logo PT Nirmala Satya Development
Software Psikotes Online

Tes psikologi ditandai dengan adanya penggunaan sampel perilaku sebagai alat untuk menilai konstruksi dari psikologis seseorang, seperti emosional dan berbagai hal mengenai individu tertentu.

Software psikotes online ternyata tidaklah sama dengan aplikasi psikotes. Ada hal yang membedakan dua hal tersebut. Sebenarnya, Anda perlu mengetahui perbedaannya agar tidak salah dalam menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Software atau aplikasi (application) menunjukkan sebagai alat atau perangkat yang dipakai. Sampai di sini, kata aplikasi dan software sama-sama merupakan suatu alat atau tool.

Kemudian, untuk psikotes merupakan tes psikologi yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk seleksi kandidat calon karyawan perusahaan. Baik perusahaan swasta maupun perusahaan negeri yang membutuhkan calon pekerja dengan kriteria dan persyaratan tertentu.

Tes psikologi ini juga ditandai dengan adanya penggunaan sampel perilaku sebagai alat untuk menilai konstruksi dari psikologis seseorang, seperti emosional dan berbagai hal mengenai individu tertentu.

Apabila kata-kata ini digabungkan menjadi software psikotes serta aplikasi psikotes online, maka makna yang dihasilkan berbeda.

Software Psikotes Online dengan Aplikasi Psikotes, Ini Bedanya

Agar Anda mengetahui perbedaan antara aplikasi psikotes dengan software psikotes secara detail, maka berikut akan dijelaskan secara terperinci.

Aplikasi Psikotes

Software psikotes atau aplikasi psikotes merupakan suatu alat atau tool yang dipakai dalam proses pelaksanaan tes psikologi atau psikotes. Dalam pelaksanaan psikotes akan ada  proses pelaksanaan tes dan juga proses skoring hasil tes.

Tak hanya itu saja, dalam pelaksanaan tes psikotes ini juga ada pembuatan laporan hasil tes. Nah, jika dalam istilah psikologi hasil tes ini disebut dengan psikogram atau psikograf. Software psikotes online ini juga bisa mengerjakan proses pelaksanaan tes tersebut dari awal hingga akhir.

Pada umumnya, software psikotes ini akan terinstall atau tertanam pada perangkat komputer atau laptop yang bersangkutan. Jika software psikotes ini tidak terinstal pada perangkat komputer, maka software tersebut tidak akan tersedia. Jadi, aksesnya juga terbatas tidak bisa dilakukan dimana saja.

Sebagian besar software psikotes yang sedang berkembang ini belum memiliki kelengkapan. Mulai dari proses pelaksanaan tes, sampai dengan skoring.

Namun, software psikotes yang banyak beredar saat ini biasanya hanya skoring dari hasil tes saja. Maka dari itu, software psikotes ini hanya dimanfaatkan dalam skoring test.

Software psikotes ini fungsinya hanya membantu skoring, supaya dapat mengeluarkan hasil dan kesimpulannya, berupa hasil laporan tes. Tempat penyimpanan datanya juga terbatas di komputer lokal saja.

Sebenarnya, software psikotes ini sudah mulai berkembang dari tahun 1990 sampai 2020. Bahkan , di tahun tersebut sudah banyak perusahaan yang menggunakan software psikotes ini.

Software Psikotes Online

Aplikasi psikotes online atau software psikotes sebenarnya memiliki alur proses penggunaan tools yang sama dengan aplikasi atau software psikotes di atas.

Mulai dari proses pengerjaan tes, skoring hasil tes, hingga pada laporan hasil tes yang dilakukannya. Hal yang membedakan aplikasi psikotes dengan software psikotes hanya pada akses tesnya saja.

Sebab, aplikasi atau software psikotes online ini dapat diakses dengan mudah dimana saja dengan memakai perangkat yang sudah tersedia pada perangkat komputer atau gadget masing-masing. Ini kelebihan software online ini dibandingkan dengan aplikasi psikotes.

Untuk kelancaran dalam proses tes ini, maka syarat utamanya yaitu tersedia jaringan internet yang stabil dan memadai. Kemudian, untuk hasil tes nya juga Realtime. Lain halnya aplikasi psikotes yang hasil tesnya masih semi realtime.

Software psikotes secara online ini juga berkembang mulai dari tahun 2010 hingga sampai saat ini.

Tempat penyimpanan datanya juga tidak hanya terbatas pada komputer lokal saja. Akan tetapi datanya bisa tersimpan secara cloud.

Software psikotes online ini juga tidak perlu instalasi khusus atau harus tertanam pada komputer saja. Akan tetapi, cukup dengan tersedia jaringan internet yang lancar saja.

Itulah berbagai macam perbedaan antara aplikasi psikotes dengan software psikotes yang perlu Anda pahami. Perlu Anda ketahui, salah satu penyedia aplikasi psikotes online yang paling terpercaya adalah software yang dikembangkan oleh NS. Development.

Bahkan, aplikasi psikotes NS. Development ini telah dirancang sejak tahun 2019 silam. Sampai sekarang ini, software psikotes Online NS Development masih menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

Artikel berhubungan: