logo PT Nirmala Satya Development
Skala DASS

Skala DASS dapat digunakan baik itu oleh kelompok atau individual. Hal yang dapat diukur adalah tingkat Depresi, Cemas dan Stress, dengan tingkat instrumen ini berupa normal, ringan, sedang, berat, sangat berat.

DASS (Depression Anxiety Stress Scale) adalah seperangkat skala subyektif yang dibentuk untuk mengukur status emosional negatif dari depresi, kecemasan dan stres. Skala DASS dibentuk tidak hanya untuk mengukur secara konvensional mengenai status emosional, tetapi untuk proses yang lebih lanjut untuk pemahaman, pengertian, dan pengukuran yang berlaku di manapun dari status emosional, secara signifikan biasanya digambarkan sebagai stres. Skala DASS dapat digunakan baik itu oleh kelompok atau individual. Hal yang dapat diukur adalah tingkat Depresi, Cemas dan Stress, dengan tingkat instrumen ini berupa normal, ringan, sedang, berat, sangat berat.

Psychometric Properties of The Depression Anxiety Stress Scale (DASS) terdiri dari 42 item, yang mencakup 3 subvariabel, yaitu fisik, emosi/psikologis, dan perilaku. Jumlah skor dari pernyataan item tersebut, memiliki makna 0-29 (normal), 30- 59 (ringan), 60-89 (sedang), 90-119 (berat), >120 (sangat berat) (Lovibond, 1995 dalam Anggraini, 2014). Kuesioner DASS 42 bersifat umum dan dapat digunakan pada responden remaja ataupun dewasa. Nilai reliabilitas kuesioner DASS 42 ini adalah 0,874 (Putra, 2013).

Tiap-tiap dari 3 skala DASS memiliki 14 item, dibagi menjadi 2-5 subskala dengan isi yang sama. Skala depresi melihat adanya disforia, keputusasaan, devaluasi hidup, celaan diri sendiri, kurangnya minat / keikutsertaan, anhedonia, dan inersia. Skala kecemasan melihat adanya gairah otonom, efek otot lurik, kecemasan situasional, dan pengalaman subjektif dari pengaruh kecemasan. Skala stres sensitive terhadap tingkatan dari gairah kronik non spesifik. Skala tersebut melihat adanya kesulitan relaks, gairah saraf, dan mudah menjadi sedih / agitasi, iritabel / over-reaktif, dan tidak sabaran.

Skor untuk depresi, kecemasan, dan stres dihitung dengan menjumlahkan skor-skor dari hal-hal relevan tersebut. Karakteristik dari nilai tinggi pada tiap skala DASS:


Skala depresi
Meremehkan diri sendiri
Hilangnya gairah hidup, suram, murung
Percaya bahwa hidup tidak memiliki arti atau nilai
Pesimis mengenai masa depan
Tidak bisa merasakan kesenangan atau kepuasan
Tidak bisa menjadi tertarik atau terlibat
Lambat, tidak berinisiatif


Skala kecemasan
Gelisah, panik
Malu, gemetaran
Berhati-hati terhadap kekeringan pada mulut, memiliki kesulitan bernapas, berdebar-debar, telapak tangan yang berkeringat
Khawatir terhadap penampilan dan kemungkinan lepas kendali


Skala stres
Terlalu bergairah, tegang
Sulit untuk relaks
Mudah tersinggung dan sedih
Mudah terusik
Gugup
Intoleran terhadap gangguan atau penundaan

 

Uji tingkat Stresmu, dengan Skala DASS Online. Kamu dapat menggunakan Skala DASS ini gratis.