logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Tes psikologis adalah penilaian yang dilakukan oleh profesional yang ahli, biasanya seorang psikolog untuk mengevaluasi emosi, kecerdasan, dan perilaku seseorang

Platform psikotes online kini banyak tersedia dan dapat digunakan oleh berbagai keperluan perusahaan dengan lebih mudah. Melansir artian dari Wikipedia, tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan pengambilan sampel perilaku guna menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional terkait individu tertentu. 

Tes psikologis adalah penilaian yang dilakukan oleh profesional yang ahli, biasanya seorang psikolog untuk mengevaluasi emosi, kecerdasan, dan perilaku seseorang.

Tips Memilih Platform Psikotes Online

Psikotes ini biasanya juga diterapkan oleh suatu perusahaan ketika akan merekrut karyawan baru. Penggunaan tes psikologi dalam proses seleksi karyawan baru tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan kandidat, mengenal kepribadian kandidat, hingga untuk memprediksi kinerjanya.

Dengan ini maka perusahaan akan mendapatkan kandidat karyawan yang terbaik, penempatan posisi karyawan yang tepat dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Karena pentingnya psikotes ini maka pelaksanaan tesnya tentu saja tidak dapat dilakukan dengan platform sembarangan.

Pastikan perusahaan Anda menggunakan platform yang cocok, terbaik dan terpercaya agar hasil yang diberikan juga akurat dan tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih platform psikotes online yang dapat Anda terapkan:

Perhatikan Kemudahan Pengaturan (1)

Tips yang pertama yaitu dengan memperhatikan kemudahan pengaturan. Pilihlah platform yang mudah untuk diatur dalam bentuk seting soal maupun penilaiannya. Hal ini karena mengingat bahwa tujuan menggunakan platform online tersebut untuk mempermudah perusahaan dalam proses perekrutan calon karyawan baru. Pastikan Anda juga menentukan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan perusahaan Anda.

Perhatikan Tingkat Kecanggihan Platform (2)

Seperti yang telah diketahui, bahwa sekarang banyak tersedia platform psikotes yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memperhatikan kecanggihan platform juga harus dilakukan. Anda dapat memilih platform yang mempunyai tingkat akurasi dan kecepatan penilaian yang cepat dan objektif. Hal tersebut pastinya akan mempermudah dan membuat proses tes menjadi semakin efisien.

Pilihlah Platform yang Berbasis Cloud (3)

Cloud adalah fitur yang harus benar-benar dipertimbangkan dalam memilih platform psikotes online. Basis cloud atau penyimpanan daring juga dapat membuat proses pemindahan data-data jauh menjadi lebih cepat dan juga efisien.

Karena inilah memilih platform yang berbasis cloud itu penting. Selain itu, cloud juga  sangat bersahabat dengan peserta tes karena memberikan waktu untuk mengerjakan di mana saja dan kapan saja.

Perhatikan Kemudahan untuk Akses Data (4)

Anda tidak boleh mengabaikan kemudahan akses dalam sebuah platform psikotes. Hal ini karena nantinya dapat mempengaruhi seluruh keberhasilan atau kegagalan dalam pengambilan keputusan berdasarkan hasil tes. Oleh karena itu Anda harus memastikan suatu platform memiliki akses data untuk pemilik tes dan peserta tes yang dapat dilakukan dengan mudah.

Perhatikan Penyediaan Jenis Tes (5)

Tips memilih platform psikotes online selanjutnya yaitu dengan memperhatikan jenis tes yang disediakan. Tes psikologi sendiri juga memiliki berbagai macam jenis. Oleh karena itu pilihlah platform dengan jenis tes yang luas dan beragam. Selain itu, sesuaikan juga dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan dalam memilih tes untuk calon karyawan baru.

Dengan memperhatikan jenis-jenis tes dalam sebuah platform, maka Anda akan menjadi lebih paham terkait penilaian yang akan dilakukan di sana. Sehingga Anda dapat mengambil hasil penilaian yang kuat dan detail dalam penentuan keputusan.

Melihat Adanya Tawaran Bantuan Teknis (6)

Platform psikotes pastinya akan menyediakan penawaran bantuan jika terjadi suatu masalah. Akan tetapi tidak semua platform memperhatikan semua permasalahan yang ada.

Karena itu, sebaiknya Anda melihat atau menyelidiki terlebih dahulu apakah suatu platform telah menawarkan bantuan untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi saat tes atau tidak. Dengan memilih platform yang menyediakan bantuan ini maka jika terjadi suatu masalah saat tes, masalah tersebut dapat dengan mudah terselesaikan.

Memilih Platform dengan Laporan yang Komprehensif (7)

Tips memilih platform psikotes online yang terakhir yaitu memilih platform yang laporannya komprehensif. Dengan begitu maka Anda dapat melihat rincian peserta tes secara rinci terkait dengan penilaian yang sudah dikeluarkan. Sebaiknya Anda juga memilih platform yang penilaian tesnya akan keluar setelah peserta selesai melakukan tes.

Artikel berhubungan: