logo PT Nirmala Satya Development
Eating Disorder

Pemulihan dari eating disorder adalah sebuah perjalanan dan mungkin ada kemunduran di sepanjang jalan

Eating disorder adalah penyakit mental yang kompleks dan serius yang dapat berdampak signifikan pada kesehatan fisik dan psikologis seseorang. Memulihkan diri dari eating disorder bisa jadi sulit, tetapi dengan perawatan dan dukungan yang tepat, hal itu mungkin dilakukan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga cara penyembuhan dari eating disorder.

1. Terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif (CBT) adalah jenis terapi bicara yang telah terbukti efektif dalam pengobatan eating disorder. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Eating Disorders menemukan bahwa CBT membantu penderita anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan eating disorder berlebihan untuk mencapai dan mempertahankan pemulihan. Terapi ini dapat membantu Anda.

CBT membantu mengidentifikasi dan menantang pikiran dan keyakinan negatif tentang makanan, berat badan, dan citra tubuh. Dengan mengubah pola pikir negatif ini, Anda dapat mempelajari cara-cara yang lebih positif dan adaptif untuk mengatasi masalah, yang dapat membantu Anda mencegah kekambuhan. Dr Evelyn Attia, direktur Program Penelitian Eating disorder di Universitas Columbia, mencatat pentingnya intervensi dini dalam pengobatan eating disorder. Ia menekankan perlunya tenaga kesehatan profesional untuk mengenali tanda dan gejala eating disorder dan memberikan perawatan dan dukungan yang tepat sedini mungkin.

2. Family-based treatment (Perawatan keluarga)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association, terapi keluarga, yang juga dikenal sebagai pendekatan Moseley, sangat efektif pada remaja dengan anoreksia nervosa. untuk anoreksia nervosa. FBT melibatkan seluruh keluarga dalam proses perawatan untuk mengembalikan berat badan dan mendorong pola makan yang sehat. Orang tua berperan aktif dalam pemulihan anak mereka di bawah bimbingan seorang terapis yang berkualifikasi. Dengan melibatkan keluarga, FBT dapat mengatasi dinamika keluarga yang mungkin berkontribusi terhadap eating disorder, seperti konflik dan stres. Daniel Le Grange, profesor psikiatri dan ilmu saraf perilaku di University of Chicago, telah banyak menulis tentang penggunaan terapi keluarga dalam pengobatan eating disorder. Dia menekankan pentingnya melibatkan keluarga dalam proses pengobatan. Hal ini karena hal ini membantu mengatasi dinamika keluarga yang mungkin berkontribusi terhadap eating disorder.

3. Acceptance and commitment therapy (Terapi Penerimaan dan Komitmen)

Acceptance and Commitment Therapy (ACT) adalah pendekatan yang relatif baru untuk mengobati eating disorder, tetapi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Contextual Behavioral Science, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mendorong pemulihan. ACT telah terbukti membantu penderita bulimia mengurangi episode makan berlebihan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

ACT berfokus pada pembelajaran keterampilan kesadaran, membantu Anda untuk menyadari pikiran dan perasaan Anda tanpa menghakimi. Kesadaran diri yang lebih besar memungkinkan Anda untuk mengelola emosi yang sulit secara lebih konstruktif. ACT juga membantu menjaga motivasi dalam pemulihan dengan menetapkan tujuan yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi. Kristin Neff, Ph.D., profesor psikologi pendidikan di University of Texas di Austin, membahas peran menyalahkan diri sendiri dalam pemulihan eating disorder. Dia menekankan perlunya bersikap baik dan memahami diri sendiri, bukan menyalahkan diri sendiri atau mengkritik diri sendiri.

Penyembuhan dari eating disorder adalah mungkin, tetapi itu bisa menjadi jalan yang panjang dan sulit. Meskipun ketiga metode yang dijelaskan di atas telah terbukti efektif dalam mendorong pemulihan, namun itu bukan satu-satunya pilihan. Penting untuk bekerja sama dengan ahli kesehatan yang berkualifikasi untuk menentukan perawatan terbaik untuk kebutuhan pribadi Anda. Selain pengobatan berbasis terapi ada juga sejumlah upaya swadaya yang dapat membantu mempercepat pemulihan. Misalnya, membuat jaringan pendukung, mempraktikkan perawatan diri, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang mempromosikan citra tubuh yang positif.

Perlu digaris bawahi pemulihan dari eating disorder adalah sebuah perjalanan dan mungkin ada kemunduran di sepanjang jalan. Namun, dengan perawatan dan dukungan yang tepat, pemulihan dapat dicapai dan dipertahankan dan kehidupan yang bahagia dan memuaskan dapat dijalani.

Kesehatan mental merupakan salah satu indikator penting pada individu yang perlu dijaga dengna memiliki kesehatan mental yang baik seseorang dapat berkembang dan mengaktualisasikan dirinya , untuk mengetahui informasi kesehatan mental, kamu dapat melakukan Tes Psikologi Online yang tersedia pada platform NS Development.