted by Ardi Al Maqassary

Artikel lain yang berhubungan

Pengertian Agoraphobia

Pengertian Agoraphobia

Istilah agoraphobia (agorafobia) berasal dari Bahasa yunani yang artinya “takut terhadap tempat-tempat belanja”. Orang yang me ...

Penyebab Fobia

Faktor Penyebab Fobia yang Perlu Diketahui

Fobia bisa diderita oleh siapa saja tanpa batasan usia dan jenis kelamin. Penderita fobia menyadari bahwa ketakutannya tidak beralasan dan ...

Cara Menghilangkan Fobia

Cara Menghilangkan Fobia yang Perlu Anda Lakukan

Beberapa penderita fobia ringan biasanya mengatasi fobianya hanya dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan mereka takut. Berhasil atau ...

Jenis Jenis Phobia

Jenis-jenis Phobia (Fobia)

Ada beberapa jenis phobia yang perlu diketahui, karena hampir semua orang mengalami fobia pada hal-hal tertentu. Anda perlu mengetahui jen ...

Cara Mengatasi Fobia Sosial

Cara Mengatasi Fobia Sosial

Fobia Sosial merupakan ketakutan yang tidak rasional dan menetap, biasanya berhubungan dengan kehadiran orang lain. Orang dengan fobia sos ...

Pengertian Fobia Sosial

Pengertian Fobia Sosial

Fobia sosial adalah ketakutan yang tidak rasional terhadap pandangan negatif orang lain. Ketakutan ini bisa terjadi pada situasi dalam men ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.