logo PT Nirmala Satya Development
Platform Psikotes Online

Hasil dari psikotes yang dilakukan tersebut akan menentukan apakah calon karyawan tersebut cocok diterima di perusahaan atau tidak.

Zaman sekarang banyak perusahan yang menggunakan platform psikotes online untuk rangkaian proses rekrutmen karyawan baru. Psikotes yang diterapkan dalam proses seleksi karyawan baru memiliki fungsi untuk mengenal watak calon karyawan meliputi perilakunya maupun kepribadian sebenarnya yang mungkin saja tidak kasat mata atau tidak ditunjukkan secara langsung.

Hasil dari psikotes yang dilakukan tersebut akan menentukan apakah calon karyawan tersebut cocok diterima di perusahaan atau tidak. Selain itu psikotes juga dapat menentukan kecocokannya bekerja dibagian apa dalam perusahaan.

Hasil psikotes juga dapat digunakan perusahan untuk melihat motivasi kerja calon karyawan, bakat, emosional, hubungan dengan orang lain dan juga bagaimana sikapnya dalam menghadapi dan menyelesaikan sebuah masalah yang ia temui dalam kehidupan.

Manfaat Menggunakan Platform Psikotes Online Bagi Perusahaan

Dalam melakukan psikotes tidak ada yang namanya salah atau benar, melainkan cocok atau tidaknya calon karyawan untuk bekerja di perusahaan dengan mengisi posisi yang dilamar.

Kemampuan akademik yang dimiliki seseorang juga tidak mampu menjamin ia akan lulus psikotes. Hal ini karena secara umum tes psikologi ditujukan untuk mengukur aspek psikis seseorang dan menunjukkan potensi logika bukan hanya kemampuan akademiknya saja.

Perusahaan tentu saja juga bukan hanya mencari karyawan yang memiliki kemampuan akademik, tetapi juga memperhatikan sifat dan karakteristik yang dimilikinya. Tes psikologi yang dilakukan perusahaan juga dapat dilakukan dengan berbagai cara baik offline atau konvensional maupun secara online dengan memanfaatkan platform psikotes online.

Untuk cara konvensional dilakukan dengan tatap muka, calon karyawan dapat diberi kertas soal tes psikologi yang harus dikerjakan kemudian dikumpulkan ke perusahaan maupun dengan wawancara. Dengan ini maka calon karyawan harus berkumpul di suatu tempat dan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Sedangkan psikotes dengan cara online, pesertanya tidak perlu berkumpul di suatu tempat. Pengerjaan tesnya juga secara online dengan memanfaatkan platform psikotes. Media yang digunakan juga dapat melalui handphone ataupun komputer. Pelaksanaannya juga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Karena inilah banyak perusahaan yang menggunakan platform psikotes secara online. Lalu apa sajakah manfaat menggunakan platform psikotes online bagi perusahaan? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan.

Meminimalisir Risiko Human Error

Manfaat yang pertama yaitu untuk meminimalisir terjadinya kesalahan oleh petugas dalam memeriksa hasil psikotes. Dengan adanya kesalahan dalam menilai hasil psikotest calon karyawan maka akan berdampak pada hasil psikotes yang tidak akurat dan dapat menyebabkan kesalahan dalam menentukan keputusan.

Bisa saja seorang calon karyawan yang memiliki potensi yang bagus akan tetapi karena adanya kesalahan dalam penilaian hasil psikotes ia malah menjadi gagal dalam tahap psikotes. Karena itu dengan menggunakan psikotes online akan menghasilkan hasil yang akurat dan meminimalisir terjadinya kesalahan.

Lebih Efisien

Dengan menggunakan platform ini maka tugas perusahaan dalam proses psikotes calon karyawan baru menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memeriksa hasil psikotes untuk menilainya karena nilai psikotes sudah akan muncul sendiri setelah calon karyawan mengerjakannya. Hasilnya pun akan lebih akurat.

Sistem Psikotes Lebih Praktis

Manfaat menggunakan platform psikotes online selanjutnya yaitu perusahaan akan mendapatkan sistem psikologi yang lebih praktis daripada psikotes konvensional. Hal ini karena dalam platform psikotes sudah dilengkapi dengan panduan menjawab yang jelas dan juga dilengkapi dengan timer atau batasan waktu.

Sehingga perusahaan tidak perlu repot membatasi waktu dalam pengerjaan tes. Dengan demikian proses psikotes menjadi lebih praktis dan memudahkan perusahaan dan juga peserta tes.

Menyesuaikan Jenis Psikotes dengan Posisi Pekerjaan

Biasanya tes psikologi yang digunakan perusahaan jenisnya tidak cocok dengan pekerjaan yang tersedia. Karena itu perusahaan seharusnya menyesuaikan psikotes sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan nantinya. Hal ini nantinya benar-benar menguji kemampuan dan potensi calon karyawan, bukan hanya sebatas formalitas saja.

Dengan menggunakan platform psikotes online ini perusahan dapat menyesuaikan jenis soal psikotes yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan akan mendapatkan karyawan yang benar-benar cocok untuk bekerja di perusahaan.

Artikel berhubungan: