Aspek-Aspek Tes Kraepelin

Tes Kraepelin yang berkembang di Indonesia (baik Kraepelin UI maupun UGM), secara normatif dan skala yang tersedia mengukur kecepatan kerja (Panker), ketelitian kerja (Tianker), keajegan kerja (Janker) dan ketahanan kerja (Hanker)
Aspek Tes Kraepelin
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Tes kraepelin dapat mengukur beberapa aspek psikologis. Menurut Spearman (1927) aspek-aspek yang diungkap dalam tes Kraepelin dapat dianggap sebagai pernyataan dari energi mental (mengandung unsur-unsur kecepatan, ketelitian, keajegan dan ketahanan kerja), sehingga mengukur secara optimum apa yang telah dicapai individu untuk dirinya dalam keadaan fungsi mental yang normal. Menurut Dr. J. de Zeeuw, tes Kraepelin digolongkan dalam tes-tes yang mengukur faktor-faktor khusus non-intelektual yaitu terhadap aspek tes konsentrasi.

Menurut Anne Anastasi (Psychological Testing), tes Kraepelin berfokus pada salah satu aspek kemampuan “mental primer” yaitu faktor number, di mana di dalamnya terdapat kecakapan untuk menghitung simple arithmetic dengan cepat dan teliti. Menurut Anastasi juga, tes Kraepelin merupakan sebuah “Speed Test”. Dengan ciri utama dari sebuah speed tes adalah tidak adanya waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua soal. Jadi pada tes ini, testee memang tidak diharapkan untuk dapat menyelesaikan sepenuhnya setiap jalur, tapi penilaian yang dilihat disini adalah bagaimana kecepatan kerja, ketelitian, konsentrasi, stabilitas dan ketahanan yang dimiliki testee dalam kerja.

Selain kecepatan kerja, faktor-faktor lain yang diungkapkan adalah ketelitian, konsentrasi, dan stabilitas dalam bekerja. Selain itu, terdapat pula aspek-aspek psikologis yang berpengaruh pada tes Kraepelin, misalnya persepsi visual, koordinasi sensori-motorik, pushing power, ketahanan, learning effect (efek pembelajaran).

Aspek yang diukur Tes Kraepelin

Aspek-aspek yang dapat diukur oleh tes kraepelin secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

1. Mengukur tingkat konsentrasi

Pengerjaan tes kraepelin membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi. Konsentrasi yang kurang pada saat pengerjaan tes, akan mempengaruhi langsung hasil tes. Jadi disini dapat dilihat kemampuan tes kraepelin dalam mengukur tingkat konsektrasi.

2. Kemampuan menghitung simple arithmetic

Tes Kraepelin disusun dengan menggunakan angka-angka sederhana (Dengan menjumlahkan angka satuan). Jadi tes kraepelin mampu mengungkap kemampuan penjumlahan angka matematika yang simple.

3. Mengukur Kecepatan kerja

Salah satu fungsi utama tes kraepelin adalah mengukur tingkat kecepatan. Tingkat kecepatan dengan mudah dikenali untuk setiap peserta tes dengan melihat jumlah perolehan jawaban yang dikerjakan oleh peserta tes.

4. Mengukur Ketelitian

Ketelitian menjadi salah satu aspek utama yang dapat diungkap oleh tes kraepelin. Aspek ini mudah dikenali dengan menghitung jumlah kesalahan atau jumlah jawaban yang terlangkaui oleh peserta tes.

5. Mengukur Stabilitas Kerja

Aspek stabilitas kerja atau aspek kestabilan emosi dapat diukur dengan tes kraepelin. Jadi tes Kraepelin mengukur kemampuan peserta dalam mengendalikan dan meredam emosi diri saat berada pada kondisi ditekan dengan pekerjaan.

6. Mengukur Koordinasi Sensori Motoric dan Visual

Dalam pengerjaan tes kraepelin sangat dipengaruhi oleh koordinasi antara sensori motoric dan visual. Jadi mata melihat tes (angka) langsung diterjemahkan dalam bentuk jawaban oleh gerakan motorik tangan.

7. Mengukur Ketahanan Kerja

Aspek ketahanan kerja atau keuletan kerja sebenarnya tidak sulit, hanya karena jumlahnya banyak bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana daya tahan atau keuletan peserta. Dengan mengunakan waktu yang terbatas untuk mengerjakan dapat menguji seberapa stabil tingkat konsistensi dari peserta dan bagaimana kemampuannya untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit.

8. Mengukur Tingkat Motivasi

Aspek motivasi atau aspek yang mengukur kemauan dan bagaimana motivasi seseorang untuk mengerjakan hal-hal pelik yang biasanya berkaitan dengan angka, pola perhitungan, operasi matematika, middle hingga advance.

9. Aspek Penyesuaian Diri

Hasil dari tes Kraepelin dapat menunjukkan bagaimana seseorang dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan beradaptasi pada pekerjaan-pekerjaan yang mungkin dirasa baru. Tidak semua orang memiliki kemampuan adaptasi yang baik dan cepat.

Tes Kraepelin yang berkembang di Indonesia (baik Kraepelin UI maupun UGM), secara normatif dan skala yang tersedia mengukur kecepatan kerja (Panker), ketelitian kerja (Tianker), keajegan kerja (Janker) dan ketahanan kerja (Hanker). Tetapi aspek-aspek lain masih tetap bisa dilihat dengan melihat grafik hasil tes kraepelin.

Saat ini telah dikembangkan tes Kraepelin online yang memiliki aspek-aspek yang diungkap seperti penjelasan diatas. Tes Kraepelin online NS Development dapat diakses via desktop (laptop atau komputer), tablet atau mobile phone menggunakan browser atau aplikasi Android.

Ingin menggunakan Tes Kraepelin Online, dapat menghubungi langsung NS Development.

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Tujuan Tes Kraepelin

Tujuan Tes Kraepelin

Mungkin sebagian besar orang, tes kraepelin tidak asing lagi dan sering mendengar bahkan mengerjakan tes kraepelin ini. Tes kraepelin meru ...

Aspek Tes Kraepelin

Aspek-Aspek Tes Kraepelin

Tes kraepelin dapat mengukur beberapa aspek psikologis. Menurut Spearman (1927) aspek-aspek yang diungkap dalam tes Kraepelin dapat diangg ...

tes pauli online

Fungsi Tes Pauli yang Perlu Dipahami

Tes pauli merupakan salah satu alat tes yang sangat populer saat ini. Sebagian masyarat menyebut tes pauli ini sebagai tes koran. Karena l ...

Sejarah Tes Pauli

Sejarah Tes Pauli

Sejarah kemunculan tes Pauli tidak bisa dipisahkan dengan kemunculan tes Kraepelin. K ...

Tes Kraepelin

Sejarah Tes Kraepelin

Emil Kraepelin adalah seorang psikiater asal Jerman yang hidup antara tahun 1856-1926. Pada awal kariernya, ia pernah mengikuti Wilhelm Wu ...

Tes Pauli Online

Tes Pauli Online NS Development

Salah satu alat tes psikologi yang paling sering digunakan dalam proses seleksi, identifikasi kepribadian, ataupun alat tes yang keperluan ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.