logo PT Nirmala Satya Development
Jenis Tes Intelegensi Tes

Alfred Binet berasumsi bahwa intelegensi dapat diukur melalui tugas yang menggunakan penalaran intelektual. Pemecahan masalah juga tidak tergantung pada keterampilan motorik atau keterampilan fisik seseorang.

Selain tes IST, masih ada banyak sekali jenis tes intelegensi lainnya yang sering diujikan. Salah satunya adalah Tes Binet. Apa itu Tes Binet? Bagaimana sejarahnya dan apa tujuan tes ini? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Apa Itu Tes Binet

Sesuai dengan penamaannya, tes ini dikembangan oleh Alfred Binet yang merupakan seorang psikolog asal Perancis. Ia juga merupakan pencipta tes IQ yang praktis pertama kali.

Bagaimana awal mula Alfred Binet mengembangkan tes ini? Pada awalnya, sekitar tahun 1905. Binet mendapatkan tugas dari pemerintah untuk mendeteksi anak-anak yang ternyata memiliki tingkat kecerdasan dibawah rata-rata (terbelakang).

Alfred Binet berasumsi bahwa intelegensi dapat diukur melalui tugas yang menggunakan penalaran intelektual. Pemecahan masalah juga tidak tergantung pada keterampilan motorik atau keterampilan fisik seseorang.

Beberapa prinsip yang mendasari penyusunan tes ini adalah:

  • Fungsi intelegensi umum pada seseorang.
  • Kecerdasan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.
  • Tingkat intelektual atau kecerdasan seseorang dapat diukur dengan memanfaatkan beberapa macam tugas.

Dalam menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya. Binet tidak bekerja sendirian. Melainkan, ia bekerja sama dengan Theodore Simon yang merupakan Ahli Psikologi di Perancis. Dalam kerja sama ini, keduanya berhasil menerbitkan Skala Binet-Simon yang pertama. Skala ini juga dikenal sebagai skala 1905.

Tes Stanford – Binet sendiri memiliki 30 tes dengan tingkat kesulitan semakin tinggi. Tes ini juga dirancang agar dapat mencakup tentang fungsi yang luas, yang dianggap Alfred Binet sebagai komponen hakiki intelegensi. Tes ini bahkan dapat menarik banyak perhatian dari para psikolog di seluruh dunia.

Perkembangan Tes Binet dari Masa ke Masa

Tes binet mengalami perkembangan dari masa kemasa melalui beberapa revisi. Revisi tes Binet adalah sebagai berikut:

1. Revisi Pertama di Tahun 1908

Dalam revisi tahun 1908 ini. Jumlah tes semakin ditingkatkan, tes yang memberikan hasil kurang maksimal juga dihilangkan, dan dilakukan juga penggolongan berdasarkan kelompok umur subjeknya.

2. Revisi Tahun 1911

Dalam revisi tahun 1911 ini, tes ini telah mulai menggunakan MA. Sistem penilaiannya sendiri masih sama, yakni dengan memberikan nilai 0-2 untuk tiap soal.

3. Revisi Tahun 1916

Setelah Binet meninggal pada 18 Oktober 1911 dan setelah dipakai selama 5 tahun, dilakukanlah lagi revisi. Revisi di tahun 1916 yang paling terkenal adalah Stanford-Binet Test yang dilakukan di Universitas Stanford oleh Lewis Terman dan rekan-rekannya.

Ada perubahan item (jadi 90 item), perubahan bahasa (Perancis ke Inggris), mulai dilakukan dengan metode cermat yang dikembangkan melalui aspek psikologis yang lebih cermat, sudah menggunakan IQ yang dikenalkan oleh William Stern dengan rumus MA/CA, dilakukan dengan cara baru yang menggunakan kombinasi sejumlah fungsi mental dalam penyajiannya, serta sistem penilaiannya juga sudah dilakukan secara objektif.

Sayangnya, versi ini juga masih memiliki beberapa kekurangan. Seperti terlalu banyak mengukur kemampuan verbal dan validasi tingkat pengukurannya kurang memuaskan untuk tingkat rendah dan dewasanya.

4. Skala Stanford Binet Revisi 1 di Tahun 1937

Jenis tes intelegensi satu ini mengalami perkembangan lagi di tahun 1937. Dilakukan oleh Terman dan Merril. Dilakukan penetapan 1 item pada kelompok tertentu berdasarkan tes yang dijawab, banyak mengukur kemampuan verbal, dan diciptakanlah tes paralel form L and form M.

5. Skala Stanford Binet Revisi 2 di Tahun 1960

Merupakan revisi terakhir yang digunakan hingga sekarang. Beberapa perubahan materi yang tampak digabung menjadi 1 antara bentuk L dan M. Ada cukup banyak perubahan yang terjadi dalam bentuk ini.

Bagaimana dengan tes Binet yang digunakan di Indonesia?

Indonesia sendiri menggunakan Stanford Binet Intelligence Scale Form L-M. Tes ini merupakan revisi terakhir di tahun 1960 yang direvisi oleh Terman dan Merril. Tes ini dapat digunakan untuk melakukan penilaian klinis dan neuropsikologis, pilihan pendidikan yang sesuai beserta dengan evaluasi kompensasi, untuk pemilihan dan penilaian karir karir, untuk perawatan neuropsikologis dewasa, forensik, dan juga untuk penelitian tentang bakat.

Apa Saja Tahapan Administrasi Tes Binet?

Secara umum, tahapan administrasi tes binet terdiri atas:

  • Prolog : Menjelaskan tujuan dan prosedur tes yang akan dilakukan.
  • Pengecekan peralatan yang akan digunakan dalam tes.
  • Pelaksanaan tes binet.
  • Proses scoring atau penilaian dalam tes binet.
  • Pembuatan laporan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Tes Binet

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan tes ini. Diantaranya adalah menentukan umur kronologis anak (CA). Tes intelegensi ini akan dimulai pada titik dimana anak memiliki kemungkinan untuk berhasil dengan usaha. Umumnya, tes ini akan dimulai pada ½ atau 1 tahun dibawah umur kronologis anak tersebut.

Apa Saja Isi Tes Binet?

Tes Binet dengan Skala Stanford – Binet ini berisi beberapa materi. Yakni:

  • Sebuah kotak yang berisi beberapa macam mainan yang akan diperlihatkan pada anak-anak.
  • 2 buah buku kecil yang berisi cetakan kartu-kartu.
  • Sebuah buku catatan untuk mencatat jawaban beserta dengan skornya.
  • Sebuah petunjuk pelaksanaan tes.  

Sekian pembahasan mengenai jenis tes intelegensi satu ini. Tes binet sendiri merupakan salah satu tes yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan mental seseorang. Salah satu tes populer yang masih digunakan hingga sekarang.

Tes Intelegensi Online

Tes Binet merupakan salah satu jenis tes intelegensi. NS Development menyediakan tes Intelegensi dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Intelegensi Online. Menggunakan Aplikasi tes Intelegensi Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Intelegensi.

Tes Intelegensi Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Intelegensi Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Intelegensi Online.

Artikel berhubungan: