logo PT Nirmala Satya Development
Tanda Stres

Stres membuat seseorang tidak nyaman dengan kondisinya karena adanya tekanan yang tidak terlesesaikan. Stres begitu mengganggu sehingga merusak ketenangan, menghilangkan rasa kebahagiaan, menghilangkan nafsu makan, bahkan dapat menghilangkan segalanya jika tidak segera tidak tertangani

Stres membuat seseorang tidak nyaman dengan kondisinya karena adanya tekanan yang tidak terlesesaikan. Stres begitu mengganggu sehingga merusak ketenangan, menghilangkan rasa kebahagiaan, menghilangkan nafsu makan, bahkan dapat menghilangkan segalanya jika tidak segera tidak tertangani.

Berikut penjelasan para ahli mengenai tanda-tanda stres yang harus kamu ketahui.

Malkati mengatakan bahwa ada tujuh tanda awal yang dapat dikenali untuk mengetahui stres menurut, sebagai berikut:

  1. Urgensi waktu, berusaha melakukan lebih banyak hal dalam waktu singkat, terus memandang sekilas jam tangan, marah ketika orang lain tampak terlambat.
  2. Ketegangan, otot-otot badan mengencang, postur badan menjadi loyo, atau merasa untuk kebutuhan meregangkan tubuh, atau mengubah kebiasaan sehari-hari.
  3. Kepenatan, perasaan penat meningkat dalam fikiran, tubuh dan emosi.
  4. Kesalahan, penurunan dalam kinerja, seperti membuat kesalahan semborono, atau berkurangnya koordinasi dalam kecakapan, tulisan, atau gerakan.
  5. Gangguan, fikiran berkelana, sulit memusatkan perhatian, sering lupa atau menunda.
  6. Kesedihan, bentuk tanggapan emosional, perasaan marah, putus asa, pesimis, atau mudah terluka yang meningkat.
  7. Agresi dan permusuhan, merasakan suatu gelombang kemarahan pada orang lain, disertai dengan dorongan untuk mencelakai mereka, atau keinginan untuk member pelajaran.

Sementara itu tanda-tanda stres menurut John M. Ivancevich dkk dapat dilihat beberapa gejala dari perilaku seseorang yang mengalami stress sebagai berikut:

  1. Seorang pekerja yang biasanya tepat waktu mengembangkan pola keterlambatan (atau seorang pekerja yang biasanya dapat diandalkan mengembangkan pola absen).
  2. Seorang pekerja yang normalnya penggembira menjadi menarik diri (atau, yang jarang terjadi, seorang penyendiri yang menjadi bergaul).
  3. Seorang karyaan yang biasanya bekerja rapi dan teliti melakukan pekerjaan yang kotor, tidak lengkap atau jorok.
  4. Seorang pengambil keputusan yang baik tiba-tiba mulai mengambil keputusan yang buruk (atau tampak tidak mampu mengambil keputusan)
  5. Seorang karyawan yang mudah bergaul dan akur dengan orang lain menjadi cepat tersinggung dan tidak sopan.
  6. Seorang karyawan yang biasanya berpenampilan rapi mengabaikan penampilannya.

Dari pendapat kedua pakar di atas, yang memaparkan tentang tanda-tanda stres dapat disimpulkan bahwa yang menjadi tanda- tanda stress yaitu kurang disiplin dan teliti, menarik diri dan sering absen dalam bekerja, mudah emosi dan tersinggung, berpenampilan tidak rapi, menjadi tidak empati, dan tidak bersemangat. Hal ini dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Uji tingkat Stresmu, dengan Skala DASS Online.