logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Fobia Sosial

Fobia sosial adalah ketakutan yang berlebihan dalam melakukan hal-hal yang ditonton oleh orang yang banyak, hampir sama dengan orang yang mempunyai gangguan kecemasan sosial.

Fobia sosial adalah ketakutan yang tidak rasional terhadap pandangan negatif orang lain. Ketakutan ini bisa terjadi pada situasi dalam menghadapi khalayak umum ataaupun kelompok-kelompok sosial. Fobia sosial sangat mengganggu seseorang yang mengalaminya. Berikut kami akan menjelaskan lebih detail pengertian fobia sosial agar dapat memahami gangguan ini lebih lengkap.

Pengertian Fobia Sosial yang Perlu Diketahui

Fobia sosial adalah ketakutan yang berlebihan dalam melakukan hal-hal yang ditonton oleh orang yang banyak, hampir sama dengan orang yang mempunyai gangguan kecemasan sosial. Perbedaannya, orang yang mempunyai fobia sosial tidak mempunyai ketakutan dengan situasi yang tidak formal seperti percakapan santai atau bertemu orang untuk pertama kalinya. Penderita merasa bahwa semua orang memandangi dan mengevaluasi dirinya sehingga mereka cenderung menghindari situasi sosial, seperti berbicara di depan publik, tampil di panggung, bekerja ketika diawasi, makan di tempat umum, dan berkencan, karena khawatir akan berbuat sesuatu yang memalukan (Veale 2003). Keadaan ini menetap, berlangsung terus menerus dan dapat ditimbulkan oleh orang yang mereka kenal. Kecemasan penderita lebih kuat ditimbulkan oleh kelompok daripada individual, teman-teman sebaya daripada orang yang lebih tua, orang dengan jenis kelamin yang berbeda, dan orang yang lebih berkuasa (Veale 2003).

Penderita fobia sosial dengan jelas dan terus-menerus merasa cemas atau ketakutan dalam satu atau banyak situasi sosial. Mereka juga memiliki pikiran negatif terhadap diri mereka sendiri, interaksi orang lain maupun sosial. Mereka selalu merasa dihakimi dalam situasi sosial. Pada saat yang sama, mereka merasa khawatir dan sadar akan gejala cemas mereka yang ditemukan, menyebabkan orang lain memiliki kesan buruk terhadap mereka atau bahkan menyebabkan penghinaan pada diri mereka sendiri. Mereka mungkin juga merasa bahwa setiap orang menuntut orang-orang di sekitarnya, dan akan menilai seseorang melalui penampilan sosialnya.

Fobia sosial membuat seseorang gagal melakukan aktivitas sosial normal mereka, sehingga sangat mempengaruhi kehidupan, pekerjaan atau studi mereka. Seseorang dengan fobia sosial akan merasa frustrasi dan depresi, menyebabkan mereka melarikan diri lebih jauh. Faktanya, fobia sosial bisa disembuhkan melalui psikoterapi dan pengobatan. Jika seorang pasien mencari pengobatan yang tepat sebelumnya, tingkat pemulihan umumnya tinggi dan pasien diaktifkan untuk menjalani kehidupan sosial yang normal lagi.

Terdapat dua tipe fobia sosial, yaitu fobia sosial umum yang lebih parah dan lebih buruk prognosisnya dimana penderitanya cemas dalam sebagian besar situasi sosial; dan fobia sosial spesifik yang lebih mudah ditangani dengan prognosis yang lebih baik karena kecemasan penderita hanya terbatas pada situasi sosial tertentu (Franklin 2003).

Dalam situasi sosial, penderita fobia sosial mungkin tetap diam untuk menghindari perhatian. Saat menghadapi orang lain, mereka mungkin mudah tersipu atau gemetar. Secara bertahap, mereka berusaha menjauh dari situasi sosial. Mereka, bagaimanapun, berbeda dari yang eksentrik karena mereka memang tidak suka berperilaku seperti itu. Mereka juga tahu bahwa kecemasan mereka berlebihan namun mereka tidak bisa mengendalikan diri. Akhirnya, mereka hanya bisa memilih untuk lolos dari resolusi mereka.

Cara Mengukur Gangguan Fobia

Sebelum melakukan sebuah terapi terhadap gangguan fobia sosial (atau gangguan fobia secara umum), yang perlu dilakukan adalah melakukan identifikasi gangguan tersebut dengan tes psikologi. Ada beberapa tes psikologi yang bisa digunakan. Salah satu tes psikologi yang paling banyak digunakan dengan tingkat validitas yang tinggi adalah tes MMPI.

NS Development menyediakan tes psikologi MMPI dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes MMPI Online memudahkan pengguna dalam mengakses tes MMPI.

Tes MMPI Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengikuti tes MMPI Online? Anda dapat mengikutinya dengan registrasi langsung di link tautan Tes MMPI Online.