logo PT Nirmala Satya Development
jasa psikotes online

Konsep transformasi alat tes psikologi yang diusung jasa psikotes online NSD benar-benar dapat diandalkan untuk mengembangkan semua proses tes kedalam bentuk online tes sehingga memudahkan penyelenggaraannya.

Sebagai penyedia jasa psikotes online baik secara individual maupun massal, NS Development memiliki dukungan sistem yang terintegrasi dengan sangat baik. Penerapan sistem tersebut sekaligus memberikan hasil laporan psikotes secara realtime dan lebih akurat. Bahkan dapat diandalkan untuk me-record setiap proses rekrutmen dan assessment.

Baik perusahaan, biro psikologi, hingga institusi pendidikan menggunakan layanan psikotes dengan tujuan untuk membantu mengenal seluruh potensi, minat, dan bakat yang dimiliki seseorang. Psikotes yang diujikan merupakan prosedur yang tersusun secara sistematis untuk membandingkan perilaku 2 orang atau lebih. Pada dasarnya, perilaku para kandidat ujianlah yang digunakan sebagai ukuran objektif dan telah distandarisasikan.

6 Persyaratan Tes Psikologi yang Baik

Jasa tes psikologi online adalah penyedia jasa yang menyelenggarakan tes untuk mengukur aspek psikis individu secara online dengan menggunakan prinsip mental ability. Dipercaya menjadi layanan psikotes nomor wahid di Indonesia, NSD siap membantu membangun pusat data dan mempermudah pengambilan keputusan dalam proses rekrutmen dan assessment. Hal ini karena adanya dukungan sistem yang terintegrasi dalam sebuah aplikasi rekrutmen.

Sebagai penyedia jasa tes psikologi online terpercaya, NSD memiliki prinsip-prinsip dan persyaratan yang telah disesuaikan dengan prosedur administrasi tes. Adapun beberapa persyaratan tersebut meliputi:

Syarat Validitas

Psikotes yang baik harus memenuhi taraf yang digunakan sebagai tolak ukur terkait apa yang seharusnya diukur dari peserta tes. Semakin tinggi validitas suatu tes, maka akan semakin tepat sasarannya. Penjelasan mudahnya adalah tes psikologi yang diujikan pada anak umur 6-14 tahun tentu berbeda dengan peserta dewasa.

NSD juga menerapkan persyaratan tersebut, dimana tes yang diadakan benar-benar dapat diandalkan sebagai pengukur kemampuan intelegensi seseorang. Perumusan validitas suatu tes meliputi face validity, content validity, construct validity, dan predictive validity atau concurrent validity. Kesimpulannya adalah, suatu tes dapat dikatakan valid apabila benar-benar digunakan untuk mengukur berbagai faktor yang semestinya diukur. 

Reliable (Keajegan Suatu Tes)

Jasa psikotes online NSD memiliki fitur unggulan berupa alat-alat tes yang disediakan sudah reliabel serta diuji oleh para ahli dibidangnya. Reliabilitas adalah sampai dimana hasil pengukuran suatu tes dapat dipercaya.

Dikatakan reliabel jika tes yang diujikan dalam beberapa kali pelaksanaan pengukuran terhadap kelompok subjek, hasilnya relatif sama. Umumnya, terdapat 3 macam pendekatan reliabilitas menurut prosedur yang dilakukan, yakni test-retest (pendekatan tes ulang), parallel forms (pendekatan bentuk paralel/tes kembar), dan internal consistency (pendekatan konsistensi internal).

Menggunakan Standarisasi Tes

Persyaratan tes yang diujikan jasa psikotes online yang baik selanjutnya adalah telah distandarisasikan. Tujuannya adalah untuk memperoleh perlakuan yang sama pada setiap tes yang diujikan.

Skor penilaian tes dikatakan memiliki arti jika telah dibandingkan satu sama lain atau bersifat relatif. Hal-hal penting yang harus distandarisasikan meliputi penyelenggaraan tes, skoring, dan interpretasi hasil tes.

Tes Harus Objektif

Hasil testing atau penilaian menunjukkan tidak ada bias dalam menetapkan score. Hal ini dibuktikan jika hasil testing tidak dipengaruhi oleh pendapat serta pertimbangan tester. Dengan kata lain dapat dikatakan jika tes yang telah memenuhi syarat obyektif akan memberikan hasil yang sama meskipun dinilai oleh beberapa tester.

Bersifat Komprehensif

Dalam tes prestasi belajar, syarat ini dinilai penting. Jadi, tes yang diujikan jasa psikotes online juga diandalkan untuk mengungkapkan dan menyelidiki banyak hal. Tes yang bersifat komprehensif dapat mengungkapkan pengetahuan tentang segala hal yang harus dipelajari.

Mudah Digunakan

Semakin tinggi taraf persyaratan yang dimiliki suatu tes maka tes tersebut dianggap baik. Jadi, diharapkan tes yang diujikan mudah pemakaiannya.

NSD mengadakan tes psikologi online yang dibuat user friendly sehingga mudah pemakaiannya. Selain itu, layanan tes dapat diakses dengan mudah melalui via desktop maupun mobile phone, yakni menggunakan aplikasi browser atau android.

Konsep transformasi alat tes psikologi yang diusung jasa psikotes online NSD benar-benar dapat diandalkan untuk mengembangkan semua proses tes kedalam bentuk online tes sehingga memudahkan penyelenggaraannya. Semua proses yang diselenggarakan dinilai lebih efektif dan efisien dari segi waktu, biaya, dan tempat pelaksanaan.

Artikel berhubungan: