logo PT Nirmala Satya Development
Stress Kerja

Menurut Cooper dalam Saam dan Wahyuni (2012) sumber stress kerja adalah kondisi pekerjaan, masalah peran, hubungan interpersonal, kesempatan pengembangan karir dan struktur organisasi.

Menurut Cooper dalam Saam dan Wahyuni (2012) sumber stress kerja adalah kondisi pekerjaan, masalah peran, hubungan interpersonal, kesempatan pengembangan karir dan struktur organisasi. Kondisi pekerjaan yang berpotensi sebagai sumber stres karyawan adalah:

  1. Kondisi kerja yang buruk seperti ruang kerja yang sempit, tidak nyaman, panas, gelap kotor pengap, berisik dan padat.
  2. Kelebihan beban secara kualitatif artinya pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kemampuan karyawan sehingga ia merasa kesulitan menyelesaikannya yang menyita kemampuan kognitif dan kolektif
  3. Pekerjaan yang tidak lagi menantang, tidak lagi menarik bagi yang bersangkutan sehingga timbul kebosanan, ketidakpuasan dan ketidaksenangan. Kondisi seperti ini disebut dengan istilah deprivational stress.
  4. Pekerjaan beresiko tinggi, artinya berbahaya bagi keselamatan seperti pekerja tambang, pekerja pertambangan minyak lepas pantai, pemadam kebakaran, pekerjaan cleaning service gedung-gedung bertingkat dan pekerja bangunan bertingkat

 


DAFTAR PUSTAKA

Saam, Z dan Wahyuni, S. 2012. Psikologi Keperawatan. Cetakan I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada