logo PT Nirmala Satya Development
Tes Gangguan Kecemasan Online

Kecemasan merupakan keadaan emosi yang muncul saat individu sedang stress, dan ditandai oleh perasaan tegang, pikiran yang membuat individu merasa khawatir dan disertai respon fisik (jantung berdetak kencang, naiknya tekanan darah, dan lain sebagainya)

Kecemasan merupakan keadaan emosi yang muncul saat individu sedang stress, dan ditandai oleh perasaan tegang, pikiran yang membuat individu merasa khawatir dan disertai respon fisik (jantung berdetak kencang, naiknya tekanan darah, dan lain sebagainya) American Psychological Association (APA).

Kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari ketidakmampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman. Perasaan yang tidak menentu tersebut pada umumnya tidak menyenangkan yang nantinya akan menimbulkan atau disertai perubahan fisiologis dan psikologis. Anxiety atau kecemasan merupakan pengalaman yang bersifat subjektif, tidak menyenangkan, menakutkan dan mengkhawatirkan akan adanya kemungkinan bahaya atau ancaman bahaya dan seringkali disertai oleh gejala-gejala atau reaksi fisik tertentu akibat peningkatan aktifitas otonomik.

Gangguan kecemasan dapat dialami oleh banyak individu tanpa melihat usia maupun jenis kelamin. Penyebab dari gangguan kecemasan ini cukup variatif, sehingga di dalam DSM-5, gangguan kecemasan inipun dibagi menjadi beberapa macam, yakni phobia, social anxiety disorder, separation anxiety disorder, panic disorder, dan generalized anxiety disorder.

Untuk mengetahui bahwa kita sedang mengalami kecemasan, tentunya perlu sebuah alat untuk mengukurnya. Karena kecemasan adalah sebuah perasaan (afektif), sehingga membutuhkan sebuah alat ukur khusus untuk mendeteksinya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk mengukur kecemasan adalah menggunakan Skala HARS (Hamilton Rating Scale For Anxiety). Skala HARS saat ini telah tersedia secara online. Tes gangguan kecemasan dengan mengunakan skala HARS dapat diakses menggunakan desktop (computer/laptop) maupun mobile phone.

Skala HARS Online akan mengukur tingkat kecemasan mulain dari tingkat kecemasan ringan, tingkat kecemasan sedang, tingkat kecemasan, berat dan tingkat kecemasan sangat berat. Hasil tes gangguan kecemasan online dengan skala HARS  didapatkan secara realtime (setelah mengerjakan tes) dan hasil tes dapat didownload dalam bentuk file beserta rekomendasi hasil tes.

Tes Gangguan Kecemasan Online dengan skala HARS dapat diakses secara gratis dan kapan saja. Alat tes ini dipersembahkan oleh NS Development untuk khayak yang ingin mengukur tingkat kecemasan.

Selamat mengikuti tes gangguan kecemasan menggunakan skala HARS!!!