logo PT Nirmala Satya Development
Ciri-ciri Kecerdasan Intelektual

Ciri-ciri yang menunjukkan seseorang memiliki kecerdasan intelektual yaitu Kemampuan untuk mengklasifikasikan pola, Kemampuan untuk memodifikasi perilaku adaptif, Kemampuan untuk berpikir secara deduktif, Kemampuan berpikir secara induktif, Kemampuan untuk mengembangkan dan menggunakan model konseptual dan Kemampuan untuk memahami atau mengerti.

Kecerdasan intelektual merupakan anugrah terbesar yang luar biasa. Dengan kapasitas intelektual, segala macam persoalan akan lebih mudah dihadapi. Orang-orang dengan tingkat intelektual yang tinggi, diprediksi merupakan orang-orang yang unggul jika dibandingkan dengan orang-orang lainnya. Tapi tahukah kamu, ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi?

Berikut kami akan menjelaskan ciri-ciri kecerdasan intelektual yang dikemukakan oleh para ahli dibidangnya.

Ciri-ciri Kecerdasan Intelektual

Menurut Louis Thurstone menyatakan bahwa kecerdasan intelektual terdiri dari tujuh kemampuan mental primer yang meliputi: (a) Kemampuan spasial, (b) Kecepatan perseptual, (c) Penalaran numeric, (d) Makna verbal, € Kelancaran kata, (f) Ingatan dan (g) Penalaran induktif.

Sedangkan menurut Nickerson, perkins dan Smith yakin pada beberapa kemampuan yang mereka percayai mampu menunjukkan kecerdasan intelektual manusia, yaitu sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk mengklasifikasikan pola. Semua manusia yang mempunyai intelegensi normal akan mampu menempatkan stimulus tak-indentik ke dalam kelompok. Kemampuan ini merupakan dasar berpikir dan berbahasa, karena kata-kata pada umumnya merepresentasikan pengkategorian informasi.
  2. Kemampuan untuk memodifikasi perilaku adaptif. Kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang ada. Para teoritikus menyetujui bahwa kemampuan beradaptasi ini merupakan hal terpenting yang mencirikan intelegensi manusia.
  3. Kemampuan untuk berpikir secara deduktif. Berpikir deduktif meliputi pembuatan kesimpulan yang logis dari suatu premis.
  4. Kemampuan berpikir secara induktif. Orang yang berpikir secara induktif perlu “keluar” dari informasi yang diberikan, untuk mengetahui datau menemukan aturan-aturan maupun prinsip-prinsip dari beberapa peristiwa yang spesifik.
  5. Kemampuan untuk mengembangkan dan menggunakan model konseptual. Kemampuan ini berarti bahwa kita membentuk kesan tentang dunia dan bagaimana dunia berfungsi serta menggunakan model tersebut untuk memahami dan menginterpretasikan semua peristiwa dalam hidup.
  6. Kemampuan untuk memahami atau mengerti. Kemampuan yang berkaitan dengan kemampuan untuk melihat hubungan masalah dan memahami makna hubungan tersebut dalam memecahkan masalah.

Jadi menurut Nickerson, perkins dan Smith ada enam ciri-ciri yang menunjukkan seseorang memiliki kecerdasan intelektual yaitu Kemampuan untuk mengklasifikasikan pola, Kemampuan untuk memodifikasi perilaku adaptif, Kemampuan untuk berpikir secara deduktif, Kemampuan berpikir secara induktif, Kemampuan untuk mengembangkan dan menggunakan model konseptual dan Kemampuan untuk memahami atau mengerti.

Ingin mengetahui tingkat kecerdasan intelektual kamu? Anda dapat melakukannya di NS Development, sebuah aplikasi psikotes online terpercaya di Indonesia, yang diampuh oleh psikolog-psikolog berpengalaman. Anda dapat langsung registrasi tes intelektual di NS Development.

Artikel berhubungan: